Implementasi Pembelajaran Kitab Fathul Qarib Aplikatif di Pondok Pesantren Darul Fiqhi Lamongan

Authors

  • Victor Imaduddin Ahmad Universitas Islam Lamongan
  • Nur Iftitahul Husniyah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.32478/ajmie.v3i2.1365

Keywords:

Aplikatif, Darul Fiqhi, Fathul Qarib, Implementasi Pembelajaran, Pondok Pesantren.

Abstract

Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi dan hasil pembelajaran kitab Fathul Qarib di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darul Fiqhi Lamongan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kitab Fathul Qarib di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darul Fiqhi Lamongan, dimulai dari kegiatan perencanaan; dilanjutkan pembelajaran inti dengan menggunakan empat metode, yakni sorogan, ceramah, bandongan dan diskusi; dan diakhiri dengan kegiatan penutup. Adapun hasil pembelajarannya dapat dilihat dari peningkatan pada empat kategori berikut: Pertama, Kemampuan santri dalam menulis makna kitab. Kedua, Kemampuan santri dalam membaca makna yang sudah ditulis dalam kitab. Ketiga, Kemampuan santri dalam memaknai kitab yang belum dimaknai oleh ustadz. Keempat, Kemampuan santri dalam memahami materi yang sudah diajarkan, terutama kemampuan mendiskusikan ilmu Fikih yang terkandung dalam kitab Fathul Qarib terkait kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaq, M. D. (2019). Penerapan Fiqh Di Tengah Perbedaan Mazhab Hukum Islam. Tafáqquh: Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman, 7(2), 51-66.

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. (n.d.). Sejarah. Retrieved from ditpdpontren.kemenag.go.id: https://ditpdpontren.kemenag.go.id/halaman/sejarah

Hadi, M. S. (2022). Pembelajaran Fathul Qorib Berbasis Masalah Melalui Forum Syawir (Musyawarah) di Pondok Pesantren Denanyar Jombang. Risâlah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(2), 473-489.

Halim, M. (2017). Model Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Makassar : Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.

Khakim, N. (2018). Sorogan Menjadi Model Pembelajaran di Pesantren Darul Muttaqin Bantargebang. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(2), 145-152.

Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Toto Edi, dkk. (2007). Ensiklopedi Kitab Kuning. Tangerang: Aulia Press.

Published

2022-12-31

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

Implementasi Pembelajaran Kitab Fathul Qarib Aplikatif di Pondok Pesantren Darul Fiqhi Lamongan. (2022). AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, 3(2), 13-28. https://doi.org/10.32478/ajmie.v3i2.1365

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.