IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERWAWASAN BUDAYA NIRKEKERASAN DI SEKOLAH

DOI:

https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.156

Authors

Keywords:

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, BUDAYA NIRKEKERASAN, SEKOLAH.

Abstract

Konflik kekerasan yang mengatasnamakan agama sudah menjadi permasalahan serius. Hal ini disebabkan karena lemahnya pemahaman terhadap ajaran Islam itu sendiri, atau bisa dikarenakan pemahaman ayat-ayat al-Quran mengenai konsep jihad secara tektualis. PAI berbasis budaya nirkekerasan sebagai upaya untuk menumbuh kembangkan potensi peserta didik sesuai dengan ajaran Islam yang berbudaya nirkekerasan, maka dalam hal ini pendidik harus mampu menciptakan budaya nirkekerasan baik di rumah, di sekolah, maupun masyarakat sehingga outputnya adalah peserta didik yang mampu menjadi Abdullah (saleh individu) maupun khalifatullah (saleh sosial). Adapun dalam tataran implementasi PAI berbudaya nirkekerasan di sekolah dapat diimplementasikan dalam bentuk integrasi dengan kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler PAI, pembentukan budaya sekolah berdasar pada nilai-nilai nirkekerasan, adanya kebijakan kepala sekolah dan integrasi dengan setiap mata pelajaran yang ada di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlin, Alfatri. 2006. Spiritualitas dan Realita Kebudayaan Kontemporer. Yogyakarta: Jalasutra

Al-Attas, Mohammed Naquib. 1999. The Concept of Education in Islam; A Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: ISTAC

Ali, Mohammad Daud. 2006. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo
Persada

Ali, Zainuddin. 2007. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara

Amstrong, Thomas . 2005. “Seven Kinds of Smart: Menemukan dan

Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple
Intelligence,†dalam Seven Kinds of Smart: Identifying and Developing

Your Multiple Intelligences ed. T. Hermaya. Jakarta: Gramedia

Anand, Chaiwat Satha. 2015. Barangsiapa Memelihara Kehidupan…â€: Esai-esai
tentang Nirkekerasan dan Kewajiban Islam, pidato dalam rangka NMML

[Nurkholis Madjid Memorial Lecture] di Universitas Paramadina, Jakarta, selasa 16 Oktober 2015

Baharuddin. 2005. Aktualisasi Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Baidhawy, Zakiyuddin. 2002. Ambivalensi Agama dan Konflik dan

Nirkekerasan, Yogyakarta: Lesfi

Chipordian, Yudith. Budaya Nirkekerasan, Niscayakah https://yudhitc.wordpress.com/2008/10/24/budaya-nir-kekerasan-

niscayakah/

Chipordian, Yudith. Memotong Lingkaran Kekerasan,https://yudhitc.wordpress.com/2008/10/24/memotong-lingkaran-kekerasan/, diakses 1 November 2017

CNN Indonesia, Puluhan Jenazah Warga RohingnyaDitemukan di Bangladesh,
Kamis, 31/08/2017

Daud, Wan Mohd Nor Wan .1998. The Educational Philosophy and Practice of
Syed Muhammad Naquib Al-Attas: AnExposition of the Original Concept

of Islamization. Kuala Lumpur: ISTAC1

Daulay, Haidar Putra. 2009. Pemberdayaan Pendidikan Islam di Indonesia.
Jakarta: Rineka Cipta

Fromm, Erich . 2001. “Akar Kekerasan: Analisis Sosio-psikologis atas Watak
Manusia,†dalam The Anatomy of Human Destructiveness, terj. Imam

Muttaqin. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hanafi, Hasan. 2001. Agama, Kekerasan, dan Islam Kontemporer. Yogyakarta:
Jendela

International Crisis Group,â€Indonesia: From Vigintalism to Terrorism in
Cirebon,†Asia Briefing No. 132, 12 January 2012

Jalaluddin. 2003. Teologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Jalaluddin. 2004. Psikologi Agama. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Jones, Sidney. 2013 Sisi Gelap Reformasi Indonesia: Munculnya Kelompok
Masyarakat Madani Intoleran, (disampaikan sebagai NMML [Nurcholish

Madjid Memorial Lecture ke VII], 2013), Jakarta: PUSAD

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online,https://kbbi.web.id/interdisipliner, diakses 20 Desember 2017

Kholiq, Abdul, dkk. 1999. Pemikiran Pendidikan Islam, kajian Tokoh Klasik dan
Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lewin, Kurt. 1951. Field Theory in Social Science; Selected Theoretical Papers. D.
Cartwright (ed.). (New York: Harper & Row

Madjid, Nurkholis. 1999. Cendekiawan dan Religiusitas Masyarakat, Kolom-
kolom di Tabloid TEKAD. Jakarta: TEKAD

