Strategi Lulusan SMK Menjadi Wirausaha Otomotif
DOI:

Keywords:
Strategi, Lulusan SMK, Wirausaha OtomotifAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi lulusan SMK yang berprofesi sebagai pengusaha otomotif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa lulusan SMK berhasil menjadi pengusaha dalam waktu kurang dari lima tahun setelah lulus. Lulusan SMK tersebut mengawali berwirausaha dengan bekerja sebagai karyawan. Memiliki growth mindset yakni gairah, ketekunan, ketekadan, dan kegigihan yang tinggi ketika menghadapi tantangan. Selain itu, memiliki lima keterampilan inovator yakni asosiasi, berpikir kritis dan kreatif, mengamati, meningkatkan jejaring, dan melakukan percobaan. Dukungan penuh diberikan oleh Orang Tua atau orang terdekat kepada keempat informan. Melalui strategi ini, lulusan SMK dapat berprofesi sebagai pengusaha.
Downloads
References
Alimudin, I. A., Permana, T., & Sriyono, S. (2019). Studi Kesiapan Kerja Peserta Didik Smk Untuk Bekerja Di Industri Perbaikan Bodi Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 191. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15187
Aliyah, D., Sukrawan, Y., & Permana, T. (2019). Minat dan Motivasi Bekerja Sebagai Teknisi Peserta Didik Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 192–199. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21793
Arizal, H. (2014). Kinerja Lulusan Smk Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di Industri Otomotif Surabaya. Jurnal Pendidikan Vokasi UNESA, 2(2), 246791.
Drucker, P. (2014). Innovation and entrepreneurship. Routledge.
Dweck, C. S. (2015). Growth mindset, Revisited. Education Week, 35(05), 20–24.
Dyer, J., Gregersen, H., & Christensen, C. M. (2019). Innovator’s DNA, Updated, with a New Preface: Mastering the Five Skills of Disruptive Innovators. Harvard Business Press.
Dyer, J. H., Gregersen, H. B., & Christensen, C. M. (2009). Harvard Business Review. Harvard Business Review. https://doi.org/10.1016/0169-2070(88)90019-2
Harisudin, M. (2011). Competitive Profile Matrix Sebagai Alat Analisis Strategi Pemasaran Produk Atau Jasa. Sepa, 7(2), 80–84.
Hartono, H. (2018). Kajian Capaian Program Mahasiswa Wirausaha. Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUNBISNIS), 1(2), 152–159. https://doi.org/10.32497/akunbisnis.v1i2.1230
Herliana. (2019). Studi Penelusuran Lulusan SMK Aceh Periode 2014 s.d 2018. Jurnal Seni Budaya, VI(2), 13–22. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JSB/article/viewFile/17154/12458
Hochanadel, A., Finamore, D., & others. (2015). Fixed and growth mindset in education and how grit helps students persist in the face of adversity. Journal of International Education Research (JIER), 11(1), 47–50.
Jaharuddin, J., Purnawan, I., Mujiastuti, R., Muthmainnah, R. N., & Prasetyawati, M. (2019). Strategi Melahirkan Mahasiswa Pengusaha Pemula (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta). Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 24(13), 25. https://doi.org/10.20961/jkb.v24i13.29310
Khotimah, S., Mayasari, V., & Perwita, D. (2017). Upaya Peningkatan Minat Berwirausaha Dengan Metode Praktik Kewirausahaan Di Smkn 3 Purwokerto. Prosiding, 5(November), 1151–1157. http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosiding/article/viewFile/526/427
Komara, B. D., Cahyo, H., & Setiawan, B. (2020). INKUBATOR BISNIS SEBAGAI PENDORONG TUMBUHNYA WIRAUSAHA MUDA : STUDI TENTANG SUKSESI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA. 3(1), 33–39.
Maulida, S. R., & Dhania, D. R. (2012). Hubungan antara kepercayaan diri dan dukungan orang tua dengan motivasi berwirausaha pada siswa smk. Jurnal Psikologi Undip, 11.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. UI press.
Periera, A., Mashabi, N. A., & Muhariati, M. (2017). Pengaruh Dukungan Orangtua terhadap Minat Anak dalam berwirausaha (Pada Siswa SMK Strada Koja, Jakarta Utara). JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 70–76. https://doi.org/10.21009/jkkp.042.04
Permana, T. R. S., Kusumah, I. H., & Permana, T. (2019). Kesiapan Kerja Peserta Didik Smk Yang Sudah Melaksanakan Praktik Kerja Industri. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), 118–123. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i1.18252
Prasetyawan, H. (2020). Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ). 4(3), 128–143.
Prastiwi, N. L. P. E. Y., Ningsih, L. K., & Suardika, K. (2019). Pola Pikir Dan Perilaku Kewirausahaan Umkm Di Buleleng, Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 61. https://doi.org/10.38043/jimb.v4i1.2159
Rangarajan, D., Gelb, B. D., & Vandaveer, A. (2017). Strategic personal branding—And how it pays off. Business Horizons, 60(5), 657–666.
Yeager, D. S., Hanselman, P., Walton, G. M., Murray, J. S., Crosnoe, R., Muller, C., Tipton, E., Schneider, B., Hulleman, C. S., Hinojosa, C. P., Paunesku, D., Romero, C., Flint, K., Roberts, A., Trott, J., Iachan, R., Buontempo, J., Yang, S. M., Carvalho, C. M., … Dweck, C. S. (2019). A national experiment reveals where a growth mindset improves achievement. Nature, 573(7774), 364–369. https://doi.org/10.1038/s41586-019-1466-y
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Zaedun Na'im, KONSEP DASAR DAN TATA KELOLA MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Azizah Nurul Fadlilah, Saidah Masfiah, IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING MIX DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI TK AL HUDA KOTA MALANG , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Zainul Arifin, STUDI EVALUATIF TENTANG KEBERADAAN SEKOLAH PROGRAM BAKAT ISTIMEWA DI MTsN MALANG III BERDASARKAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGKAT SMP/MTS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- Nanang Gesang Wahyudi, Desain Pesan Pembelajaran di Era Digital , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- A. Qomarudin, Roihatul Jannah, Strategi Pengembangan Kurikulum Tingkat Lembaga Pendidikan Berbasis Moderasi Beragama di Madrasah Ibtidaiah Al-Asyhar Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 1 (2025): Evaluasi-Edisi Maret
- Zaedun Na'im, MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI DISIPLIN ILMU , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- ARI DWI WIDODO, MANAJEMEN PEMBELAJARAN AQIDAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMAAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- A. Qomarudin Qomarudin, BIAYA MUTU PENDIDIKAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Tri Mardiansah, Muhammad Daniel, Mi'raj Mi'raj, Evaluasi Program Tahfidz Ummi Model CIPP di Sd Ummu Aiman Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Irwan Fathurrochman, Siswanto Siswanto, Irfan Qowwiyul Aziz Alhajj, Syaiful Bahri, Muhammad Amin, PERAN KEPALA TATA USAHA DALAM MENGEMBANGKAN PENGELOLAAN ARSIP PERKANTORAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.