STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN

DOI:

https://doi.org/10.32478/leadership.v5.2433

Authors

  • Femi Sri Wahyuni UIN Sunan Gunung Djati Bandung -  Indonesia
  • Mulyawan Safwandy Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung -  Indonesia

Abstract

Abstract

The madrasah head as a leader is required to have a strategy in managing the teachers and education staff he has to maintain the quality of education provided to students. This strategy is very necessary to carry out the head's function as a leader, starting from planning to supervision. The leadership strategy at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 West Bandung is based on the Education Unit Accreditation Instrument, always related to the policies of the agency that oversees it, namely the West Bandung Regency Ministry of Religion Office. Planning. At the beginning of the school year, all planning must be a guide and governance used by teachers and education staff so that they can carry out work activities easily, effectively and efficiently in the madrasah. Meanwhile, budget planning must be able to accommodate all management needs in the madrasah, so that all activities can run as planned. At this stage, the head of the madrasah plans the distribution of assignments for teachers and education staff according to competency with clear job descriptions. Procurement. To obtain qualified teaching staff and meet the number that meets needs, employee procurement or employee recruitment activities are needed. Recruitment activities are carried out conditionally without a specific date.

Keywords: The madrasa head; Planning; Procurement.

 

Abstrak

Kepala madrasah sebagai seorang pemimpin diharuskan memiliki strategi dalam mengelola guru dan tenaga kependidikan yang dimiliki untuk menjaga kualitas pendidikan yang diberikan kepada peserta didik. Strategi tersebut sangat diperlukan untuk menjalankan fungsi kepala sebagai seorang pemimpin, dimulai dari perencanaan sampai dengan pengawasan. Strategi kepemimpinan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandung Barat berdasarkan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan, selalu berhubungan dengan kebijakan instansi yang menaunginya yaitu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat. Perencanaan. Pada awal tahun pelajaran semua perencanaan harus bisa menjadi panduan dan tata kelola yang digunakan oleh guru dan tenaga kependidikan agar dapat melakulkan aktivitas kerja dengan mudah, efektif dan efisien di madrasah. Sedangkan perencanaan anggaran harus bisa mengakomodir segala keperluan pengelolaan di madrasah, agar semua kegiatannya dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Pada tahap ini juga, kepala madrasah merencakan pembagian penugasan guru dan tenaga kependidikan sesuai kompetensi dengan uraian tugas yang jelas. Pengadaan. Untuk memperoleh tenaga pendidik yang berkualitas dan memenuhi jumlah yang sesuai dengan kebutuhan maka dibutuhkan kegiatan pengadaan pegawai atau rekruitmen pegawai. Kegiatan rekruitmen dilakulkan secara kondisional tanpa tanggal tertentu.

Kata Kunci: Kepala Madrasah; Perencanaan; Pengadaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-10-20

How to Cite

STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN. (2024). Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), 31-44. https://doi.org/10.32478/leadership.v5.2433