Penguatan Kompetensi Guru Melalui Workshop Desain Pembelajaran dan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Kurikulum Merdeka

DOI:

https://doi.org/10.32478/k87kj684

Authors

  • Riza Faishol Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi -  Indonesia
  • Fathi Hidayah Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi -  Indonesia
  • Anis Fauzi Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi -  Indonesia
  • Imam Mashuri Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi -  Indonesia
  • Nasrodin Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi -  Indonesia
  • M. Mutamakin Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi -  Indonesia

Keywords:

Teacher Competency, Lesson Design, Scientific Article Writing, Merdeka Curriculum, Professional Development

Abstract

Abstract

This community service project focused on enhancing teachers' competencies through a workshop on lesson design and scientific article writing based on the Merdeka Curriculum. The objectives were to improve the teachers' ability to create differentiated learning designs and write structured scientific articles. The method used was a service-learning approach involving a series of workshops and follow-up mentoring. The results indicated a significant increase in participants' understanding and ability to implement the Merdeka Curriculum and produce scientific articles. The project contributed positively to the professional development of teachers, particularly in educational design and academic writing.

Keywords: Teacher Competency, Lesson Design, Scientific Article Writing, Merdeka Curriculum, Professional Development.

Abstrak

Proyek pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada peningkatan kompetensi guru melalui workshop tentang perancangan pembelajaran dan penulisan artikel ilmiah berbasis Kurikulum Merdeka. Tujuan dari proyek ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat desain pembelajaran yang terfokus dan menulis artikel ilmiah yang terstruktur. Metode yang digunakan adalah pendekatan service-learning yang melibatkan serangkaian workshop dan pendampingan lanjutan. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan kemampuan peserta untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka serta menghasilkan artikel ilmiah. Proyek ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan profesional guru, khususnya dalam desain pendidikan dan penulisan artikel ilmiah.

Kata kunci: Kompetensi Guru, Desain Pembelajaran, Penulisan Artikel Ilmiah, Kurikulum Merdeka, Pengembangan Profesional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albarracin, Melanie Remando, D. Froilan, and Cutillas. Mobo., Anesito, L. “Pedagogical Competence Towards Technology-Driven Instruction on Basic Education.” International Journal of Multidisciplinary 4, no. 5 (2024): 1567–80. https://doi.org/10.11594/ijmaber.04.05.18.

Andini, Deasy May. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru Kelas X Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Di SMK Swasta Se-Cimahi Utara,” October 27, 2017. http://repository.upi.edu.

Cholilah, Mulik, Anggi Gratia Putri Tatuwo, Shinta Prima Rosdiana, and Achmad Noor Fatirul. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 1, no. 02 (2023): 56–67.

Chomsiyah, Faila. “PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MI ABU DARRIN KENDAL BOJONEGORO.” Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, 2023.

Darllis, Neneng, Farida F, and Yalvema Miaz. “Pengembangan Desain Pembelajaran Model Assure Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Komik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 1 (December 30, 2021): 334–42. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I1.689.

Faiz, Aiman, Anis Pratama, and Imas Kurniawaty. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (2022): 2846–53.

Halim, Abdul, Laili Savitri Noor, I Putu Agus Dharma Hita, Anggoro Dwi Cahyo, Andriya Risdwiyanto, and Jepri Utomo. “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani.” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 2 (2023): 1601–6.

Hariri, Hasan, Mohamad Thobi, Sowiyah Sowiyah, and Riswandi Riswandi. “The Effect of Teacher Professional Competence on Education Quality: A Literature Review.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 8, no. 1 (2024): 154–58. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.6051.

Iskandar, Rozi, and Farida F. “Implementasi Model ASSURE Untuk Mengembangkan Desain Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (August 16, 2020): 1052–65. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.468.

Jihad, Asep. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global. Penerbit Erlangga, 2013.

Mariscal, Liza L., Melanie R. Albarracin, Froilan D. Mobo, and Anesito L. Cutillas. “Pedagogical Competence Towards Technology-Driven Instruction on Basic Education.” International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research 4, no. 5 (2023): 1567–80. https://doi.org/10.11594/ijmaber.04.05.18.

Mustaffa, Roshida Binti, and Salleh Bin Abd Rashid. “Competence of Teachers in Teaching and Learning of Social Science Teachers in School Towards the Improvement of Teacher Professionalism.” Russian Law Journal 11, no. 4s (2023): 74–85. https://doi.org/10.52783/rlj.v11i4s.805.

Ningsih, Sri Yunimar, and Nurhafizah Nurhafizah. “Konsep Kompetensi Pedagogik Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD.” Jurnal Pendidikan Tambusai 3, no. 1 (2019): 694–703.

Nurhamidah, Ilin. “Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Karakteristik Peserta Didik.” Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS 3, no. 1 (2018): 27–38.

Pimenta, Maria Alzira de Almeida. “Competence of the Modern Educator: In Search of Finding Values (Brazilian Case).” Education and Self Development 18, no. 3 (September 30, 2023): 92–99. https://doi.org/10.26907/ESD.18.3.06.

Rahmayani, Sitti, Jumrah Jumrah, Andi Kamal Ahmad, and Ayu Zulpiah Sulaiman. “Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa.” Jurnal Pendidikan Mipa 12, no. 4 (2022): 1259–65.

Suhardi, Muhamad, and I Made Sonny Gunawan. “Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru Di Indonesia.” COMMUNITY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2021): 67–73.

Sutrisno, Lucky Taufik, Tatang Muhtar, and Yusuf Tri Herlambang. “Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan Untuk Kemerdekaan.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 7, no. 2 (2023).

Suwandi, Monica Febriana, and Carolina Lita Permatasari. “Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar.” Jurnal Ekonomi & Pendidikan 18, no. 1 (2021): 76–94.

Tomlinson, Carol A. How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Ascd, 2001.

Tulak, Aril Maryogi, Dina Gasong, and Anastasia Baan. “Efektivitas Kompetensi Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 1 Sopai.” Indonesian Research Journal on Education 4, no. 3 (2024): 832–39.

Udil, Patrisius Afrisno. “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Untuk Publikasi Pada Jurnal IIlmiah.” Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (June 13, 2021): 21–27. https://doi.org/10.47747/PENGABDIANKEPADAMASYARAKAT.V2I1.257.

Wijaya, Iwan. Professional Teacher: Menjadi Guru Profesional. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Yulianti, Upit, J Julia, and Melly Febriani. “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pada Pelaksanaan Blended Learning.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (2022): 1570–83.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Penguatan Kompetensi Guru Melalui Workshop Desain Pembelajaran dan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Kurikulum Merdeka. (2024). Ngabekti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 101-114. https://doi.org/10.32478/k87kj684

Similar Articles

1-10 of 15

You may also start an advanced similarity search for this article.