IMPLEMENTASI CONTINUOUS IMPROVEMENT PADA AKTIVITAS BELAJAR DI PONDOK PESANTREN

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i1.983

Authors

Keywords:

Continuous Improvement, Learning Activity, PDCA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui implementasi dari continuous improvement pada aktivitas belajar di Pondok Pesantren Tarbiyatul Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis data yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menggunakan teori PDCA (Plan, Do, Check, Act) yang diuraikan Plan meliputi: problem analysis identify dan juga tujuan atau goals yang hendak dicapai yang berkaitan dengan kuantitas dan kualitas dari aktivitas belajar. Do melalui implementasi yang sudah tersistem oleh lembaga dan juga do secara mandiri oleh santri. Check berarti mengukur seberapa efektif solusi dan diukur secara mandiri maupun evaluasi secara formal (tertulis) oleh Pondok Pesantren. Terakhir, Act yang memiliki arti proses implementasi dari solusi secara holistik yang di dalam implementasinya oleh santri Pondok Pesantren Tarbiyatul Qur’an dirumuskan pada perbaikan dan penetapan standar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agra, G., Formiga, N. S., Oliveira, P. S. de, Costa, M. M. L., Fernandes, M. das G. M., & Nóbrega, M. M. L. da. (2019). Analysis of the Concept of Meaningful Learning in Light of the Ausubel’s Theory. Revista Brasileira de Enfermagem, 72(1), 248–255. https://doi.org/10.1590/0034-7167-2017-0691

Bagir, H. (2019). Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia. Penerbit Mizan.

Creswell, J. W. (2009). Research Design (Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches) (Third). Sage Publications.

Eddy, Usman, A., & Dafitri, H. (2020). Peningkatan Kualitas Media Dakwah Melalui Pelatihan PDCA (Plan Do Check Act). Tunas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 79–84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30645/jtunas.v1i2.19.g19

Fuadah, F. S., & Sanusi, H. P. (2017). Manajemen Pembelajaran Di Pondok Pesantren. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 2(2), 40–58. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/isema.v2i2.5001

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183–198. https://doi.org/https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368

Ibrahim, T., & Rusdiana, A. (2021). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Penerbit Yrama Widya. http://digilib.uinsgd.ac.id/41596/1/0000-Buku Manaj Mutu Terpadu terbit April 2021-Fik.pdf

Jamaluddin. (2017). Manajemen Mutu (Teori dan Aplikasi pada Lembaga Pendidikan). PUSAKA JAMBI. http://repository.uinjambi.ac.id/4967/1/konten_BUKU_MANAJEMEN_MUTU.pdf

Jamaluddin. (2018). Manajemen Mutu Layanan Akedemik. Salim Media Indonesia. http://repository.uinjambi.ac.id/4966/1/Manajemen Mutu Layanan Akademikk.pdf

Kamal, F. (2020). Model Pembelajaran Sorogan dan Bandongan Dalam Tradisi Pondok Pesantren. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 15–26. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i2.1572

Ma’ruf, M. (2017). Eksistensi Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan Dalam Mempertahankan Nilai-Nilai Salaf Di Era Globalisasi. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 167–184. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v1i2.71

Muamanah, H., & Suyadi. (2020). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 161–180. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1329

Muhith, A. (2017). Dasar-dasar Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan. Samudra Biru.

PQM. (2021). Mengenal Continuous Improvement. Productivity & Quality Management Consultans. https://pqm.co.id/mengenal-continuous-improvement/

Prasojo, L. D. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. UNY Press.

Rahmatullah, A. S. (2014). Prinsip-prinsip Kaizen Jepang Dalam Perspektif Al-Qur’an dam Sumbangannya Bagi Psikologi Pendidikan Islam. CENDEKIA: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12(2), 175–193. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21154/cendekia.v12i2.193

Rodliyah, S. (2014). Manajemen Pondok Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter (Studi Kasus di Pondok Pesantren Annuriyyah Kaliwining Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember). CENDEKIA: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12(2), 299–314. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21154/cendekia.v12i2.230

Rosyid, R. (2010). Epistemologi Pragmatisme : Dalam Pendidikan Kita. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 1(1), 56–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/j-psh.v1i1.380

Rusdi. (2018). Continues Improvement Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pedesaan. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 150–160. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i2.396

Sallis, E. (2005). Total Quality Management in Education. Taylor & Francis e-Library.

Sokovic, M., Pavletik, D., & Pipan, K. K. (2010). Quality Improvement Methodologies – PDCA Cycle, RADAR Matrix, DMAIC and DFSS. Journal of Achievement in Materials and Manufacturing Engineering, 43(1), 476–483.

Suaeb. (2022). Penerapan Prinsip Continuous Improvement Dalam Total Quality Management Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penkonomi: Kajian Pendidikan & Ekonomi, 5(1), 12–27. https://doi.org/https://doi.org/10.33627/pk.v5i1.686

Supriyanto, A., Benty, D. D. N., & Rochmawati. (2019). Kaizen: Quality Improvement Innovation Higher Education in the Industrials Revolution 4.0. The 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019), 108–113.

Sutarto. (2015). Manajemen Mutu Terpadu (MMT-TQM) - Teori dan Penerapan di Lembaga Pendidikan. UNY Press.

Takdir, M. (2018). Modernisasi Kurikulum Pesantren (Konsep dan Metode Antroposentris). IRCiSoD.

Tapung, M. M. (2017). Menggagas Ulang Transformasi Pendidikan yang Berkesadaran Humanis, Dialogis, Kritis, Liberatif dan Ekologis. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 92–100. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK

Tuala, R. P. (2018). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. Lintang Rasi Aksara Books.

Wahyudi, N. G. (2019). Desain Pesan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Era Digital. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 104–135. https://doi.org/http://doi.org/10.32478/evaluasi.v.3i1.224

Wijayati, P. H., Suyata, & Sumarno. (2013). Model Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kaizen Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 17(2), 318–332. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pep.v17i2.1703

Zamroni. (2020). Smart Parenting In Improving Students’ Spiritual Intelligence In Pesantren-Based Madrasahs. Ta’dib, 23(1), 51–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31958/jt.v23i1.1947

Downloads

Published

2023-04-02

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

IMPLEMENTASI CONTINUOUS IMPROVEMENT PADA AKTIVITAS BELAJAR DI PONDOK PESANTREN. (2023). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 22-33. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i1.983

Similar Articles

1-10 of 22

You may also start an advanced similarity search for this article.