Transformasi Pembelajaran PAUD Melalui Seni: Membangun Kreativitas dan Ekspresi Anak dengan Pendekatan Inovatif

DOI:

https://doi.org/10.32478/sb9sre57

Authors

  • Ulya Ainur Rofi’ah IAINU TUBAN -  Indonesia
  • Malikatus Sholiha IAINU Tuban -  Indonesia
  • Ummidlatus Salamah IAINU Tuban -  Indonesia
  • Hibrul Umam IAINU Tuban -  Indonesia
  • Emi Fahrudi IAINU Tuban -  Indonesia
  • Ninik Hidayati IAINU Tuban -  Indonesia
  • Ahmad Ainun Najib IAINU Tuban -  Indonesia
  • Moh. Mundzir IAINU Tuban -  Indonesia

Keywords:

arts-based learning, creativity, developmental theory

Abstract

Abstract

This study aims to evaluate the impact of implementing art-based learning at RA Hidayatul Islamiyah Tuban through a community service program. The results show positive changes in teaching methods, children's engagement, teacher readiness, and the support of parents and the community. Initially conventional, the learning approach has become more interactive through the integration of art, such as storytelling with illustrations, collage art, music, and role-playing, which promote children's creative expression and social interaction. Teacher training enhanced their ability to integrate art into the curriculum, while outreach efforts to parents strengthened their participation in supporting children's artistic activities. Theoretically, this approach aligns with the developmental theories of Piaget, Vygotsky, and Erikson, as well as the principles of Montessori and Reggio Emilia, which emphasize independent exploration and the documentation of learning processes. Therefore, this study concludes that art-based learning contributes positively to early childhood development and should be sustainably implemented in the early childhood education curriculum.

Keywords: arts-based learning, creativity, developmental theory.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak implementasi pembelajaran berbasis seni di RA Hidayatul Islamiyah Tuban melalui program pengabdian masyarakat, dengan hasil yang menunjukkan perubahan positif dalam metode pembelajaran, keterlibatan anak, kesiapan guru, serta dukungan orang tua dan masyarakat. Pembelajaran yang semula konvensional kini menjadi lebih interaktif melalui penerapan seni, seperti storytelling dengan ilustrasi, seni kolase, musik, dan permainan peran, yang mendorong ekspresi kreatif serta interaksi sosial anak. Pelatihan bagi guru meningkatkan kemampuan mereka dalam mengintegrasikan seni ke dalam kurikulum, sementara sosialisasi kepada orang tua memperkuat partisipasi mereka dalam mendukung aktivitas seni anak. Secara teoritis, pendekatan ini sejalan dengan teori perkembangan Piaget, Vygotsky, dan Erikson, serta prinsip Montessori dan Reggio Emilia, yang menekankan eksplorasi mandiri dan dokumentasi proses belajar. Dengan demikian, penelitian ini menemukan bahwa pembelajaran berbasis seni berkontribusi positif terhadap perkembangan anak usia dini dan perlu diimplementasikan secara berkelanjutan dalam kurikulum PAUD.

Kata Kunci: pembelajaran berbasis seni, kreativitas, teori perkembangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrar, Mukhlash, Mayasari Mayasari, Failasofah Failasofah, Delita Sartika, And Reli Handayani. “Pelatihan Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Model Synectics Pada Siswa Sman 6 Betara Tanjung Jabung Barat.” Swarna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, No. 11 (November 6, 2024): 770–84.

Adam, Gervasius, Stevanus Divan, And Emila Graciela Mega Taran. “Analisis Prioritas Stimulasi Motorik Halus Dan Kasar Dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Penyebab Dan Implikasi.” Jupeis : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, No. 4 (November 30, 2024): 34–43. Https://Doi.Org/10.57218/Jupeis.Vol3.Iss4.1192.

Ah, Nurkamelia Mukhtar. “Penggunaan Alat Permainan Edukatif Dalam Menstimulasi Perkembangan Fisik-Motorik Anak Usia Dini.” Seling: Jurnal Program Studi Pgra 4, No. 2 (July 30, 2018): 125–38. Https://Doi.Org/10.29062/Seling.V4i2.301.

Faishol, Riza, Fathi Hidayah, Anis Fauzi, Imam Mashuri, Nasrodin, And M. Mutamakin. “Penguatan Kompetensi Guru Melalui Workshop Desain Pembelajaran Dan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Kurikulum Merdeka.” Ngabekti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, No. 2 (August 30, 2024): 101–14. Https://Doi.Org/10.32478/K87kj684.

Hasanah, Uswatun. “Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak (Website Ini Sudah Bermigrasi Ke Website Yang Baru ==> Https://Journal.Uny.Ac.Id/V3/Jpa) 5, No. 1 (June 19, 2016). Https://Doi.Org/10.21831/Jpa.V5i1.12368.

