Pendampingan Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan bagi Pelajar Melalui Pengelolaan Sampah

DOI:

https://doi.org/10.32478/cdasp425

Authors

  • Rido Kurnianto Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Nurul Iman Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Katni Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Keywords:

Caracter, Caring for the Environment, Waste Management

Abstract

Abstract

The indifferent attitude of elementary school age children towards the surrounding environment due to their tendency to play gadgets and online games requires efforts to cultivate environmentally caring characters by utilizing waste management programs from an economic and educational perspective. This program aims to overcome the problems of target partners, namely: diverting non-productive activities into positive and productive activities by honing children's sensitivity to the surrounding environment; as well as increasing the work ethic and enthusiasm for learning of 30 children who are members of the waste soldiers. The method used in this program is empowering the target community through intensive assistance in the form of work ethic development and tutoring through study houses and literacy corners. Work ethic development is carried out through instilling the values ​​of discipline and a culture of hard work through class explanations and socialization. Meanwhile, increasing the target partner's enthusiasm for learning is carried out through guidance and additional lessons at home. Coaching and learning activities are guided by coaching and learning modules that have been previously designed by the service team.

Keywords: Character, Environment, Garbage, Early Age.

Abstrak

Sikap acuh anak usia sekolah dasar terhadap lingkungan sekitarnya yang disebabkan kecenderungan bermain gadget dan game online memerlukan usaha dalam penanaman karakter peduli lingkungan dengan memanfaatkan program pengelolaan sampah perspektif ekonomi dan edukasi. Program ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan mitra sasaran, yakni: mengalihkan kegiatan non produktif menjadi kegiatan positif dan produktif dengan mengasah sensitifitas anak terhadap lingkungan sekitar; serta meningkatkan etos kerja dan semangat belajar 30 anak yang tergabung dalam prajurit sampah. Metode yang dipergunakan dalam program ini adalah pemberdayaan masyarakat sasaran melalui pendampingan intensif dalam bentuk pembinaan etos kerja dan bimbingan belajar melalui rumah belajar serta pojok literasi. Pembinaan etos kerja dilakukan melalui penanaman nilai-nilai disiplin dan budaya kerja keras melalui penjelasan dan sosialisasi kelas. Sedangkan peningkatan semangat belajar mitra sasaran dilakukan melalui bimbingan dan tambahan pelajaran di rumah belajar yang dikondisikan. Kegiatan pembinaan dan pembelajaran dipandu dengan modul pembinaan dan pembelajaran yang telah didesain sebelumnya oleh tim pengabdian.

Kata Kunci: Karakter, Lingkungan, Sampah, Usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiarto, Gema. “Indonesia Dalam Pusaran Globalisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral Dan Karakter.” Urnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo 13, no. 2 (2020): 50–56.

Erwahyudin, Devid Dwi, Katni Katni, and Adib Khusnul Rois. “Pendampingan Dakwah Digital Muhammadiyah Ngrayun Timur.” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 3 (2023): 5953–57.

Fikriyah;, Samrotul Mayasari A, Ulfah Ulafah; Arifudin O. “Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying.” Jurnal Tahsinia 3, no. 1 (2022): 11–19.

Harini;, NoorSuhariyanto, D., Indriyani, I., Novaria, N., Santoso, A. “Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Perekonomian Desa.” Journal of Community Research and Engagement 4, no. 2 (2023): 363–75.

Hasanah, Wakhidul; Samad Umarela; Ainun Diana Lating. “Peranan Remaja Masjid Ar-Rahman Dalam Pembentukan Karakter Remaja Yang Religius Di Desa Waekasar Kecamatan Waeapo Kabupaten Buru.” Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 1, no. 1 (2019): 57–73.

Ilahi, Rahmad; Muhammad Nazir Putra; and Abdul Munip. “No Title.” Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Displin 7, no. 2 (2022): 2162–72.

Kurnianto, Rido. “Pembelajaran Agama Islam Berbasis Budaya Lokal (Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Seni Reyog Ponorogo).” In Seminar Nasional Pendidikan, 862–75, 2019.

Laksana, Katni; Sigit Dwi. “Model Manajemen Pendidikan Adab Anak Usia Pendidikan Dasar DI MIN Demangan Madiun Jawa Timur Indonesia.” MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 6, no. 2 (2020): 117–29.

Marta, Mardiah;Mapratilora. “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an Dan Hadits.” Urnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2021): 108–30.

Nahdiyah, Dini, Silvia Yuniar Wati, Kaulia Taqwa, Firdausi Nuzula, Sofia Sasa Bella Aprilia, and Askhabul Kirom. “Pemberdayaan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Program Tadabur Alam Pada Siswa Madrasah Aliyah (Ma) Ma’Arif Durensewu Pandaan.” Ngabekti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2023): 159–71. https://doi.org/10.32478/ngabekti.v1i2.2066.

Nurul Iman, Katni, Edi Kurniawan. “INTERNET SEHAT BAGI SANTRI (Studi Pendampingan Internet Bagi Panti Asuhan Di Kabupaten Ponorogo).” Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman 4, no. 2 (2016): 38–52.

Nurul Iman, Rido Kurnianto, Katni. “Pendampingan Muadzin Masjid Dan Mushalla Muhammadiyah Ponorogo‎.” Ponorogo, 2021.

Nurullita, U., Wardani, R. S., Meikawati, W., Anjani, R., Alri, S. R. D., & Sulistyawati, A. A. “Penyuluhan Bahaya Kesehatan Akibat Gadget Pada Anak Dan Remaja Di Wilayah Kelurahan Purwosari Kota Semarang.” Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK) 5, no. 2 (2023): 396–403.

Panji, A. L., Afendi, A. R., Ramli, A., Sudadi, S., & Mubarak, A. “Pendidikan Islam Dengan Penanaman Nilai Budaya Islami.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 6, no. 1 (2023): 9–21.

Riyantoni, Cicyn; Arip Nurrahman. “Analisis Tingkat Hubungan Karakter Jujur Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu.” Jurnal Pendidikan Edutama 7, no. 2 (2020): 1–8.

Rosarian, Ananda Wini, and Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro. “Upaya Guru Dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain [Teacher’s Efforts in Building Student Interaction Using a Game Based Learning Method].” JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education 3, no. 2 (2020): 146–63.

Safitri, Nuraini. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Bidadari Bumi 9 Kisah Wanita Sholehah.” Jurnal Penelitian Pendidikan 38, no. 2 (2021): 65–69.

Zainuddin. “Konsep Pendidikan Budi Pekerti Perspektif Ki Hadjar Dewantara.” KABILAH: Journal of Social Community 6, no. 1 (2021): 8–28.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Pendampingan Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan bagi Pelajar Melalui Pengelolaan Sampah. (2024). Ngabekti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 33-44. https://doi.org/10.32478/cdasp425

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.