MANAJEMEN KERJA SAMA SMK DENGAN DUDIKA DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KERJA SISWA: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEWS 2020-2024
DOI:

Keywords:
partnership management, smk , dudika , Systematic Literature Review, keterampilan kerjaAbstract
Kesenjangan antara keterampilan lulusan pendidikan kejuruan dengan kebutuhan industri masih menjadi tantangan dalam pengembangan SDM di Indonesia, hal ini tercermin dari tingginya angka pengangguran lulusan SMK yang mencapai 9,01% pada Agustus 2024. Systematic Literature Review ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen kerja sama SMK-DUDIKA dalam pengembangan keterampilan kerja siswa. Penelitian menggunakan protokol PRISMA dengan menelaah artikel empiris periode 2020-2024 dari database scopus, google scholar dan portal Indonesia (Sinta, Garuda), dari 1235 artikel yang diidentifikasi, 47 artikel memenuhi kriteria inklusi untuk analisis final.
Hasil penelitian mengungkapkan empat aspek kunci manajemen kerja sama: (1) perencanaan strategis berbasis analisis kebutuhan industri, (2) pengorganisasian tim lintas institusi yang efektif, (3) implementasi program terintegrasi seperti prakerin dan teaching factory, serta (4) evaluasi berkelanjutan dengan pelibatan multi-stakeholderds. Teaching factory menunjukkan efektifitas tertinggi dalam pengembangan technical skills, sementara program guru tamu unggul dalam pengembangan softskills.
Pengembangan keterampilan kerja memerlukan proporsi seimbang antara technical skills (38%), softskills (34%), dan adaptive skills (28%). Keberhasilan implementasi ditentukan oleh kepemimpinan transformasional, komunikasi intensif, dan ketersediaan sumber daya, meski masih menghadapi tantangan kesenjangan teknologi dan perbedaan kultur organisasi. Temuan ini memberikan kerangka kerja bagi penguatan kerja sama SMK-DUDIKA dalam meningkatkan kesiapan kerja lulusan.
Downloads
References
Arsyad, J., Ambiyar, A., Jalinus, N., Fadhilah, F., & Abdullah, R. (2023). The Role of The Business World Industry Through a Teaching Practice Program in Increasing the Competence of Vocational School Graduates. Jurnal Sains Dan Teknologi Industri, 20(2), 899. https://doi.org/10.24014/sitekin.v20i2.20985
Asiah, A., Sanusi, A., Mulyanto, A., & Islam Nusantara Bandung, U. (2022). Implementation of the Partnership for SMKN 1 Cihampelas with the Industrial World (DUDI) to improve the competence of graduates. International Journal Of Humanities Education And Social Sciences (IJHESS), 1(4), 303–311. https://ijhess.com/index.php/ijhess/
Aslindar, D. A., Shofiatul Mila, & Rizki Ridhasyah. (2023). Synchronization As An Effort To Adjustment Curriculum According To The Needs Of The Industrial World At Smk Nu 01 Kendal. Randang Tana - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 26–32. https://doi.org/10.36928/jrt.v6i1.1325
Basri, H., Thohri, M., & Malik, A. (2023). Manajmen Kerjasama Sekolah Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di SMK N 2 Selong Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 432–437. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4628
Bestová, L., & Krestová, T. (2024). The Importance of Transferable Skills in Recruiting Researchers. IBIMA Business Review, 2024. https://doi.org/10.5171/2024.837034
Bhujangga Ayu Putu Priyudahari, N. (2024). MANAJEMEN KERJASAMA SEKOLAH DENGAN DUNIA USAHA DUNIA INDUSTRI (DU/DI) DALAM MENINGKATKAN SKILL KERJA DI SMKN 10 AGRIBISNIS DAN AGROTEK MERAUKE. 26(2), 150–158.
