Pelatihan Teknik Khitobah Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Al-Hamidy Banyuanyar Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.32478/f4pmag63

Authors

  • Mohammad Fauzi Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Al-Hamidy Pamekasan -  Indonesia
  • Subairi Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Al-Hamidy Pamekasan -  Indonesia
  • Adib Ibrohimi Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Al-Hamidy Pamekasan -  Indonesia
  • Hairul Imam Mustafa Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Al-Hamidy Pamekasan -  Indonesia

Keywords:

Arabic Sermons, Students

Abstract

Abstract

This community service aims to improve the skills of students of Madrasah Aliyah Al-Hamidy Banyuanyar Pamekasan in composing and delivering Arabic sermons, as well as encouraging social change among students. The main focus of this service is improving public speaking skills and delivering da'wah messages effectively. The method used in this service is service learning by applying the scientific field of Arabic language sermon techniques based on practice, which involves sermon simulations and group discussions to improve students' speaking techniques. The results of this service show an increase in students' speaking skills, as well as the emergence of social awareness and local leaders who are active in da'wah. In addition, discussion groups were created based on da'wah practices and sharing knowledge. This service concludes that the development of practice-based speaking skills can improve students' da'wah abilities, while active participation encourages positive social change in the madrasah environment and society.

Keywords: Arabic Sermons, Students

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan murid Madrasah Aliyah Al-Hamidy Banyuanyar Pamekasan dalam menyusun dan menyampaikan khutbah Bahasa Arab, serta mendorong perubahan sosial di kalangan murid. Fokus utama pengabdian ini adalah peningkatan kemampuan berbicara di depan umum dan penyampaian pesan dakwah secara efektif. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah service learning dengan menerapkan bidang keilmuan teknik khitobah bahasa arab berbasis praktik, yang melibatkan simulasi khutbah dan diskusi kelompok untuk memperbaiki teknik berbicara murid. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara murid, serta munculnya kesadaran sosial dan pemimpin lokal yang aktif dalam dakwah. Selain itu, tercipta kelompok-kelompok diskusi yang berbasis pada praktek dakwah dan berbagi ilmu. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah bahwa pengembangan keterampilan berbicara berbasis praktik dapat meningkatkan kemampuan dakwah murid, sementara partisipasi aktif mendorong perubahan sosial positif di lingkungan madrasah dan masyarakat.

Kata Kunci: Khitobah Bahasa Arab, Murid

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. (2023). Menumbuhkan Kemandirian Belajar Bahasa Arab Remaja: Pendampingan Komunitas Rohis SMA di Pacitan dalam Pembelajaran Kolaboratif. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3627-3643.

Ahmadi, F., & Rohimah, S. (2024). Implementasi Kegiatan Khitobah untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Tanggung Jawab di MAN 2 Karanganyar. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 6(2), 331-341.

Bass, BM. (1990). Bass and Stogdil’s Handbook of Leadership. New York: Free Pers.

DUDANG, D. A. K., & Ibad, K. (2024). Penerapan Metode Mubasyarah dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. IJNU: Indonesian Journal of Nahdlatul Ulama, 2(1), 23-34.

Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching. London: Pearson Education Limited.

Imtikhany, L. N. M. (2022). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Karanganyar. Rayah Al-Islam, 6(2), 163-173.

Madani, S., Wiranda, A., Idul, I., & Pratiwi, W. (2024). Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Kemampuan Berbicara Murid Di Sekolah Dasar Yayasan Sinar Husni Kota Medan. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 2: 110-117.

Melia, Y., & Mesra, R. (2025). Transformasi Nilai-Nilai Budaya dan Identitas Sosial di Era Globalisasi: Perspektif Sosiologis. COMTE: Journal of Sociology Research and Education, 1(6), 268-276.

Muhammad Faris Hidayatulloh, M. F. Ihsan, A.L. dkk. (2023) Pelatihan Dan Pendampingan Muhadatsahuntuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Santri Di Pondok Pesantren Al-Qur’an (PPQ) Nurul Huda Singosari Kabupaten Malang. Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 1, No. 2 h. 147-158.

Muhammad, D. (2022). Implementasi Fungsi Actuating (Penggerakan/Pelaksanaan) dalam Manajemen Program Bahasa Arab di MI Manarul Islam Malang. Mahira: Journal of Arabic Studies, Vol. 2, No. 1. 13-32.

Mutholingah, S. Ningrum, S.L. (2023). Pelatihan Pidato untuk Menumbuhkan Keterampilan Public Speaking Santri Di Panti Asuhan At-Tawwabin Malang. Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 1, No. 1. h. 34-42.

Nadhifah, N., & Muslih, I. (2017). Peningkatan Kapasitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Information and Communication Technology (ICT) di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Randuharjo Pungging Mojokerto. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 172-191.

Nur, M. A. (2015). Upaya Edukatif Pada Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat (Studi Deskriptif Dalam Pembangunan Jalan Di Desa Sukamaju Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(2).

Rahman, A., Sari, N. M. W., Fitriani, F., Sugiarto, M., Sattar, S., Abidin, Z., ... & Haryanto, E. Metode Penelitian Ilmu Sosial Vol. 10, No. 6 (2022): 355-361.

Santoso, E. D., Sholihah, R. A., & Mu’ti, Y. A. (2021). Strategi Ekstrakurikuler Muhadharah dalam Melatih Kemampuan Public Speaking Murid Mi. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1029-1039.

Syach, A. (2022). Strategi Pendekatan Pembelajaran Dalam Al-Quran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 127-137.

Downloads

Published

2025-06-06

How to Cite

Pelatihan Teknik Khitobah Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Al-Hamidy Banyuanyar Pamekasan. (2025). Ngabekti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 106-121. https://doi.org/10.32478/f4pmag63

Similar Articles

1-10 of 26

You may also start an advanced similarity search for this article.