Pelatihan Teknik Khitobah Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Al-Hamidy Banyuanyar Pamekasan
DOI:

Keywords:
Arabic Sermons, StudentsAbstract
Abstract
This community service aims to improve the skills of students of Madrasah Aliyah Al-Hamidy Banyuanyar Pamekasan in composing and delivering Arabic sermons, as well as encouraging social change among students. The main focus of this service is improving public speaking skills and delivering da'wah messages effectively. The method used in this service is service learning by applying the scientific field of Arabic language sermon techniques based on practice, which involves sermon simulations and group discussions to improve students' speaking techniques. The results of this service show an increase in students' speaking skills, as well as the emergence of social awareness and local leaders who are active in da'wah. In addition, discussion groups were created based on da'wah practices and sharing knowledge. This service concludes that the development of practice-based speaking skills can improve students' da'wah abilities, while active participation encourages positive social change in the madrasah environment and society.
Keywords: Arabic Sermons, Students
Abstrak
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan murid Madrasah Aliyah Al-Hamidy Banyuanyar Pamekasan dalam menyusun dan menyampaikan khutbah Bahasa Arab, serta mendorong perubahan sosial di kalangan murid. Fokus utama pengabdian ini adalah peningkatan kemampuan berbicara di depan umum dan penyampaian pesan dakwah secara efektif. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah service learning dengan menerapkan bidang keilmuan teknik khitobah bahasa arab berbasis praktik, yang melibatkan simulasi khutbah dan diskusi kelompok untuk memperbaiki teknik berbicara murid. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara murid, serta munculnya kesadaran sosial dan pemimpin lokal yang aktif dalam dakwah. Selain itu, tercipta kelompok-kelompok diskusi yang berbasis pada praktek dakwah dan berbagi ilmu. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah bahwa pengembangan keterampilan berbicara berbasis praktik dapat meningkatkan kemampuan dakwah murid, sementara partisipasi aktif mendorong perubahan sosial positif di lingkungan madrasah dan masyarakat.
Kata Kunci: Khitobah Bahasa Arab, Murid
Downloads
References
Ahmadi, A. (2023). Menumbuhkan Kemandirian Belajar Bahasa Arab Remaja: Pendampingan Komunitas Rohis SMA di Pacitan dalam Pembelajaran Kolaboratif. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3627-3643.
Ahmadi, F., & Rohimah, S. (2024). Implementasi Kegiatan Khitobah untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Tanggung Jawab di MAN 2 Karanganyar. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 6(2), 331-341.
Bass, BM. (1990). Bass and Stogdil’s Handbook of Leadership. New York: Free Pers.
DUDANG, D. A. K., & Ibad, K. (2024). Penerapan Metode Mubasyarah dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. IJNU: Indonesian Journal of Nahdlatul Ulama, 2(1), 23-34.
Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching. London: Pearson Education Limited.
Imtikhany, L. N. M. (2022). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Karanganyar. Rayah Al-Islam, 6(2), 163-173.
Madani, S., Wiranda, A., Idul, I., & Pratiwi, W. (2024). Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Kemampuan Berbicara Murid Di Sekolah Dasar Yayasan Sinar Husni Kota Medan. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 2: 110-117.
Melia, Y., & Mesra, R. (2025). Transformasi Nilai-Nilai Budaya dan Identitas Sosial di Era Globalisasi: Perspektif Sosiologis. COMTE: Journal of Sociology Research and Education, 1(6), 268-276.
Muhammad Faris Hidayatulloh, M. F. Ihsan, A.L. dkk. (2023) Pelatihan Dan Pendampingan Muhadatsahuntuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Santri Di Pondok Pesantren Al-Qur’an (PPQ) Nurul Huda Singosari Kabupaten Malang. Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 1, No. 2 h. 147-158.
Muhammad, D. (2022). Implementasi Fungsi Actuating (Penggerakan/Pelaksanaan) dalam Manajemen Program Bahasa Arab di MI Manarul Islam Malang. Mahira: Journal of Arabic Studies, Vol. 2, No. 1. 13-32.
Mutholingah, S. Ningrum, S.L. (2023). Pelatihan Pidato untuk Menumbuhkan Keterampilan Public Speaking Santri Di Panti Asuhan At-Tawwabin Malang. Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 1, No. 1. h. 34-42.
