PENGARUH PROGRAM PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI KERJA DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA GURU LAZUARDI GLOBAL COMPASSIONATE SCHOOL DEPOK

DOI:

https://doi.org/10.32478/2emh6615

Authors

  • Yun Kusumawati Institute Teknologi Bisnis Asia Malang -  Indonesia
  • faturrahman faturrahman Institute Teknologi Bisnis Asia Malang -  Indonesia
  • Theresia Pradiani Institute Teknologi Bisnis Asia Malang -  Indonesia

Keywords:

training program; motivation; performance

Abstract

Keberhasilan pendidik dan personel dalam lembaga pendidikan merupakan penentu penting prestasi akademik. Pendidik kaliber tinggi dan staf pendukung yang mahir berperan penting dalam menumbuhkan suasana belajar yang kondusif. Faktor penting yang mendorong pertumbuhan profesional pendidik adalah motivasi mereka di tempat kerja, yang dapat ditingkatkan melalui inisiatif pelatihan yang ditargetkan. Program pelatihan yang disesuaikan dengan persyaratan khusus pendidik dapat menambah basis pengetahuan, keahlian, dan disposisi etika mereka, yang kemudian mempengaruhi efektivitas pedagogis mereka. Upaya penelitian ini berusaha untuk menyelidiki (1) dampak program pelatihan terhadap kinerja pendidik di Lazuardi Global Compassion School, (2) pengaruh program pelatihan terhadap tingkat motivasi pendidik, (3) hubungan antara motivasi kerja dan kinerja pendidik, dan (4) peran program pelatihan dalam mempengaruhi kinerja pendidik melalui motivasi kerja sebagai variabel mediasi. Metodologi penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif, dengan sampel yang terdiri dari 86 peserta, termasuk semua pendidik dari Lazuardi Global Compassion School, Depok, yang mencakup divisi TK, SD, dan SMP, yang terlibat pada tahun akademik 2024/2025, menggunakan teknik sampling jenuh. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) program pelatihan menghasilkan hasil positif, meskipun tanpa dampak yang signifikan secara statistik pada kinerja pendidik, (2) program pelatihan secara signifikan dan positif mempengaruhi motivasi kerja pendidik, (3) motivasi kerja menunjukkan korelasi positif dan signifikan secara statistik dengan kinerja pendidik, dan (4) program pelatihan memengaruhi kinerja pendidik melalui variabel mediasi motivasi kerja.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansory, A. F., & Indrasari, M. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11).

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(2).

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian: Sebuah Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arsaktianca, R. G., Zuhaena, F., & Wijayanto, W. (2024). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Marga Nusantara Jaya Cabang Purwokerto. Majalah Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1).

Bagir. (2029). Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia. Noura Books.

Butkus, V. (2019). A Guide to Digital Transformation for Project Manajers.

Cristina, E., & Pradiani, T. (2023). Analisis Pengaruh Disiplin Kerja, Gaya Kepemimpinan, dan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan Satoria Manufacturing di Pasuruan. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 19(1).

Fathorrahman. (2023). Pengaruh Program Pelatihan terhadap Kinerja di Lingkungan Pendidikan.

Gozali, I., & Latan, H. (2015). Patrial Least Squerest Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS3.O. Badan Penerbit Universitas di Ponegoro.

Gunawan, T., Fathrorrahman, F., & Handoko, Y. (2019). Efek Mediasi Kepuasan Pelanggan atas Pengaruh Kualitas Produk dan Store Atmosphere terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan , 7(2).

Hamid, M., Sufi, I., Konadi, W., & Yusrizal, A. (2019). Analisis Jalur dan Aplikasi SPSS Versi 25. Sefa Bumi Persada.

Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian Konsep Dasar dan Aplikasi Program Smart PLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis. PT Inkubator Penulis Indonesia.

Idris, A. (2018). Pengaruh Orientasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pendidikan pada SD Negeri Tanjung 2. Jurnal Mitra Manajemen, 1(2).

Kapitaraw, B., Kusdyah, I., & Fathorrahman. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Kesehatan Terpadu Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua. Jurnal Ilmiah Riset Aplikasi Manajemen, 1(2).

Kusumaningsih, D. U., & Hardi, H. (2022). Parental Attention and Learning Motivation of Elementary School Student: Correlantion Studies. JENIUS: Journal of Educatio Policy and Elementary Education Issues, 3(2).

Lee, T. W., Burch, T. C., & Mitchell, T. R. (2014). The Story of Why We Stay: A Review of Job Embeddedness. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 1.

Mangkunegar, A. P. (2018). Perencanaan dan Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia. Redika Aditama.

Mangkunegara, A. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosda Karya.

Mangkunegara, A. P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosda Karya.

Nuryadi, A., Kusdyah, I., & Bukhori, M. (2023). Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, dan Komitmen Kerja terhadap Kinerja Guru di SMPIT Al Uswah Bangil. Jurnal Ilmiah Riset Aplikasi Manajemen, 1(2).

Pps, J., Santoso, H., Utari, W., & Prasetyo, I. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening di SMA Nahdlatul Ulama Balikpapan. Jurnal Manajerial Bisnis, 5(2).

Pradiani, T. (2023). Motivasi Kerja dan Pengaruhnya terhadap Kinerja [Broadcast].

Rimba, A. F., & Pradiani, T. (2023). Pengaruh Pelatihan, Motivasi dan Kompensasi terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Pemasaran (Konsultan Pendidikan) PT. Mentari Indonesia Jakarta. Jurnal Ilmiah Riset Aplikasi Manajemen, 1(2).

Risdiantoro, R. (2021). Pengaruh Pelatihan Guru terhadap Kinerja Guru Melalui Pengembangan Profesional Guru Madrasah Ibtidaiyyah Sekota Batu. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 2(1).

Setiawati, S., Karnawati, T. A., & Bukhori, M. (2024). Pengaruh Supervisi terhadap Kinerja Guru Melalui Disiplin di SMK Trisakti Talangan Sidoarjo. Jurnal Cahaya Mandala, 3(3).

Simamora, H. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Steinberg, M. P., & Sartain, L. (2015). Does Teacher Evaluation Improve School Performance? Experimental Evidence from Chicago’s Excellence in Teaching Project. Education Finance and Policy, 10(4).

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.

Sumiaty, R. Y. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Pelatihan dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Al Azhar Bumi Serpong Damai Tangerang Selatan. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 3(1).

Tarigan, S. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan PT. Mega Buana Indah Batam. Institut Teknologi & Bisnis Asia Malang.

Wardana, A. B., Ruspitasari, W. D., & Handoko, Y. (2022). The Effect of Satisfaction, Motivation, and Work Ethic on the Performance of PMI Malang City Employees.

Watjo, I. P., Cahyono, D., & Susbiyani, A. (2023). Pengaruh Etos Kerja Islam dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Guru MTs Melalui Variabel Motivasi . ALIGNMENT: Journal of Administration and Educational Management, 6(1).

Zakky. (2020). Pengertian Instrumen Penelitian Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Zona Referensi.

Downloads

Published

2025-04-16

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

PENGARUH PROGRAM PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI KERJA DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA GURU LAZUARDI GLOBAL COMPASSIONATE SCHOOL DEPOK. (2025). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 95-108. https://doi.org/10.32478/2emh6615

Similar Articles

11-20 of 38

You may also start an advanced similarity search for this article.