Analisis Hadis tentang Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Analysis of Hadith Concerning the Role of Parents in Children’s Education

Authors

  • Ade Irma Yuli Lestari STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang
  • Lailatus Sholichah Al Kufiyyah STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk meneliti status Hadis riwayat Abu Dawud tentang peranan orang tua dalam pendidikan anak. Artikel ini memakai pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi pustaka, teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan teknik analisis data secara parsial. Hasil penelitian tentang sanad dan matan Hadis menunjukkan bahwa Hadis riwayat Abdullah ibn ‘Amr ibn al-‘Ash yang ditakhrij oleh Abu Daud yang menjadi objek penelitian dalam artikel ini adalah shahih, dengan empat indikator berikut: Pertama, Semua periwayat yang ada dalam sanad Hadis yang berjumlah 5 (lima) periwayat, seluruhnya bersifat tsiqah. Kedua, Semua periwayat Hadis, masing-masing bertemu dengan periwayat yang berstatus sebagai gurunya. Dengan demikian, sanadnya muttashil. Ketiga, Matan Hadis tidak syadz, karena tidak bertentangan dengan dalil naqli, baik Al-Qur’an maupun Hadis yang berkualitas sanadnya lebih tinggi. Keempat, Matan Hadis tidak mengandung ‘illat, karena tidak bertentangan dengan dalil ‘aqli, baik dengan akal yang sehat, indera maupun ilmu pengetahuan. Di sisi lain, Hadis tersebut memuat nilai-nilai pendidikan yang menekankan pentingnya peranan orang tua dalam mendidik anaknya, terutama terkait pendidikan shalat sejak usia dini.

Kata Kunci: Peran Orang Tua, Pendidikan Anak, Analisis Hadis, Sanad, Matan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Ade Irma Yuli Lestari, STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang

     

     

     

  • Lailatus Sholichah Al Kufiyyah, STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang

     

     

     

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

Analisis Hadis tentang Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak: Analysis of Hadith Concerning the Role of Parents in Children’s Education. (2022). RABBAYANI: Jurnal Pendidikan Dan Peradaban Islami, 2(2), 44-53. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/rabbayani/article/view/2294