Nadhifah, N., & Muslih, I. (2017). Peningkatan Kapasitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Information and Communication Technology (ICT) di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Randuharjo Pungging Mojokerto. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 172-191.
Nur, M. A. (2015). Upaya Edukatif Pada Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat (Studi Deskriptif Dalam Pembangunan Jalan Di Desa Sukamaju Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(2).
Rahman, A., Sari, N. M. W., Fitriani, F., Sugiarto, M., Sattar, S., Abidin, Z., ... & Haryanto, E. Metode Penelitian Ilmu Sosial Vol. 10, No. 6 (2022): 355-361.
Santoso, E. D., Sholihah, R. A., & Mu’ti, Y. A. (2021). Strategi Ekstrakurikuler Muhadharah dalam Melatih Kemampuan Public Speaking Murid Mi. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1029-1039.
Syach, A. (2022). Strategi Pendekatan Pembelajaran Dalam Al-Quran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 127-137.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mohammad Fauzi, Subairi, Adib Ibrohimi, Hairul Imam Mustafa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Muhammad Faris Hidayatulloh, Achmad Lathoiful Ihsan, Achmad Junaedi, Imam Athoir Rokhman, PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MUHADATSAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN (PPQ) NURUL HUDA SINGOSARI KABUPATEN MALANG , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 1 No. 2 (2023): Ngabekti: Edisi Desember 2023
- Elok Rufaiqoh, Hasyim Asy’ari, Muhammad Ainul Yaqin, Fathor Rahman, Siti Nur Halizah, Pendampingan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Strategi Lu’batud Dzakirah , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 2 No. 2 (2024): Ngabekti: Edisi Desember 2024
- Abdurrahman Rifki, Edy Sulaiman, Anisah Isnaini, M. Mansyur, Pendampingan Pengukuran Kompetensi Membaca Kitab Kuning Melalui Sistem Akselerasi Al-Miftah Lil Ulum , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 2 No. 1 (2024): Ngabekti: Edisi Juni 2024
- Siti Mutholingah, Sindy Lathifah Ningrum, PELATIHAN PIDATO UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING SANTRI DI PANTI ASUHAN AT-TAWWABIN MALANG , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 1 No. 1 (2023): Ngabekti: Edisi Juni 2023
- Zainul Arifin, Alfirah Umamah, Ulya Mumaddah, Ajizah Mutiara Inwar, PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR DI DUSUN SUPITURANG KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 1 No. 1 (2023): Ngabekti: Edisi Juni 2023
- Zainul Arifin, Muhammad Adityawarman Fauzi, Ahmad Salsabil Al-Firdausi, Mochammad Soleh, Nilna Rizqiyah, Abidatul Khasanah, Siti Khumaidah, Pendampingan Syawir sebagai Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Kembang Kabupaten Malang , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 2 No. 1 (2024): Ngabekti: Edisi Juni 2024
- Jodang Setia Adi Anista, Ulvia Mei Ningsih, Muhammad Dawam, Ainnaulmardiyah, BIMBINGAN BAKAT DAN MINAT SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ITTIHAD KOTA MALANG , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 1 No. 1 (2023): Ngabekti: Edisi Juni 2023
- Mutamakin Mutamakin, Abdul Rahman, Ani Vissa Mawati, PENDAMPINGAN LITERASI PADA SANTRIWAN DAN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN NURUL ITTIHAD KOTA MALANG , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 1 No. 1 (2023): Ngabekti: Edisi Juni 2023
- M. Yahya Ma’mun Mutho’, Ahmad Baihaqi, Rahmatullah, Pelatihan dan Pendampingan Banjari dalam Meningkatkan Keterampilan dan Semangat Santri di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Assalafiyah , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 2 No. 1 (2024): Ngabekti: Edisi Juni 2024
- A. Qomarudin, M. Farid Dzulkirom, PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN WUDHU DAN SHALAT PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 DAN 6 DI MADRASAH DINIYAH NURUDH DHOLAM KRATON PASURUAN , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 1 No. 1 (2023): Ngabekti: Edisi Juni 2023
You may also start an advanced similarity search for this article.