BRANDING IMAGE STRATEGY PESANTREN SALAF WALISONGO SRAGEN DI ERA DISRUPSI; SEBUAH PERGESERAN PARADIGMA LEMBAGA
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i1.1002Keywords:
branding image, pesantren salaf, disrupsi, paradigmaAbstract
Abstract: This study aims to reveal the branding image strategy of the Salaf Pesantren of Walisongo Sragen, Central Java in the era of disruption and it’s impact on the paradigm shift of the institution. This is a qualitative case study research. Data collection techniques in this study were in the form of literature review, observation and interviews. The results showed that the branding image strategy in the Salaf Pesantren of Walisongo Sragen was carried out through several things including: redefining the meaning of salaf in pesantren, maintain the uniqeness of salaf pesantren in studying the turats books, develop fleksible curriculum, facilitate the development of students talent and interests, and utilize technology with various media to build the brand image of the institution. The branding image strategy then shifted the old paradigm of salaf pesantren which was originally imaged of a closed institution, less adaptive of changing times to become an adaptive, flexible institution, in line with the progress of the times but still maintains its salafiyah characteristics.
Key words: branding image, pesantren salaf, disruption, paradigm
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap branding image strategy pada pesantren salaf Walisongo Sragen, Jawa Tengah di era disrupsi dan impact-nya pada pergeseran paradigma lembaga. Penelitian ini merupakan riset studi kasus yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan datanya berupa kajian literatur, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa branding image strategy di pesantren salaf Walisongo Sragen dilakukan melalui beberapa hal diantaranya: meredefinisi makna salaf pada pesantren, menjaga kekhasan pesantren salaf dalam hal kajian kitab-kitab turats, mengembangkan kurikulum yang fleksibel, memfasilitasi pengembangan minat dan bakat santri, dan memanfaatkan teknologi melalui berbagai media untuk membangun brand image lembaganya. Branding image strategy tersebut kemudian menggeser paradigma lama pesantren salaf yang semula dicitrakan sebagai lembaga yang tertutup, kurang adaptif terhadap perubahan zaman menjadi lembaga yang adaptif, fleksibel, selaras dengan kemajuan zaman namun tetap memelihara ciri khas salafiyahnya.
Kata Kunci: branding image, pesantren salaf, disrupsi, paradigmaDownloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo, Rahmatullah Rahmatullah, PESANTREN EFFECTIVENESS: THE ROLE OF ORGANIZATIONAL CULTURE IN ENHANCING PERFORMANCE IN PESANTREN INSTITUTIONS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- MIFTAKHUL MUNIR, MANAJEMEN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN NGASINAN REJOMULYO KEDIRI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- ARI DWI WIDODO, MANAJEMEN PEMBELAJARAN AQIDAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMAAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- Ja'far Ja'far, PROBLEMATIKA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DI ERA GLOBALISASI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- Ahmad Fauzan, Mirhabun Nadir, M. Bisri Ikhwan, MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA (STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH AL AMIRIYAH BLOKAGUNG , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Nanang Gesang Wahyudi, Desain Pesan Pembelajaran di Era Digital , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Aisyatur Rosyidah, Suyadi Suyadi, MASKULINITAS DAN FEMINITAS KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN DEFERENSIASI OTAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PERSPEKTIF NEUROSAINS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Alfin Mustikawan, Agus Maimun, Sugeng Listyo Prabowo, INTELLECTUAL CAPITAL IN ISLAMIC HIGHER EDUCATION: PESANTREN-BASED INSTITUTIONS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Mochammad Jafar Amri Amanulloh, Mohamad Irvan Muzakky, OPTIMIZATION OF CONTINOUOS IMPROVEMENT IN ISLAMIC EDUCATION: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Wildan Agus Wicaksono, IMPLEMENTASI CONTINUOUS IMPROVEMENT PADA AKTIVITAS BELAJAR DI PONDOK PESANTREN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.