NILAI-NILAI PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN

DOI:

https://doi.org/10.32478/piwulang.v2i2.371

Authors

  • Moh. Irmawan Jauhari STAI-MAARIF Kendal Ngawi
  • M. Luqman Hakim Institut Agama Islam (IAI) Pangeran Diponegoro Nganjuk

Keywords:

Psikologi Pendidikan, Al-Qur’an

Abstract

Humans in the era of globalization have a level of mental vulnerability that is easily cracked and destroyed. Too much competition and the influence of information technology presents more complex problems. It is not uncommon for modern humans to flee to actions that are detrimental to themselves and society. Because they feel that their psychological burden is so heavy and cannot be borne by themselves. The Qur'an provides an understanding of human beings complete with their potential. In this case, also includes the psychological potential given by God so that humans are able to manage the universe. Understanding of the psychic potential of humans is important so that humans do not always hunt for what appears, but also provide inner satisfaction so that physical and psychological balance occurs.

Abstrak

Manusia dalam era globalisasi memiliki tingkat kerentanan jiwa yang mudah retak dan hancur. Persaingan yang sedemikian hebat serta pengaruh teknologi informatika menghadirkan persoalan yang lebih kompleks. Tidak jarang kemudian manusia modern melarikan diri kepada perbuatan-perbuatan yang justru merugikan dirinya sendiri serta masyarakat. Sebab mereka merasa bahwa apa yang menjadi beban psikisnya sedemikian berat dan tidak bisa ditanggung sendiri. Al-Qur’an memberikan pemahaman mengenai manusia lengkap dengan potensi yang dimiliki. Dalam hal ini juga termasuk potensi psikis yang diberikan Allah agar manusia mampu mengelola alam semesta. Pemahaman potensi psikis manusia ini penting agar manusia tidak selalu memburu apa yang nampak, akan tetapi juga memberikan kepuasan batin agar terjadi keseimbangan jasmani dan psikisnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ancok, Jamaluddin, Psikologi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1994

Adz-Dzaky, Hamdani Bakran, Konseling dan Psikoterapi Islam, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2006.

Ancok, Djamaludin & Fuat Nashori Suroso, Psikologi Islami: Solusi Islam Atas Problem Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Bastaman, Hanna Djumhana, Integrasi Psikologi dengan Islam: Menuju Psikologi Islami, Yogyakarta:

Bandura, Albert. The ChangingFace of Pyichology at the Dawning of a Alobalization Era. 2011. Jurnal Vol.547

Hanafi, Abu. Psikologi Umum, Jakarta : Reneka Cipta, 1992

J.P.Chaplin, Kamus Lengkap Psikologi (terjemah), Jakarta : PT Grafindo Persada, Cet., ke-7

Muhammad Ash-Shadr, Pandangan Bagir ash-Shadr terhadap Pelbagai Aliran Filsafat Dunia (terjemah), Bandung : al-Mizan, 1993

Muhammad Izzudin, at-Ta’silu al-Islami li Dirosat an-Nafsiyyah (Risalah Doktor), Kairo: Daar as-Salam, 2002

Mubarok, Achmad, Solusi Krisis Keruhanian Manusia Modern; Jiwa dalam Al Qur’an, Jakarta: Paramadina, 2000

Mujib, Abdul, et.al., Nuansa-nuansa Psikologi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001

Nashori, Fuad, Potensi-Potensi Manusia (Seri Psikologi Islami), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Nawawi, Rif'at Syauqi, “Konsep Manusia Menurut Al-Qur'anâ€, dalam Rendra K (Penyunting), Metodologi Psikologi Islam, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2000.

Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, 2006.

Raharjo, Dawam Intelektual, Intelgensi, dan Perilaku Politik, Bandung :Al-Mizan, 1996

Sobur, Alex. Psikologi Umum, Bandung : Pustaka Setia, 2003

Soerjono Soekanto, Sosiologi “Suatu Pengantarâ€(Jakarta : PTRaja Grafindo Persada, 1990), cet., ke-19

Downloads

Published

2020-03-23

Issue

Section

Articles

How to Cite

NILAI-NILAI PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN. (2020). Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 112-128. https://doi.org/10.32478/piwulang.v2i2.371