Pendampingan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Pondok Pesantren Al-Ittihad Poncokusumo Malang
DOI:

Keywords:
PHBS, Islamic Boarding School, Education, MentoringAbstract
Abstract
The optimization of Clean and Healthy Living Behavior at Al-Ittihad Islamic Boarding School, Poncokusumo, aims to maximize education and mentoring to improve the health quality of students. This program is designed to raise awareness of the importance of cleanliness and health through educational approaches such as interactive seminars, educational media in the form of posters, and improved hygiene facilities. This approach is strengthened by Asset-Based Community Development (ABCD) to empower the local assets of the boarding school. Over the course of onemonth, intensive mentoring was carried out through routine activities such as roan (communal cleaning), health exercises, the installation of educational stickers, and regular evaluations. The results showed increased awareness and participation of students in implementing PHBS. Collaboration among students, administrators, and the boarding school community served as a key indicator of the program's success. Ongoing education and mentoring proved effective in creating a clean, healthy, and comfortable environment, while also shaping a healthy and productive young generation. This program can serve as a model for other boarding schools in supporting the health of the nation's future generations.
Keywords: PHBS, Islamic Boarding School, Education, Mentoring
Abstrak
Optimalisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Pondok Pesantren Al-Ittihad Poncokusumo bertujuan untuk memaksimalkan edukasi dan pendampingan dalam meningkatkan kualitas kesehatan santri. Program ini dirancang untuk membangun kesadaran akan pentingnya kebersihan dan kesehatan melalui pendekatan edukatif, seperti seminar interaktif, media edukasi berupa poster, dan peningkatan fasilitas kebersihan. Pendekatan ini diperkuat dengan Asset-Based Community Development (ABCD) untuk memberdayakan aset lokal pesantren. Selama satu bulan, pendampingan intensif dilakukan melalui kegiatan rutin seperti ro’an, senam sehat, pemasangan stiker edukasi, dan evaluasi berkala. Hasilnya menunjukkan peningkatan kesadaran dan partisipasi santri dalam menerapkan PHBS. Kolaborasi antara santri, pengurus, dan pihak pesantren menjadi indikator keberhasilan program ini. Edukasi dan pendampingan berkelanjutan terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan pesantren yang bersih, sehat, dan nyaman, sekaligus membentuk generasi muda yang sehat dan produktif. Program ini dapat menjadi model bagi pesantren lainnya dalam mendukung kesehatan generasi penerus bangsa.
Kata Kunci: PHBS, Pondok Pesantren, Edukasi, Pendampingan
Downloads
References
Abdurrahman. “Pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development) Dalam Pengembangan Pendidikan Islam.” Jurnal Tinta 6, no. 1 (2024): 185–96.
Azizah, Khisna, Ainur Rofiqoh, and Ifatu Romdhoni. “Manajemen Pendidikan Keluarga Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak.” Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 2 (2023): 124–38.
Dimas Syafi Aldi, Ahmad Ashlih Sya‘ni, and Abdul Hakim Zakkiy Fasya. “Gambaran Phbs Pada Santri Di Salah Satu Pondok Pesantren Di Surabaya.” Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia (JKMI) 1, no. 2 (2023): 61–65. https://doi.org/10.62017/jkmi.v1i2.641.
Fahham, Achmad Muchaddam. “Sanitasi Dan Dampaknya Bagi Kesehatan: Studi Dari Pesantren.” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 10, no. 1 (2019): 33–47. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i1.1230.
Ibrahima, Aissetu Barry. Asset Based Community Development (ABCD). Transforming Society, 2018. https://doi.org/10.4324/9781315205755-17.
Ishak, Sitti Nurhidayanti, Hairudin La Patilaiya, Olivia Miranda, Apriana A Malik, and Wilda Kudo. “Permainan Edukatif Sebagai Sarana Peningkatan Pengetahuan, Sikap Serta PHBS Siswa SDN 26 Kelurahan Gambesi Kota Ternate.” Jurnal Anugerah 4, no. 1 (2022): 35–42. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.4258.
Ningsih, Leila Setia, Suci Wahyu Tami Br Rambe, Rizki Mahyani Br Hasibuan, Afriadi Amin, and Abdul Karim Batubara. “Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Islam.” As- Syar ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga 5, no. 2 (2023): 319–29. https://doi.org/10.47476/assyari.v5i2.2627.
Nurfatiah, Fitria, Nur Imas Ismaya, Sheila, and Sindi Triyani. “ANALISIS PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SEKOLAH DASAR.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 8, no. 2 (2022): 2558–65.
Qomarudin, A., and M. Farid Dzulkirom. “Pendampingan Pembelajaran Wudhu Dan Shalat Pada Peserta Didik Kelas 5 Dan 6 Di Madrasah Diniyah Nurudh Dholam Kraton Pasuruan.” Ngabekti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2023): 1–12.
