Pendampingan Pengukuran Kompetensi Membaca Kitab Kuning Melalui Sistem Akselerasi Al-Miftah Lil Ulum

DOI:

https://doi.org/10.32478/7t9m9m68

Authors

  • Abdurrahman Rifki Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan -  Indonesia
  • Edy Sulaiman Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan -  Indonesia
  • Anisah Isnaini Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan -  Indonesia
  • M. Mansyur Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan -  Indonesia

Keywords:

Kemampuan Membaca, Kitab Kuning, Kompetensi, Sistem Akselerasi

Abstract

Abstract

Al-Miftah Lil Ulum is an Arabic language learning strategy that takes into account its principles, including nahwu and shorof, which is packaged pragmatically and delivered in a very interesting way. The Toronan Bere' Leke Islamic Boarding School includes learning the book Al-Miftah Lil Ulum as one of the mandatory subjects taught at the Islamic boarding school. So it is important to carry out this service with the aim of measuring the level of reading ability of students through the Acceleration model in al-Miftah lil Ulum. The service method used is the incandescent model which consists of planning, implementation and follow-up stages. The results of the service show that measuring the level of reading ability using the acceleration system was successfully carried out through two test stages, namely an oral test and a written test. From these two models, information was obtained that the ability to read the Yellow Book of Bere' Leke students is at a sufficient level.

Keywords: Reading Ability, Yellow Book, Competency, Acceleration System.

Abstrak

Al- Miftah Lil Ulum merupakan suatu strategi pembelajaran bahasa Arab dengan memperhatikan prinsip-prinsipnya, termasuk nahwu dan shorof yang dikemas secara pragmatis dan disampaikan dengan cara yang sangat menarik. Pondok Pesantren Toronan Bere’ Leke memasukan pembelajaran kitab Al-Miftah Lil Ulum sebagai salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan di pesantren. Sehingga penting dilakukan pengabdian ini dengan tujuan mengukur tingkat kemampuan membaca santri melalui model Akselerasi pada al-Miftah lil Ulum. Metode pengabdian yang digunakan adalah model pijar yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Hasil pengabdian menunjukan bahwasanya pengukuran tingkat kemampuan membaca dengan menggunakan sistem akselerasi berhasil dilakukan melalui dua tahapan tes yaitu tes lisan dan tes tulis. Dari dua model tersebut, didapatkan informasi bahwasanya kemampuan membaca kitab kuning santri bere’ leke berada pada tingkatan cukup.

Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Kitab Kuning, Kompetensi, Sistem Akselerasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhi Kusumastuti, Ahmad Mustamil Khoiron, Metode Penelitian Kualitatif, ed. by Sukarno Annisya, Fitrotun (Semarang, 2019)

Afandi and Faisol, ‘Model Pendidikan Agama Islam Berbasis Kitab Kuning Di Sekolah Formal’, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6.2 (2023), 517–25

Alif Achadah, Nurul Aini, ‘Implementasi Metode Al-Miftah Untuk Meningkatkan Kemampuan Santri Dalam Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Babussalam Pagelaran Malang’, Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1.2 (2021), 89

Farida Nugrahani, METODE PENELITIAN KUALITATIF Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa (Surakarta, 2014)

Hanani, Nurul, ‘Manajemen Pengembangan Pembelajaran Kitab Kuning’, Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 15.2 (2022), 1–25

Harto, Budi, Abdul Rozak, and Arief Yanto Rukmana, ‘Strategi Marketing Belah Doeren Melalui Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image’, ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7.1 (2021), 67–74

Humairah, Mustamin, and Abdul Qahar Zainal, ‘Efektivitas Metode Al Miftah Untuk Melatih Kemampuan Qawa’id Pada Peserta Didik Kelas X Keagamaan Di Madrasah Aliyah’, MUJADDID: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1.1 (2023), 8-

Ikhlas, Al, Ujang Sayuti, and Andy Fery, ‘Pesantren: Kitab Kuning, Kiyai Dan Tarekat Dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan Sosial Keagamaan’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 7.2 (2023), 10408–17

Ismail, Iqbal Maulana, and Mazda Husniyah, ‘Pengembangan Pendidikan Pesantren Dalam Meningkatkan Profesionalisme Santri (Studi Pada Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’Iyah Nurul Huda Mergosono Malang)’, Transformatif, 4.1 (2020), 63–74

Niswatin Nurul, Hidayati, and Mansur, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, ed. by Niswatin Nurul Hidayati and Moh. Agus Sifa’ (Tuban: Nira Media, 2021)

Radinal, Willy, ‘Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik DI Era Disrupsi’, Jurnal An-Nur, 1.1 (2021), 9–22

Restu, Maulana, and Siti Wahyuni, ‘Implementasi Metode Al Miftah Lil Ulum Dalam Membaca Kitab Fathul Qorib Bagi Pemula Di Pondok Pesantren Sidogiri Salafi Kabupaten Pasuruan’, Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 9.3 (2019), 263–72

Shodiq, Shodiq, ‘Strategi Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum’, Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam, 12.2 (2023)

Suyudi, Moh, Muhammad Muhlis, and Mansur Mansur, ‘Pesantren Sebagai Pusat Sertifikasi Dan Edukasi Sdi Pariwisata Syariah Dalam Penguatan Industri Halal Di Indonesia’, Dinar : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 6.2 (2020), 135–45

Yusri, Diyan, ‘Pesantren Dan Kitab Kuning’, Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6.2 (2020), 647–54

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Pendampingan Pengukuran Kompetensi Membaca Kitab Kuning Melalui Sistem Akselerasi Al-Miftah Lil Ulum. (2024). Ngabekti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 55-62. https://doi.org/10.32478/7t9m9m68

Similar Articles

11-15 of 15

You may also start an advanced similarity search for this article.