Penerapan Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Perpustakaan SDN Jati

Implementation of Library Management in Improving Service Quality at the Jati Elementary School Library

Authors

Keywords:

manajemen perpustakaan, mutu layanan, perpustakaan, kepuasan pengguna

Abstract

Perpustakaan merupakan pusat informasi dan sumber belajar yang penting dalam mendukung kegiatan akademik dan peningkatan literasi masyarakat. Manajemen perpustakaan yang baik menjadi kunci dalam meningkatkan mutu layanan kepada pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen perpustakaan di Perpustakaan SDN Jati dan dampaknya terhadap peningkatan mutu layanan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen meliputi perencanaan layanan, pengorganisasian SDM, pengadaan koleksi, dan pemanfaatan teknologi digital telah berdampak positif terhadap peningkatan kepuasan pengguna. Dengan manajemen yang terstruktur dan adaptif, Perpustakaan SDN Jati mampu menghadirkan layanan yang lebih efektif dan efisien.

Author Biography

  • Nanda Puspita, STAIMA Aly Hikam Malang

    pustakawan

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penerapan Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Perpustakaan SDN Jati: Implementation of Library Management in Improving Service Quality at the Jati Elementary School Library. (2025). Libratech: Library Archives and Technology, 1(1), 49-70. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/libratech/article/view/3931