Fajaryati, N., Budiyono, B., Akhyar, M., & Wiranto, W. (2020). The employability skills needed to face the demands of work in the future: Systematic literature reviews. Open Engineering, 10(1), 595–603. https://doi.org/10.1515/eng-2020-0072
Fanani, F., Sudarto, Sugiharto, D. Y. P., & Yulianto, A. (2023). Inovasi Kemitraan SMK Bisnis Manajemen dengan Dunia Usaha dan Industri (DUDI): Menyiapkan Lulusan Siap Kerjadan Berdaya Saing. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, 6(1), 298–304. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes
Fata Asyrofi Yahya, & Maydatullaela. (2023). Peningkatan Mutu Lulusan Melalui Jaringan Kemitraan Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri di SMK PGRI 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(2), 185–200. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i2.214
Halizah, S. N. (2024). Kesenjangan Kurikulum Smk Dengan Kebutuhan Industri. Adiba: Journal of Education, 4(2), 227–233.
Hanafi, I. (2013). Re-orientasi keterampilan kerja lulusan pendidikan kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1021
Hatmojo, Y. I., & Ikhsannudin, W. (2024). Development of Teaching Factory Learning Model in Industrial Automation in Vocational High Schools. Jurnal Edukasi Elektro, 8(1), 55–64. https://doi.org/10.21831/jee.v8i1.68772
Hermawan, T., Wasliman, I, H., & Muliani, Y. (2021). Siswa Smk Prodi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) untuk Menghadapi Dunia Kerja ( Studi Kasus di SMKN 9 Garut Jawa Barat ). Jurnal Manajemen Pendidikan Al-Hadi, 1(2).
Hidayat, R. Al, Sayuti, M., & Santosa, B. (2024). Pengaruh Keterlibatan Siswa dalam Teaching Factory, Motivasi Belajar dan Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Bekerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Syntax Admiration, 5(3), 956–972. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i3.1078
Holubčík, M., Soviar, J., & Lendel, V. (2022). Sustainable Cooperation Management-Insights From a Selected Company. 10(2), 429–447. http://jssidoi.org/jesi/http://doi.org/10.9770/jesi.2022.10.2%0Ahttp://jssidoi.org/esc/homehttp://doi.org/10.9770/jesi.2022.10.2
Irianto, Y., Hanif, M., & Nugraha, N. (2023). Manajemen Kerjasama Sekolah dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) pada Kompetensi Keahlian Teknologi Laboratorium Medik di tinjau dari Teori Pertukaran Sosial (studi kasus di SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Ponorogo). Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 2(3), 18–22. https://doi.org/10.25273/The
Islamiah, N., Hariyati, N., & Murtadlo, M. (2022). Strategi SMK dalam menjalin kerjasama reciprocal dengan industri dan dunia kerja. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(2), 180–189. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i2.53249
Janyam, K. (2023). Essential Skills Development Needs of High School Students in Southern Thailand for Work in the 21st Century Labour Market. December 2021, 435–436. https://doi.org/10.1192/j.eurpsy.2023.937
Jin, T., & Ju, S. Y. (2023). Research on the Influence of Transformational Leadership on Teachers’ Craftsmanship in Higher Vocational Colleges. The Educational Review, USA, 7(6), 812–816. https://doi.org/10.26855/er.2023.06.033
Kurniawati, E. E., Sumarti, S. S., Wijayati, N., & Nuswowati, M. (2017). Pengaruh Project Based Learning. Jurnal Pendidikan, 10(2252), 315–321.
