Pendampingan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Strategi Lu’batud Dzakirah

DOI:

https://doi.org/10.32478/dchp6k76

Authors

  • Elok Rufaiqoh Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember -  Indonesia
  • Hasyim Asy’ari Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember -  Indonesia
  • Muhammad Ainul Yaqin Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember -  Indonesia
  • Fathor Rahman Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember -  Indonesia
  • Siti Nur Halizah Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember -  Indonesia

Keywords:

Arabic Language Teacher, Strategy Lu'batud Dzakiroh, Maharah Kalam

Abstract

Abstract

This assistance aims to develop the assets of the Baitur Rahman Bitting-Arjasa-Jember Al-Quran Education Park (TPQ) community in the quality aspect of Human Resources (HR), namely teachers in creating effective, innovative, and enjoyable Arabic language learning. This empowerment process uses the Asset Basic Community Development (ABCD) approach. The results of the mentoring show that the empowerment of TPQ Baitur Rahman teachers will not be successful if there is no cooperation and active participation from the mentoring subjects and all assets related to TPQ Baitur Rahman; the implementation of empowerment runs optimally because this empowerment results in the development of the quality of TPQ Baitur Rahman teachers in implementing the lu'batud dzakirah strategy to increase maharah kalam which is very necessary for improving learning processes and outcomes in the community; The application of this strategy familiarizes students with listening and practicing speaking using Arabic so that effective, efficient and enjoyable Arabic language learning can be created.

Keywords: Arabic Language Teacher, Strategy Lu'batud Dzakiroh, Maharah Kalam.

Abstrak

Pendampingan ini bertujuan untuk mengembangkan asset komunitas Taman Pendidikan al-Quran (TPQ) Baitur Rahman Bitting-Arjasa-Jember pada aspek kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu Guru dalam menciptakan pembelajaran bahasa Arab yang efektif, inovatif, dan menyenangkan. Proses pemberdayaan ini menggunakan pendekatan Asset Basic Commninty Development (ABCD). Hasil pendampingan menunjukkan bahwa pemberdayaan guru-guru TPQ Baitur Rahman tidak akan berhasil jika tidak ada kerjasama dan partisipasi aktif dari subjek pendampingan dan seluruh aset yang berkaitan dengan TPQ Baitur Rahman; pelaksanaan pemberdayaan berjalan dengan optimal karena pemberdayaan ini menghasilkan pengembangan kualitas guru-guru TPQ Baitur Rahman dalam menerapkan strategi lu’batud dzakirah untuk meningkatkan maharah kalam yang sangat diperlukan dalam peningkatan proses dan hasil belajar di komunitas tersebut; penerapan strategi ini membiasakan siswa untuk mendengarkan dan praktek berbicara dengan menggunakan Bahasa Arab, sehingga dapat tercipta pembelajaran Bahasa Arab yang efektif, efisien, dan menyenangkan.

Kata Kunci: Guru Bahasa Arab, Strategi Lu’batud Dzakiroh, Maharah Kalam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, Nurul. Buku Pedoman Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Berbasis Asset Based Community Development (ABCD). jember: LP3M Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember, 2020.

Arsyad, Azhar. Metode Pembelajaran Bahasa Asing. Ujung Pandang: Yayasan Ahkam, 1998.

Islamiyati, Dian, dan farikh marzuki ammar. “Challenges and Solutions in Maharah Kalam Learning: A Qualitative Study in an Islamic Junior High School in Sidoarjo, Indonesia.” Indonesian Journal of Islamic Studies 11, no. 2 (2023). https://ijis.umsida.ac.id/index.php/ijis/article/view/1662/1959?download=pdf.

Kholison, Mohammad dan Risma Fahrul Amin. Aneka Permainan Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Dan Bahasa Arab. Malang: Lisan Arabi, 2018.

Nurlaila. “Maharah Kalam Dan Problematika Pembelajarannya.” Al-Af’idah 4, no. 2 (2020). https://www.researchgate.net/publication/370502988_MAHARAH_KALAM_DAN_PROBLEMATIKA_PEMBELAJARANNYA/fulltext/6453b056809a53502149a54c/MAHARAH-KALAM-DAN-PROBLEMATIKA-PEMBELAJARANNYA.pdf.

Parihin. “Penggunaan Metode Permainan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Partisipasi Siswa Kelas XI MQNH Putri.” Jurnal Matluba 1, no. 2 (2023). https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/matluba.

Ramadhan. “Wawancara,” n.d.

Rochmawan, Muhammad Rizky. “Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Permainan Untuk Anak Usia Dini: Studi Literatur.” Sentra Cendekia 4, no. 2 (2023): 100–108. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/sc.

“SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 3091 Tahun 2020 Tentang Paradigma Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2020.” 2020.

Yusuf, Tayar dan syaiful anwar. Metodologi Pengajaran Agama Dan Bahasa Arab. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Pendampingan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Strategi Lu’batud Dzakirah. (2024). Ngabekti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 115-126. https://doi.org/10.32478/dchp6k76