Quality dalam Prespektif Pendidikan Islam

DOI:

https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.157

Authors

Keywords:

Quality, Pendidikan Islam.

Abstract

Quality merupakan ide yang belum dapat didefinisikan secara final. Ada beberapa makna yang satu dengan yang lain saling melengkapi. Quality dalam dunia pendidikan secara filosofi dimaknai setidaknya dalam dua makna yakni sebagai continous improvement dan force field analysis yang digunakan untuk perbaikan kualitas dalam tindakan manajemen untuk mencapai kebutuhan dan harapan para pelanggan. Ia selalu diarahkan pada “mengutamakan peserta didik” atau program perbaikan sekolah yang berkelanjutan. Karakter yang diinginkan dalam quality bagi lembaga pendidikan [Islam] yaitu: (1) fokus pada pelanggan baik internal maupun eksternal; (2). Adanya keterlibatan total; (3) Adanya ukuran baku mutu lulusan; (4) Adanya komitmen; dan (5) adanya perbaikan yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Ali Rif'an, STAI Ma'Had Aly Al-Hikam Malang

References

Arcaro, Jerome S. 2008. Pendidikan Berbasis Mutu (Jakarta: Rineka Cipta)

Barret, Derm. 1995. The TQM Paradigm; Key Ideas, That Make It Work. Portland Oregon : Productivity Press.

Burnham, John West. 1997. Managing Quality in Schools: Effective Straregies for for Quality Based School Improvement. t.Tp.: Pearson Education.

Bush, Toni dan Marianne Coleman. 2006. Leadership and Management in Education. Terj. Fahrurrazi. Jogjakarta : IRCiSoD

Crosby, Philip B. 1979. Quality is Free. New York: Mc-Graw Hill Book.

Danim, Sudarwan. 2007. Visi Baru Manajemen Sekolah. (Jakarta : Bumi Aksara)

Deming, W. Edwards. 1982. Out of Crisis. Cambridge: Massachussetts Instutute of Technology.

Echols, John M. dan Hasan Sadily. 2002. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.

Fattah, Nanang. 2004. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosyda Karya. Cet. ke-7.

Feigenbaum, Armand V. 1986. Total Quality Control. New York: Mc-Graw Hill Book.

Hardjosoedarmo, Soewarso. 2002. Total Quality Management. (Yogyakarta: Andi)

Jauch, Lawrence R. dan William F. Glueck. 1994. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan (edisi ketiga). Terj. Murad dan AR. Henry Sitanggang. Jakarta : Erlangga.

Murgatroyd, Stephen and Colin Morgan. 1994. Total Quality Manajement and The School. Philadelphia: Open University Press.

Nasution, M. N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia,

Peningkatan Mutu dan Penjaminan Mutu Pendidikan dalam http://gurupembaharu.com/peningkatan-mutu/pengelolaan/ peningkatan - mutu-dan-penjaminan-mutu-pendidikan/ (Diakses pada Tanggal 06 Oktober 2017).

Pusat Bahasa. 2008. Tesaurus Bahasa Indonesia. (Jakarta: Depdiknas)

Sallis, Edward. 2006. Total Quality Management in Education (Manajemen Mutu Pendidikan). Yogyakarta: IRCiSoD,

Sumayang, Lalu. 2003. Manajemen produksi dan Operasi. (Jakarta : Salemba Empat)

Suryasumantri, Jujun S. 2003. Filsafat: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. Cet. Ke-16.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Jakarta :Balai Pustaka)

Tjiptono. Fandy & Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Usman, Husaini, 2006. Manajemen; Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Yamit, Zulian. 2001. Manajemen Kualitas (Produk dan Jasa). (Yogyakarta: Ekonisia)

Downloads

Published

2018-09-03

How to Cite

Quality dalam Prespektif Pendidikan Islam. (2018). Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 19-32. https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.157