KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MTsN 3 ACEH UTARA

DOI:

https://doi.org/10.32478/leadership.v5.2359

Authors

  • azhari 12 pascasarjana IAIN lhokseumawe -  Indonesia
  • Fauzan Ahmad Siregar UIN KH. Achmad Siddiq, Jember, Jawa Timur -  Indonesia

Abstract

The era of decentralization is a time of change that will provide a great opportunity for leaders to be able to develop their leadership values. The purpose of this study was to analyze the description of the reality of the research target regarding the transfromational leadership of the principal in shaping student character at MTsN 3 North Aceh. The method used in this research is a qualitative method based on the philosophy of positivism. The data analysis process that the author uses in this research is descriptive analysis technique. The results showed that transformational leadership in shaping student character at MTsN 3 North Aceh is the leadership of principals who can inspire their followers (teachers and students), namely to convey their interests for the good of MTsN 3 North Aceh in order to be able to have an extraordinary influence and can improve the quality of learning, and achieve long-term success at MTsN 3 North Aceh. The impact of transformational leadership in student character building where students are motivated, feel valued, and internalize discipline, responsibility, and integrity. They develop leadership, creativity, and social concern, which improves academic and non-academic achievement.

Keywords: Transfromational Leadership, Principal, Student Character.

 

Abstrak

Era desentralisasi merupakan masa perubahan yang akan memberikan suatu peluang yang besar kepada para pimpinan untuk dapat mengembangkan tentang nilai kepemimpinannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganlisis tentang gambaran mengenai realita sasaran penelitian mengenai kepemimpinan transfromasional kepala sekolah dalam membentuk krakter siswa pada MTsN  3 Aceh Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang berlandaskan pada filsafat positifisme. Proses analisis data yang penulis gunakan dalam penelitan ini teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan transformasional dalam membentuk karakter siswa di MTsN  3 Aceh Utara adalah kepemimpinan kepala sekolah yang dapat menginspirasi para pengikutnya (guru dan siswa) yaitu untuk menyampaikan kepentingannya demi kebaikan MTsN 3 Aceh Utara agar mampu memiliki pengaruh yang luar biasa dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, dan mencapai keberhasilan jangka panjang pada MTsN 3 Aceh Utara. Dampak kepemimpinan transformasional dalam pembentukan karakter siswa dimana siswa termotivasi, merasa dihargai, dan menginternalisasi disiplin, tanggung jawab, dan integritas. Mereka mengembangkan kepemimpinan, kreativitas, dan kepedulian sosial, yang meningkatkan prestasi akademik dan nonakademik.

Kata Kunci: Kepemimpinan Transfromasional, Kepala Sekolah, Karakter Siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-10-20

How to Cite

KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MTsN 3 ACEH UTARA. (2024). Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), 45-53. https://doi.org/10.32478/leadership.v5.2359