KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PRESPEKTIF KH. TAUFIQUL HAKIM (ANALISIS KITAB IRSYADUL MUALLIMIN)

DOI:

https://doi.org/10.32478/jis.v1i1.780

Authors

Abstract

Pendidikan menjadi kebutuhan utama dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, dimana perkembangan suatu negara diukur dari seberapa berhasil mereka mengembangkan sumber daya manusianya melalui pendidikan. Sehingga perlu adanya peningkatan dalam pengembangan sistem pendidikan khususnya sember daya manusia pendidikan yang merupakan seorang guru. Peneliti mendapati dalam kitab Irsyadul Muallimin karya KH. Taufiqul Hakim ada beberapa kepribadian yang harus dimiliki guru apabila guru diantaranya; Proaktif, cerdas, empati, bijaksana, kreatif dan inovatif, selalu belajar, humoris, bersahabat, mengetahui kebutuhan siswa. Bersikap adil, sederhana, komunikatif, sabar, rendah hati, penyayang, tegas, mengayomi, berdisiplin, menghargai siswa, tulus/ikhlas, berfikir positif, pemaaf, dan demokratis. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka murni. Adapun hasil temuan penelitiannya bahwa Kepribadian-kepribadian ini kebanyakan berkaitan langsung dengan interaksi guru dan peserta didik. Kompetensi kepribadian ini menjadi landasan utama untuk seluruh kompetensi-kompetensi guru yang lainnya. Oleh karena itu guru dikatakan profesional apabila di dalam dirinnya melekat kompetensi kepribadian guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hakim, Taufiqul. (2014). Irsyadul Muallimin. Jepara: Pondok Pesantren Darul Falah.

Hakim, Taufiqul. (2004). Tawaran Rekonstruksi Sistem Pendidikan Nasional (Profil Amtsilati & PP. Darul Falah). Jepara: PP. Darul Falah.

Rokhman, F., Hum, M., & Syaifudin, A. (2014). Character education for golden generation 2045 (national character building for indonesian golden years). Procedia-Social and Behavioral Sciences, 141, 1161-1165.

Human Development Reports of United Nation Devolepment Programme “Education Index” http://hdr.undp.org/en/indicators/103706 diakses pada tanggal 16 Desember 2020.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2019). Sang pembaharu pendidikan pesantren KH. Taufiqul Hakim. Jepara: Pondok Pesantren Darul Falah.

Mahasiswa Cosma A 2020. (2020) Ilmu Pendidikan Islam. Surabaya: FTK UINSA.

Roqib dan Nurfuadi. (2009). Kepribadian Guru: Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di masa Depan. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Guru Professional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru. Jogjakarta; Ar-Ruzz Media.

Al-Ghazali. (1994). Ihya Al Ulum al-ddin. Jakarta: Dar al-kutub Al-Islamiyyah. Jilid I.

Al-Hurri, Muhammad Kamil. (1991). Hayatuhu Atsaruhu wa Falsafatuhu Beirut Libanon: Dar al-Kitab al-Islamiyah.

Asya’ari, Hasyim. Adabul Alim Wal Muta’allim. Jombang: maktabah turost al-islami tebu ireng.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Zuriah,

Nurul. (2006). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Narbuko, Cholid & H. Abu Ahmadi. (2001). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksar. Cet ke- 3.

Sonhadji, Ahmad. (1994). Penelitian Kualitatif dalam Bidang Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimasahada. Cet ke-1.

Moleong, Lexy J. (2006) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Cet ke-22.

Hidayat, Rahmat. (2016). Ilmu Pendidikan Islam “Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia” Medan: LPPPI.

Wan Daud, Mohd Noor Wan. (1998). The Educational Philosophy and Practice of Syed M. Naquib Al-Attas: An Exposition of the Original Concept of Islamization. Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).

Muntahibun Nafis, Muhammad. (2011) Ilmu Pendidikan Islam. Sleman: Teras.

Mulyasa, E. (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. cet. Keenam

Lase, Famahato. "Kompetensi Kepribadian Guru Profesional." Pelita Bangsa Pelestari Pancasila 11.1.

Hawi, Akmal. (2014). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44-63.

Al-Ghazali. (2004). Mukhtasor Ihya Ulumuddin. Jakarta: Dar Al-Kutub Al-Islamiyah.

Rochman, Chaerul dan Heri Gunawan. (2011). Pengembangan kompetensi kepribadian guru : menjadi guru yang dicintai dan diteladani siswa. Bandung : nuansa cendekia.

Downloads

Published

2021-10-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PRESPEKTIF KH. TAUFIQUL HAKIM (ANALISIS KITAB IRSYADUL MUALLIMIN) (S. Tilmidzi , Trans.). (2021). Journal Islamic Studies, 1(1), 47-73. https://doi.org/10.32478/jis.v1i1.780