Pemberdayaan Literasi Masyarakat Desa Melalui Sinergi Pustakawan Perguruan Tinggi dan Taman Baca Masyarakat
Empowering Village Community Literacy Through Synergy Between University Librarians and Community Reading Parks
Keywords:
Kecerdasan Buatan, Literasi Digital, Literasi Masyarakat, Pustakawan Perguruan Tinggi , Taman Baca MasyarakatAbstract
Penelitian ini mengkaji pemberdayaan literasi masyarakat desa melalui sinergi antara pustakawan perguruan tinggi dan Taman Baca Masyarakat (TBM) Saudara Pustaka di Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kondisi masyarakat pedesaan yang masih menghadapi keterbatasan infrastruktur pendidikan, rendahnya literasi digital, minimnya budaya baca, serta ketimpangan akses terhadap sumber daya informasi. Tantangan tersebut semakin relevan di tengah pesatnya perkembangan teknologi, khususnya kecerdasan buatan (AI), yang menuntut keterampilan literasi baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model kolaborasi pustakawan perguruan tinggi dan komunitas lokal dalam membangun ekosistem literasi berbasis komunitas yang inklusif, partisipatif, dan berkelanjutan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi program TBM meliputi: bimbingan belajar, program satu minggu satu cerita dengan bahan bacaan bermutu, kelas literasi digital dasar, kelas tematik, pelestarian budaya lokal, serta pelibatan generasi muda sebagai relawan literasi. Program-program ini terbukti mendukung pengelolaan TBM sekaligus meningkatkan minat baca, kesadaran literasi digital, serta keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi secara kontekstual. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa sinergi pustakawan perguruan tinggi dan TBM dengan dukungan teknologi AI mampu mentransformasi ruang baca desa menjadi pusat pembelajaran masyarakat yang adaptif di era digital. Model ini berpotensi direplikasi di wilayah lain dengan penguatan jejaring kolaborasi perguruan tinggi, komunitas, dan dukungan institusional berkelanjutan. Temuan ini menegaskan peran pustakawan akademik sebagai agen perubahan dalam pemberdayaan literasi pedesaan di Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Nanda Puspita, Penerapan Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Perpustakaan SDN Jati , Libratech: Library Archives and Technology: Vol. 1 No. 1 (2025): edisi juni
- Lailatul Qodariyah, Media Digital dan Pelestarian Informasi Untuk Menjamin Akses Informasi di Era Teknologi , Libratech: Library Archives and Technology: Vol. 1 No. 1 (2025): edisi juni
- Sabila Rahmatika, Ahmad Kahar, Dari Rak Ke Cloud: Evolusi Manajemen Perpustakaan Dalam Mendukung Akses Pengetahuan , Libratech: Library Archives and Technology: Vol. 1 No. 1 (2025): edisi juni
- Bondan Endriawan, Setiawan, Merry Chinthia, Peran Konservasi dan Preservasi Media Informasi Dalam Pelestarian Naskah Kuno: Strategi dan Tantangan , Libratech: Library Archives and Technology: Vol. 1 No. 1 (2025): edisi juni
You may also start an advanced similarity search for this article.