Evaluasi Pembelajaran Coding Scratch Berbasis Computational Thinking dengan Model Kirkpatrick di Sekolah

<i><b>Coding Scratch Learning Evaluation</b></i><b> </b><i><b>based on</b></i><b> </b><i><b>Computational Thinkin</b></i><i><b>g </b></i><i><b>with the Kirkpatrick Model in Schools</b></i>

DOI:

https://doi.org/10.32478/spwy7n37

Authors

  • Rita Amelia Alimin UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi -  Indonesia
  • Misrawita UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi -  Indonesia
  • Hendri Gunawan UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi -  Indonesia
  • Darul Ilmi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi -  Indonesia

Keywords:

evaluasi pembelajaran, coding, Scratch, computational thinking, model Kirkpatrick

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menilai sejauh mana program pembelajaran coding dengan menggunakan platform Scratch yang telah diterapkan di SMP Negeri 2 Kamang Magek sejak tahun 2022 berjalan secara efektif. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran ini mengacu pada Computational Thinking, dan proses evaluasinya mengadopsi model Kirkpatrick yang mencakup empat tingkat penilaian: reaksi, pembelajaran, perilaku, dan hasil. Coding dianggap sebagai salah satu kemampuan esensial di era abad ke-21 karena mampu mengasah logika, pola pikir terstruktur, dan kreativitas siswa dalam mengembangkan solusi berbasis teknologi. Evaluasi dilakukan melalui berbagai instrumen seperti survei kepuasan peserta, tes sebelum dan sesudah pembelajaran, observasi terhadap proyek yang dihasilkan siswa, serta analisis terhadap dampak program terhadap minat mereka dalam bidang STEM dan penerapan keterampilan coding dalam mata pelajaran lain. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran coding ini mendapatkan tanggapan positif dari siswa, adanya peningkatan pengetahuan mengenai konsep coding, dan perbaikan dalam perilaku seperti kemampuan berpikir logis dan keterlibatan dalam proyek teknologi. Meskipun demikian, terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, antara lain waktu pembelajaran yang terbatas, perbedaan tingkat pemahaman antar siswa, kendala bahasa pada istilah pemrograman, keterbatasan perangkat yang dimiliki siswa, serta kebutuhan akses internet. Temuan dari evaluasi ini memberikan wawasan komprehensif mengenai keunggulan dan tantangan dari implementasi pembelajaran coding, serta menjadi landasan untuk meningkatkan kualitas pendidikan digital di sekolah..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed Zaid, D., Djamaa, B., & Benatia, M. A. (2024). Learning N: M Structured Sparse Neural Networks from Scratch: A Comparative Study. International Conference on Computing Systems and Applications, 57–69.

Citarsa, I., Satiawan, I., Suksmadana, I., Wiryajati, I., & Nababan, S. (2021). Pengenalan Aplikasi Edukasi Pemrograman Komputer Scratch Kepada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Model Mataram. Jurnal Bakti Nusa, 2(2), 72–81.

Fauziyah, F. D., & Sujarwo, I. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Geometri ditinjau dari Persepsi Siswa. Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 10–22.

Gusti, S. M., & Ambiyar, A. (2021). Evaluasi Layanan Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 174–180.

Harahap, M., & Eliza, D. (2022). E-modul pembelajaran coding berbasis pengenalan budaya Indonesia untuk meningkatkan computational thinking. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3063–3077.

Heydari, M. R., Taghva, F., Amini, M., & Delavari, S. (2019). Using Kirkpatrick’s model to measure the effect of a new teaching and learning methods workshop for health care staff. BMC Research Notes, 12, 1–5.

Istiqomah, N. (2024). Coding For Kids: Belajar Pemograman Dengan Scratch. Penerbit Tahta Media.

Khosyiin, M. I. (2022). Evaluasi program pelatihan model kirkpatrick. CERMIN: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Berbasis Islam Nusantara, 1(2), 42–46.

Khosyiin, M. I., & Fakhruddin, M. (2022). Evaluasi Program Pelatihan Model Kirkpatrick. Cermin: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Berbasis Islam Nusantara, 1 (2), 42–46.

Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Lenggogeni, L., Roqoyyah, S., & Siliwangi, I. (2021). Creative of learning students elementary education penggunaan media video animasi berbantuan scratch melalui model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan kelas IV. Journal of Elementary Education, 4(02), 249–256.

Lutfina, E., & Wardhani, A. K. (2020). Pengenalan dan pelatihan pemrograman berbasis blok bagi anak. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 107–111.

Mallette, L. A., & Saldaña, J. (2019). Teaching qualitative data analysis through gaming. Qualitative Inquiry, 25(9–10), 1085–1090.

Molina-Ayuso, Á., Adamuz-Povedano, N., Bracho-López, R., & Torralbo-Rodríguez, M. (2022). Introduction to computational thinking with Scratch for teacher training for Spanish primary school teachers in mathematics. Education Sciences, 12(12), 899.

Sugiyono, S., Sutarman, S., & Rochmadi, T. (2019). Pengembangan sistem computer based test (CBT) tingkat sekolah. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 2(1), 1–8.

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: apa, mengapa, dan bagaimana. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 3–13.

Sukirman, S., Ibharim, L. F. M., Said, C. S., & Murtiyasa, B. (2022). A strategy of learning computational thinking through game based in virtual reality: Systematic review and conceptual framework. Informatics in Education, 21(1), 179–200.

Supriadi, D. (2020). Coding Scratch Basic-Scratch 3 (Vol. 1). Saung Coding.

Suseno, I., Supeno, S., & Miranti, I. (2017). Pengaruh motivasi, disiplin kerja dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru bahasa inggris SMP DKI Jakarta. Deiksis, 9(01), 90–99.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

Evaluasi Pembelajaran Coding Scratch Berbasis Computational Thinking dengan Model Kirkpatrick di Sekolah: Coding Scratch Learning Evaluation based on Computational Thinking with the Kirkpatrick Model in Schools. (2025). AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, 6(1), 54-72. https://doi.org/10.32478/spwy7n37

Similar Articles

1-10 of 17

You may also start an advanced similarity search for this article.