Maemonah, Maemonah, And Putri Indah Lestari. “Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Fredwrich Wilhelm Froebel.” Generasi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, No. 01 (May 23, 2023): 23–47. Https://Doi.Org/10.59784/Generasi.V1i01.4.

Nuraeni, Nuraeni. “Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Paedagogy 3, No. 2 (October 20, 2020): 65–73. Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V3i2.3039.

Nurhalimah, Evi, And Moh Amiruddin. “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Online Bagi Guru Tk/Ra.” Ngabekti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, No. 2 (August 30, 2024): 127–35. Https://Doi.Org/10.32478/6z4s7a84.

Qomarudin, A., And M. Farid Dzulkirom. “Pendampingan Pembelajaran Wudhu Dan Shalat Pada Peserta Didik Kelas 5 Dan 6 Di Madrasah Diniyah Nurudh Dholam Kraton Pasuruan.” Ngabekti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, No. 1 (June 21, 2023): 1–12. Https://Doi.Org/10.32478/Ngabekti.V1i1.1931.

Rofi’ah, Ulya Ainur, Kholifaturrohmah Kholifaturrohmah, And Titik Mariyani. “Implementasi Media Permainan Ular Tangga Raksasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Pada Anak Di Era Society 5.0.” Golden Childhood Education Journal (Gcej) 5, No. 2 (2024): 34–43. https://Doi.Org/10.55719/Gcej.V5i2.1481.

Rofi’ah, Ulya Ainur, And Aisyah Amatul Qayyum. “Teknik Mozaik Sebagai Metode Stimulasi Motorik Halus Anak Di Ra Yanbu’ul Ulum.” Golden Childhood Education Journal (Gcej) 5, No. 2 (October 31, 2024): 17–22. Https://Doi.Org/10.55719/Gcej.V5i2.1477.

Rofi’ah, Ulya Ainur, Dewi Safitri, And Nur Khotimah. “Implementasi Kegiatan Menggambar Dekoratif Dalam Mengembangkan Kreativitas Aud.” Alzam: Journal Of Islamic Early Childhood Education 4, No. 2 (2024): 19–25.

Sholihah, Malikatus, Hanifa Hafiza, Ummidlatus Salamah, And Ulya Ainur Rofi’ah. “Pendampingan Outbound Fun Kids: Membangun Kasih Sayang Bersama Anak Dan Orang Tua.” Ngabekti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, No. 2 (2024): 168–76.

Sholihah, Malikatus, Ulya Ainur Rofi’ah, And Kholifaharurrohmah Kholifaharurrohmah. “The Impact Of Gadget Consumption Patterns On Early Childhood Social Interaction In Era 5.0.” Magister Scientiae 52, No. 2 (October 31, 2024): 157–62. Https://Doi.Org/10.33508/Mgs.V52i2.5920.

Sustiawati, Ni Luh, Ni Ketut Suryatini, And Anak Agung Ayu Mayun Artati. “Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Tari Di Sekolah Dasar Berbasis Localgenius Knowledge Berpendekatan Integrated Learning.” Mudra Jurnal Seni Budaya 33, No. 1 (March 6, 2018): 128–43. Https://Doi.Org/10.31091/Mudra.V33i1.322.

Yayuk, Erna, Arina Restian, And Dyah Worowitastri Ekowati. “Literasi Numerasi Dalam Kerangka Kurikulum Merdeka Berbasis Art Education.” International Journal Of Community Service Learning 7, No. 2 (June 27, 2023): 228–38. Https://Doi.Org/10.23887/Ijcsl.V7i2.56278.

Yuliana, Yuliana, Jusnidar Jusnidar, Riska Aulia Sartika, Nur Rachmi Idris, And Nur Adillah Safirah. “Dampak Model Reggio Emilia Pada Perkembangan Imajinasi Dan Kreativitas Anak.” Jupeis : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, No. 3 (July 31, 2024): 136–49. Https://Doi.Org/10.57218/Jupeis.Vol3.Iss3.1155.

Zannatunnisya, Zannatunnisya, Abdi Syahrial Harahap, Asmidar Parapat, And Almanah Rambe. “Efektivitas Internaliasi Nilai Spiritual Melalui Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Di Paud Ummul Habibah, Kecamatan Hamparan Perak.” Jim: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah 9, No. 4 (November 23, 2024): 624–34. Https://Doi.Org/10.24815/Jimps.V9i4.32931.

Downloads

Published

2025-06-06

How to Cite

Transformasi Pembelajaran PAUD Melalui Seni: Membangun Kreativitas dan Ekspresi Anak dengan Pendekatan Inovatif. (2025). Ngabekti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 14-26. https://doi.org/10.32478/sb9sre57

Similar Articles

1-10 of 30

You may also start an advanced similarity search for this article.