Madjid, Nurkholis. 2003. Islam Agama Kemanusiaan: Membangun Tradisi dan
Visi Baru Islam Indonesia. Jakarta: Paramadina

Madjid, Nurkholis. 2008. Islam Agama Peradaban, Membangun Makna dan
Relevansi Doktrin Islam dalam Sejarah, cet. ke-3. Jakarta: Paramadinadan Dian Rakyat MinorityIdeas, Konsep Nir-Kekerasan,

http://blogcreativeminority.blogspot.co.id/2010/03/konsep-nir-
kekerasan.html, diakses 1 November 2017

Mubarak, Husni Tragedi Rohingnya dan Diskursus Kekerasan Agama, Jurnal
Kelas CRCS, 4 September 2017 (Yogyakarta: Pusat Studi Agama dan

Lintas Budaya Sekolah Pascasarjana UGM),http://crcs.ugm.ac.id/id/berita-utama/11384/tragedi-rohingya-dan-

diskursus-kekerasan-agama.html, diakses 1 November 2017
Muhaimin. 2006. Nuansa Baru Pendidkan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Mukhtar. 2003. Desain Pembelajaran PAI. Jakarta: Misaka Galiza
Muzani, Saiful. Pandangan Dunia dan Gagasan Islamisasi Ilmu Syed Muhammad

Naquib Al-Attas, dalam Jurnal Hikmah, No. 3 Juli-Oktober 1991

Naim, Ngainun. 2014. Islam dan Pluralisme Agama: dinamika Perebutan
Makna, Yogyakarta: Aura Pustaka

Nata, Abuddin. 1997. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Nimer, Mohammed Abu “Nirkekerasan dan Bina-Damai dalam Islam: Teori dan
Praktek,†dalam Nonviolence and Peace Building in Islam: Theory and

Practice, terj. M. Irsyad Rhafsadi dan Khairil Azhar. EDISI DIGITAL,
http://www.abad-demokrasi.com/sites/default/files/
ebook/Nirkekerasan%20Abu-Nimer.pdf, didownload tanggal 20
November 2017

Pasiak, Taufik. 2006. Manajemen Kecerdasan Memberdayakan IQ, EQ dan SQ
untuk Kesuksesan Hidup. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Purwanti, Asti. Psikologi dalam Pendekatan Biologi(https://astipurwanti07.wordpress.com/2014/01/15/psikologi-

berdasarkan-pendekatan-biologi/), diakses 20 Desember 2017

Pusat Studi Agama dan Demokrasi Yayasan Paramadina (PUSAD),
http://www.paramadina-pusad.or.id/pustaka/barangsiapa-

memelihara-kehidupan-esai-esai-tentang-nirkekerasan-dan-
kewajiban-islam, diakses 1 November 2017

Salam, Burhanuddin. 1997. Etika Sosial: Asas Moral dalam Kehidupan Manusia.
Jakarta: Rineka Cipta

Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Educational Perspektif, terj. Eva
Hamidah dan Rahmat Fajar, Cet. I. Bandung: Remaja Rosdakarya20. Solso, Robertl L. 2007. dkk, Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga
Sudikan, Setya Yuwana.-. Pendekatan Interdisipliner, Multidisipliner, dan

Transdisipliner dalam Studi Sastra. Surabaya: UNESA

Ulwan, Abdullah Nasih. 1992. Tarbiyah Al-Aulad Fi Al-Islam, terj. K.A Masykur
Hakim, Bandung: Remaja Rosdakarya

Wiggins, James A. dkk. 1994. Social Psychology, Fifth Edition. McGraw-Hill, Inc

dalam https://rizkian.wordpress.com/2011/06/22/budaya-kekerasan-di-indonesia-dalam-perspektif-psikologi-sosial/), diakses 20

Desember 2017

Ya’kub, Ali Musthofa. 2010. Meluruskan Makna Jihad dalam Islam, dalam buku
“Peranan Pesantren dalam Mengembangkan Budaya Damaiâ€, ed.

Nuhrison M. Nuh. Jakarta: Maloho Jaya Abadi Press

Yafie, Ali. 1997. Teologi Sosial, Yogyakarta: LKPSM

Yakin, Haqqul. 2009. Agama dan Kekerasan dalam Transmisi Demokrasi di
Indonesia, Yogyakarta: Sukses Offset

Zainuddin, 2007. Kesalehan Normatif dan Sosial. Malang: UIN-Malang Press

Zohar, Danah dan Ian Marshall. 2007. “SQ: Kecerdasan Spiritual,â€. Bandung:
Mizan Pustaka

Zuhdiyah. 2009. Pendidikan Agama Islam. Palembang: Universitas PGRI

Downloads

Published

2018-09-01

How to Cite

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERWAWASAN BUDAYA NIRKEKERASAN DI SEKOLAH. (2018). Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 68-89. https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.156