Lovett, G. J. (1993). Scans-Identified Employment Skills and Hampton Roads Scans-Identified Employment Skills and Hampton Roads Employers Employers. https://digitalcommons.odu.edu/ots_masters_projects/381
Mahmudah, F. N., Baswedan, A. A. G. R., Usman, H., Mardapi, D., & Putra, E. C. S. (2022). the Importance of Partnership Management To Improve School-To-Work Transition Readiness Among Vocational High School Graduates. Obrazovanie i Nauka, 24(5), 64–89. https://doi.org/10.17853/1994-5639-2022-5-64-89
Martínez, M. A. (2009). Progress in the therapeutic applications of siRNAs against HIV-1. Methods in Molecular Biology (Clifton, N.J.), 487, 343–368. https://doi.org/10.1007/978-1-60327-547-7_17
Maulina, M., & Yoenanto, N. H. (2022). Optimalisasi link and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 28–37. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.48008
McKinsey & Company. (2019). Otomasi dan masa depan pekerjaan di Indonesia: Pekerjaan yang hilang, muncul dan berubah. Pekerjaan yang hilang, muncul dan berubah, 1–5. https://www.mckinsey.com/nl/~/media/mckinsey/featured insights/asia pacific/automation and the future of work in indonesia/automation-and-the-future-of-work-in-indonesia-indonesian.ashx
Mohd Salahuddin, N. F., Mahpar, N. S., & Ishak, M. F. (2023). The Relationship between Employability Skill and Job Mismatch towards Graduates’ Unemployment. Information Management and Business Review, 15(3(I)), 96–104. https://doi.org/10.22610/imbr.v15i3(i).3519
Norhasanah, N., Sulaiman, S., & Syaifuddin, A. R. (2023). Management of School Partnership Relations with the Business World or Industry World (Multi Site Study on SMKN 1 Gambut dan SMKN 1 Kertak Hanyar). International Journal of Social Science and Human Research, 06(06), 3482–3490. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i6-33
Oktafiyah, U., & Hariyati, N. (2020). Manajemen Kerjasama Sekolah Dengan Industri Dalam Implementasi Teaching Factory di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 1 Gresik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(2), 70–79. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/33604
Omar, M. K., Muhamad, W. M. W., Ismail, N., Zakaria, A., & Kadir, K. M. (2023). Employability Skills and Career Development Self-Efficacy as Indicators for Workforce Success. Journal of Technical Education and Training, 15(3 Special Issue), 118–130. https://doi.org/10.30880/jtet.2023.15.03.011
Prabowo, A. S., Yunus, A., Pajarini, W., Dalimunthe, R. Z., Conia, P. D. D., & Alfalathi, S. A. (2023). Development of Employability Skills of Vocational School Students in Bogor, Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.53889/jpig.v3i1.192
Rojaki, M., Fitria, H., Martha, A., Sama, K., Usaha, D., & Industri, D. (2021). Manajemen Kerja Sama Sekolah Menengah Kejuruan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6337–6349.
Rosidah, & Sutirman. (2023). Added value of teaching factory learning in services production unit to prepare graduate work readiness. Cakrawala Pendidikan, 42(3), 695–704. https://doi.org/10.21831/cp.v42i3.49137
Perdana, N. S. (2023). Analisis Permintaan dan Penawaran Lulusan SMK dalam Pemenuhanan Pasar Tenaga Kerja. Migration Letters, 20(6), 525–536. https://doi.org/10.59670/ml.v20i6.3502
Sauer, P. C., & Seuring, S. (2023). How to conduct systematic literature reviews in management research: a guide in 6 steps and 14 decisions. In Review of Managerial Science (Vol. 17, Issue 5). Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/s11846-023-00668-3
Sobari, M., Wahyudin, D., & Dewi, L. (2023). Keterlibatan Industri Dalam Pengembangan Kurikulum Pada Tingkat Smk. Jurnal Education and Development, 11(3), 230–238. https://doi.org/10.37081/ed.v11i3.4771
Soleh, A. A., Triyanto, T., Parno, P., Suharno, S., & Estriyanto, Y. (2023). Tinjauan Pustaka Sistematis: Model Kemitraan antara SMK dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Jiptek, 16(2), 126. https://doi.org/10.20961/jiptek.v16i2.72697
Soproni, Z. (2023). Employability Skills: Rethink Your Learning. GiLE Journal of Skills Development, 3(2), 53–65. https://gjsd.gile-edu.org/index.php/home/article/view/6-soproni-53-65
Statistik, B. P. (2022). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2022. Badan Pusat Statistik, 11(84), 1–28.
