Strategi Lulusan SMK Menjadi Wirausaha Otomotif

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.918

Authors

Keywords:

Strategi, Lulusan SMK, Wirausaha Otomotif

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi lulusan SMK yang berprofesi sebagai pengusaha otomotif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa lulusan SMK berhasil menjadi pengusaha dalam waktu kurang dari lima tahun setelah lulus. Lulusan SMK tersebut mengawali berwirausaha dengan bekerja sebagai karyawan. Memiliki growth mindset yakni gairah, ketekunan, ketekadan, dan kegigihan yang tinggi ketika menghadapi tantangan. Selain itu, memiliki lima keterampilan inovator yakni asosiasi, berpikir kritis dan kreatif, mengamati, meningkatkan jejaring, dan melakukan percobaan. Dukungan penuh diberikan oleh Orang Tua atau orang terdekat kepada keempat informan. Melalui strategi ini, lulusan SMK dapat berprofesi sebagai pengusaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimudin, I. A., Permana, T., & Sriyono, S. (2019). Studi Kesiapan Kerja Peserta Didik Smk Untuk Bekerja Di Industri Perbaikan Bodi Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 191. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15187

Aliyah, D., Sukrawan, Y., & Permana, T. (2019). Minat dan Motivasi Bekerja Sebagai Teknisi Peserta Didik Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 192–199. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21793

Arizal, H. (2014). Kinerja Lulusan Smk Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di Industri Otomotif Surabaya. Jurnal Pendidikan Vokasi UNESA, 2(2), 246791.

Drucker, P. (2014). Innovation and entrepreneurship. Routledge.

Dweck, C. S. (2015). Growth mindset, Revisited. Education Week, 35(05), 20–24.

Dyer, J., Gregersen, H., & Christensen, C. M. (2019). Innovator’s DNA, Updated, with a New Preface: Mastering the Five Skills of Disruptive Innovators. Harvard Business Press.

Dyer, J. H., Gregersen, H. B., & Christensen, C. M. (2009). Harvard Business Review. Harvard Business Review. https://doi.org/10.1016/0169-2070(88)90019-2

Harisudin, M. (2011). Competitive Profile Matrix Sebagai Alat Analisis Strategi Pemasaran Produk Atau Jasa. Sepa, 7(2), 80–84.

Hartono, H. (2018). Kajian Capaian Program Mahasiswa Wirausaha. Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUNBISNIS), 1(2), 152–159. https://doi.org/10.32497/akunbisnis.v1i2.1230

Herliana. (2019). Studi Penelusuran Lulusan SMK Aceh Periode 2014 s.d 2018. Jurnal Seni Budaya, VI(2), 13–22. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JSB/article/viewFile/17154/12458

Hochanadel, A., Finamore, D., & others. (2015). Fixed and growth mindset in education and how grit helps students persist in the face of adversity. Journal of International Education Research (JIER), 11(1), 47–50.

Jaharuddin, J., Purnawan, I., Mujiastuti, R., Muthmainnah, R. N., & Prasetyawati, M. (2019). Strategi Melahirkan Mahasiswa Pengusaha Pemula (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta). Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 24(13), 25. https://doi.org/10.20961/jkb.v24i13.29310

Khotimah, S., Mayasari, V., & Perwita, D. (2017). Upaya Peningkatan Minat Berwirausaha Dengan Metode Praktik Kewirausahaan Di Smkn 3 Purwokerto. Prosiding, 5(November), 1151–1157. http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosiding/article/viewFile/526/427

Komara, B. D., Cahyo, H., & Setiawan, B. (2020). INKUBATOR BISNIS SEBAGAI PENDORONG TUMBUHNYA WIRAUSAHA MUDA : STUDI TENTANG SUKSESI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA. 3(1), 33–39.

Maulida, S. R., & Dhania, D. R. (2012). Hubungan antara kepercayaan diri dan dukungan orang tua dengan motivasi berwirausaha pada siswa smk. Jurnal Psikologi Undip, 11.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. UI press.

Periera, A., Mashabi, N. A., & Muhariati, M. (2017). Pengaruh Dukungan Orangtua terhadap Minat Anak dalam berwirausaha (Pada Siswa SMK Strada Koja, Jakarta Utara). JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 70–76. https://doi.org/10.21009/jkkp.042.04

Permana, T. R. S., Kusumah, I. H., & Permana, T. (2019). Kesiapan Kerja Peserta Didik Smk Yang Sudah Melaksanakan Praktik Kerja Industri. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), 118–123. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i1.18252

Prasetyawan, H. (2020). Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ). 4(3), 128–143.

Prastiwi, N. L. P. E. Y., Ningsih, L. K., & Suardika, K. (2019). Pola Pikir Dan Perilaku Kewirausahaan Umkm Di Buleleng, Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 61. https://doi.org/10.38043/jimb.v4i1.2159

Rangarajan, D., Gelb, B. D., & Vandaveer, A. (2017). Strategic personal branding—And how it pays off. Business Horizons, 60(5), 657–666.

Yeager, D. S., Hanselman, P., Walton, G. M., Murray, J. S., Crosnoe, R., Muller, C., Tipton, E., Schneider, B., Hulleman, C. S., Hinojosa, C. P., Paunesku, D., Romero, C., Flint, K., Roberts, A., Trott, J., Iachan, R., Buontempo, J., Yang, S. M., Carvalho, C. M., … Dweck, C. S. (2019). A national experiment reveals where a growth mindset improves achievement. Nature, 573(7774), 364–369. https://doi.org/10.1038/s41586-019-1466-y

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

Strategi Lulusan SMK Menjadi Wirausaha Otomotif. (2022). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 185-194. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.918

Similar Articles

11-20 of 25

You may also start an advanced similarity search for this article.