Penerapan Pendidikan Karakter Santri Berbasis Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim di Pesantren Darussalam Batu

Implementation of Student Character Education Based on the Book of Adabul 'Alim Wal Muta'allim at Pesantren Darussalam Batu

Authors

  • Rofiqoh Mahsushoh STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang
  • Zaedun Na’im STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter santri berbasis kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari di Pesantren Darussalam Batu. Dengan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi, serta teknik analisis data Miles dan Huberman, diperoleh dua temuan. Pertama, penerapan pendidikan karakter santri berbasis kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim di Pesantren Darussalam Batu dilakukan melalui empat metode: Keteladanan, Praktik, Peraturan dan Kegiatan Keagamaan. Kedua, Faktor pendukung penerapan pendidikan karakter antara lain hubungan yang harmonis antara Dewan Pengasuh, Guru dan Pengurus dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh pesantren untuk pendidikan karakter santri. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain minimnya motivasi sebagian santri dan peran keluarga untuk mengubah karakter santri menjadi berakhlak mulia.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Adabul ‘Alim Wal Muta’allim, KH. Hasyim Asy’ari, Pesantren Darussalam Batu, Santri.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Rofiqoh Mahsushoh, STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang

     

     

     

  • Zaedun Na’im, STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang

     

     

     

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penerapan Pendidikan Karakter Santri Berbasis Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim di Pesantren Darussalam Batu: Implementation of Student Character Education Based on the Book of Adabul ’Alim Wal Muta’allim at Pesantren Darussalam Batu. (2022). RABBAYANI: Jurnal Pendidikan Dan Peradaban Islami, 2(2), 7-17. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/rabbayani/article/view/2286