Sulistyanto, S., Mutohhari, F., Kurniawan, A., & Ratnawati, D. (2021). Kebutuhan Kompetensi di Era Revolusi Industri 4.0: Review Perspektif Pendidikan Vokasional. Jurnal Taman Vokasi, 9(1), 25–35. https://doi.org/10.30738/jtv.v9i1.7742
Sumaryanto, S., Azhari, A., Zebua, S., Mursalin, M., & Kisno, K. (2023). the Mutual-Benefit Partnership Management Model for Vocational High Schools and Work/Industry Sector. Proceedings of the 1st International Conference on Social Science (ICSS), 2(2), 19–25. https://doi.org/10.59188/icss.v2i2.137
Syahputra, D. R., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsip Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal (MAKREJU), 1(3), 51–56.
Tahshir, T. (2022). School Cooperation Management With Dudi in Increasing the Quality of Graduates. Managere: Indonesian Journal of Educational Management, 4(2), 148–154. https://doi.org/10.52627/managere.v4i2.121
Thapa, H. S. (2024). Development of Employability Skills through Work-Based Learning. Journal of Technical and Vocational Education and Training, 18(1), 102–111. https://doi.org/10.3126/tvet.v18i1.62750
Thomson, A. M., Perry, J. L., & Miller, T. K. (2009). Conceptualizing and measuring collaboration. Journal of Public Administration Research and Theory, 19(1), 23–56. https://doi.org/10.1093/jopart/mum036
Ubaidah, S., Trisnamansyah, S., Insan, H. S., & Harahap, N. (2021). Partnership Management Between Vocational Schools with the World of Business and Industry to Improve the Quality of Graduates Who Are Ready to Work. International Journal of Nusantara Islam, 9(1), 58–69. https://doi.org/10.15575/ijni.v9i1.11818
Wei, H. (2024). The impact of strengthening practical teaching in vocational education on improving students’ employability. Applied Mathematics and Nonlinear Sciences, 9(1), 3383–3392. https://doi.org/10.2478/amns-2024-2323
Yolanda, S., Ayub, D., & Fitrilinda, D. (2023). Pengaruh Employability Skills Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Pendidikan Masyarakat. MOTEKAR: Jurnal Multidisiplin Teknologi Dan Arsitektur, 1(2), 301–307. https://doi.org/10.57235/motekar.v1i2.1126
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SILVIA RAHMI, Teguh Trianung Djoko Susanto, Sugiarto Sugiarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Nanang Gesang Wahyudi, Desain Pesan Pembelajaran di Era Digital , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- DWITRI STEPANILI, EVALUASI PENDIDIKAN PERSPEKTIF ISLAM (ANALISIS TAFSIR Q.S QAFF AYAT 17-18) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
- Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo, Rahmatullah Rahmatullah, PESANTREN EFFECTIVENESS: THE ROLE OF ORGANIZATIONAL CULTURE IN ENHANCING PERFORMANCE IN PESANTREN INSTITUTIONS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- setiawan setiawan, Lailatul Qodariyah, Pengembangan Manajemen Perpustakaan sebagai pusat informasi dan pendidikan di STAIMA Al-Hikam Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
- MIFTACHUL ULUM, Abdul Mun’im, Muslih Muslih, PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI MADRASAH MU’ALLIMIN MU’ALLIMAT PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT LAMONGAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
- Anisa Wahyuni, M Ihsan Alhusaeni Hijaz, Irawan Irawan, Tata Kelola Pembiayaan Pendidikan di Pesantren Modern , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Miftachul Ulum, Abdul Mun’im, Erly Juliyani, Pusvyta Sari, EVALUASI PEMBELAJARAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN BISNIS ONLINE KELAS XII SMK SUNAN DRAJAT LAMONGAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Ismatul Izzah, ANALISIS MANIFESTASI IMPLEMENTASI SCHOOL BASED MANAGEMENT PADA PENGEMBANGAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI LEMBAGA PENDIDIKAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- ja'far ja'far, INOVASI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH KREATIF DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Yun Kusumawati, faturrahman faturrahman, Theresia Pradiani, PENGARUH PROGRAM PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI KERJA DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA GURU LAZUARDI GLOBAL COMPASSIONATE SCHOOL DEPOK , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 1 (2025): Evaluasi-Edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.