Rohmatullah, Niam, and Nayadila Nurpratiwi. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Diri Positif Melalui Pemberdayaan Berbasis Asset Based Community Development Bagi Santri Di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Bogor.” Rayah Al-Islam 8, no. 3 (2024): 1513–23. https://doi.org/10.37274/rais.v8i3.1092.
Wardani, Dian Palupi Kusuma, Sheizi Prista Sari, and Ikeu Nurhidayah. “Hubungan Persepsi Dengan Perilaku Ibu Membawa Balita Ke Posyandu.” JKP: Jurnal Keperawatan Padjadjaran 3, no. 1 (2015): 1–10.
Warini, Sisin, Yasnita Nurul Hidayat, and Darul Ilmi. “Teori Belajar Sosial Dalam Pembelajaran.” ANTHOR: Education and Learning Journal 2, no. 4 (2023): 566–76. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.181.
Yuliana, and Faizatul Ummya. “Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII E SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim Batam.” Jurnal AS-SAID 3, no. 1 (2023): 62–70.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bisma Azhar Ramadhan, Muhammad Fauzul Adhim, Khisna Azizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Abdurrahman Rifki, Edy Sulaiman, Anisah Isnaini, M. Mansyur, Pendampingan Pengukuran Kompetensi Membaca Kitab Kuning Melalui Sistem Akselerasi Al-Miftah Lil Ulum , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 2 No. 1 (2024): Ngabekti: Edisi Juni 2024
- A. Qomarudin, M. Farid Dzulkirom, PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN WUDHU DAN SHALAT PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 DAN 6 DI MADRASAH DINIYAH NURUDH DHOLAM KRATON PASURUAN , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 1 No. 1 (2023): Ngabekti: Edisi Juni 2023
- Iis Makhisoh, Abdur Ro'uf Hasbullah, PELATIHAN PENGURUSAN JENAZAH BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 3 JOMBANG , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 1 No. 2 (2023): Ngabekti: Edisi Desember 2023
- Hanifah Hikmawati, Muhammad Aldan Zahy Fathan , Pemanfaatan Limbah Kulit Buah Naga Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Permen Lunak (Soft Candy) , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 2 No. 2 (2024): Ngabekti: Edisi Desember 2024
- Firda Aulia, Inna firdan Choirun Habibah, Nur Hayati Amalia, Moch. Falihul Hilmi, Moch. Andi Maulana Islam, Miftahul Abdul Lathif, Mohammad Yusuf Agung Subekti, Pelatihan Public Speaking dan Pengasahan Rasa Percaya Diri , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 2 No. 2 (2024): Ngabekti: Edisi Desember 2024
- Annisatul Ahyar Batubara, Rina Andriani, Fitria Rahmi, Muhammad Fadhil, Syarfina, Sosialisasi Pencegahan Bullying pada Anak Melalui Pendekatan Whole School , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 2 No. 2 (2024): Ngabekti: Edisi Desember 2024
- Dwi Aminatus Saadah, Misbahul Huda, Desi Ismawati, Supriyanto, Anikmah, Pendampingan Orang Tua dan Anak dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Kolase Mamamia di TK Ihyaul Ulum Lamongan , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 3 No. 1 (2025): Ngabekti: Edisi Juni 2025
- Elok Rufaiqoh, Hasyim Asy’ari, Muhammad Ainul Yaqin, Fathor Rahman, Siti Nur Halizah, Pendampingan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Strategi Lu’batud Dzakirah , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 2 No. 2 (2024): Ngabekti: Edisi Desember 2024
- Dini Nahdiyah, Silvia Yuniar Wati, Kaulia Taqwa, Firdausi Nuzula, Sofia Sasa Bella Aprilia, Askhabul Kirom, PEMBERDAYAAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM TADABUR ALAM PADA SISWA MADRASAH ALIYAH (MA) MA'ARIF DURENSEWU PANDAAN , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 1 No. 2 (2023): Ngabekti: Edisi Desember 2023
- Amirotul Fitriyah, Mashunatul Inayah, Trysia S yafa’atul Chusnia, Akhmad Said, Pendampingan Implementasi Nilai Etika pada Santri di Taman Pendidikan Quran Al-Hayatul Islamiyah Kota Malang , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 2 No. 1 (2024): Ngabekti: Edisi Juni 2024
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- Mira Juwita Widi Nurmawa, Mila Sukma Dewi, Khisna Azizah, PENDAMPINGAN BACA AL-QUR’AN BAGI IBU-IBU UNIT LAUNDRY DI PONDOK PESANTREN AR-ROHMAH PUTRI 2 DAU MALANG , Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Vol. 1 No. 1 (2023): Ngabekti: Edisi Juni 2023