IMPLEMENTASI METODE FAMI BISYAUQIN DALAM MEMELIHARA HAFALAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM SUMBERREJO BOJONEGORO

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i1.1187

Authors

  • Hamidatun Nihayah UNUGIRI Bojonegoro -  Indonesia
  • Usman Roin UNUGIRI Bojonegoro
  • Malihatul Masnu'ah UNUGIRI Bojonegoro

Keywords:

Evaluation

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya santri yang lalai dalam me-murojaah hafalan. Sehingga ayat-ayat yang sudah dihafal terlupakan. Mereka beranggapan mengejar setoran agar mencapai target khatam menjadi tujuan utama, namun sejatinya dalam menghafal Al-Qur’an bukan sekedar menghafal dan khatam melainkan juga memeliharanya dalam setiap sela sela kehidupan. Pondok Pesantren Darussalam Sumberrejo Bojonegoro merupakan salah satu lembaga Tahfidzul Qur'an yang mampu mencetak generasi penghafal Al-Qur’an dengan cepat sekaligus mampu menumbuhkan pentingnya murojaah dalam sela sela kehidupan melalui penerapan metode fami bisyauqin. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan alasan Pondok Pesantren Darussalam menerapkan metode fami bisyauqin, implementasi metode fami bisyauqin, serta faktor pendukung dan penghambat metode fami bisyauqin dalam memelihara hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darussalam Sumberrejo Bojonegoro. Jenis peneitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Menurut Pondok Pesantren Darussalam, metode fami bisyauqin merupakan metode yang paling efektif dalam memelihara hafalan Al-Qur’an. Metode ini mampu membantu santri membiasakan lisan terampil membaca Al-Qur’an (2) Penerapan metode fami bisyauqin dalam memelihara hafalan Al-Qur’an dilakukan melalui pembiasaan muroqobahan, dzikrul qur’an, dan qiroatul qur’an fil sholah. (3) Faktor pendukung penerapan metode fami bisyauqin meliputi program wisuda tasmi’, lingkungan yang bernuansa Qur’ani, memiliki target murojaah hafalan, pembiasaaan Sholat Hajat, adanya takziran, rihlah, dan motivasi ustadzah pembimbing dan orang tua. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran dan kesunggulan, malas, merasa jenuh dan mengantuk, serta kesehatan fisik yang buruk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AIbdulwaily, C. (2016). Rumuzut Tikrair Nikmaitnyai Menjaigai Haifailain AIl-Qur’ain. Yogyaikairtai: Diaindrai.

AIn-Naiwaiwi. (2014). AIttibyain Fii AIdaibi Haimailaitil Qur’ain. Solo: AIl-Qowaim.

Baidrain, AI. H. AI. (2010). Cairai Islaim Mecerdaiskain Otaik. Solo: Iltizaim.

Burhain Bunin. (2011). Metode Penelitiain Kuaintitaitif. Jaikairtai: Kencainai.

Ibraihim. (2018). Metodologi Penelitiain Kuailitaitif. Baindung: CV AIlfaibetai.

Inaiyaih Khulaitifaih. (2021). Pengairuh Metode Faimi Bisyaiuqin terhaidaip baicaiain AIl-Qur’ain binnaidzair saintri pondok pesaintren Sailaifiyaih Kediri. In Indonesiain Jurnail of Huumainities aind Sociail Science, 2(1), 92.

Iys Nur Haindaiyaini. (2018). Metode Sorogain dailaim mningkaitkain kemaimpuain membaicai AIl-Qur’ain paidai ainaik. Jurnail Ilmiaih Tumbuh Kembaing AInaik Usiai Dini, 3, 105.

Jiainto. (2015). Implementaisi Metode Faimi Bisyaiuqin dailaim Memelihairai Haifailain AIl-Qur’ain paidai huffaidz di Mai’haid Taihfidzul Qur’ain AIbu Baikair AIs-Shiddiq Muhaimmaidiyaih Yogyaikairtai, 3.

Junaiedi, D. (2015). Living Qur’ain : Sebuaih pendekaitain bairu dailaim kaijiain AIl-Qur’ain. Junail of Qur’ain aind Haidist Studies, 4(2), 173.

Maichmud, AI. (2015). Kisaih Penghaifail AIl-Qur’ain. Jaikairtai: Graimediai.

Maigdai Bineti. (2018). Struktur dain Proses Memori. Buletin Psikologi, 16, 74.

Maisrul, AI. (2012). Kaiwin Dengain AIl-Qur’ain. Mailaing: AIdityai Mediai Publishing.

Nurul Qomairiyaih dain Muhaimmaid Irsyaid. (2016). Metode Cepait dain Mudaih AIgair AInaik Haifail AIl-Qur’ain (p. 48). Ygyaikairtai: Semestai Hikmaih.

Rouf, AI. AI. AI. (2004). Kiait Sukses Menjaidi Haifidz Qur’ain. Baindung: Syaimil Ciptai Mediai.

Sai’dullaih. (2008). 9 Cairai Praiktis Menghaifail AIl-Qur’ain. Jaikairtai: Gemai Insaini.

Saibellai, D. (2021). Metode Faimi Bisyaiuqin di Pondok Pesaintren AIl-Baiqoroh Lirboyo Kediri Jaiwai Timur dain Konstribusinyai dailaim Menjaigai AIl-Qur’ain. Skripsi Sairjainai Pendidikain AIgaimai, 7.

Suliainto. (2018). Peneraipain Metode Menghaifail AIl-Qur’ain Faimi Bisyaiuqin dain Pengairuhnyai terhaidaip Saintri Maihaisiswai dailaim Memaihaimi AIl-Qur’ain di Pondok Pesaintren Haimailaitul Qur’ain Jombaing. Jombaing.

Ubaiid, M. (2014). Laigkaih Mudaih Dailaim Meghaifail AIl-Qur’ai. Solo: AIqwaim.

Waihid, W. AI. (2014). Cairai Cepait Bisai Menghaifail AIl-Qur’ain. Yogyaikairtai: DIVAI Press.

AIl-Muailimaih, Shofairul Laithifaih. (2022). Implementaisi Metode Faimi Bisyaiuqin di Pondok Pesaintren Dairussailaim Bojonegoro. Desai Kedungjrejo. 26 Mei 2022.

Syaifirai, AIdeliai. (2022). Faiktor Pendukung dain Penghaimbait Metode Faimi Bisyaiuqin. Desai Kedungrejo. 26 Mei 2022.

Ummaih, Juliai Mufidaitul. (2022). Faiktor Pendukung dain Penghaimbait Metode Faimi Bisyaiuqin. Desai Kedungrejo. 26 Mei 2022.

Downloads

Published

2023-04-02

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

IMPLEMENTASI METODE FAMI BISYAUQIN DALAM MEMELIHARA HAFALAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM SUMBERREJO BOJONEGORO. (2023). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 72-82. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i1.1187