PERAN PESANTREN DARUL QU’RAN WA TAHFIDZ (DAQIZH) DALAM PENGEMBANGAN TAHFIDZUL QUR’AN MAHASISWA UIN MALANG
The Role Of The Darul Qu’ran Wa Tahfidz (Daqizh) Boarding School In The Development Of Qur’an Memory Of Uin Malang Students
DOI:
https://doi.org/10.32478/c0e7nm44Keywords:
Development, Islamic Boarding School, Tahfidz, Al-Qur'anAbstract
ABSTRAK
This Article's Objective is to see the role of Daqizh Islamic boarding schools which have flexible methods as a solution for memorizing the Qur'an who are also students. This research uses a qualitative approach with field research methods, and data is collected through participant observation, interviews, and documentation. The research results show that Daqizh Islamic boarding schools have an important role as a forum for developing tahfidz Al-Qur'an, especially for someone who is also a student. With its characteristic of being flexible and adapting to lecture activities, however, for students who are determined to maintain their memorization, the Daqizh Islamic boarding school is very wide open to be able to facilitate them.
Tujuannya ditulis artikel untuk melihat peran pesantren Daqish yang mempunyai metode fleksibel sebagau solusi para penghafal Qur'an yang sekaligus menyandang sebagai mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
field research, dan data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren daqizh mempunyai peran penting sebagai wadah pengembangan tahfidz Al-Qur'an khususnya bagi seseorang yang sekaligus menyandang sebagai mahasiwa. Dengan ciri khasnya yakni fleksibel dan menyesuaikan dengan kegiatan perkuliahan, namun tetap bagi para mahasiswa yang memang sudah bertekad untuk menjaga hafalannya, maka pesantren daqizh sangat membuka lebar untuk bisa mengfasilitasi mereka
Keywords: Development, Islamic Boarding School, Tahfidz, Al-Qur'an.
Downloads
References
Badruzaman, Dudi, ‘Metode Tahfidz Al-Qur’an’, Kaca (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 9.2 (2019), 80–97.
Hidayah, Nurul, ‘Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di Lembaga Pendidikan’, Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4.1 (2016), 63–81.
Machmud, Sri Wahyuni, Rivai Bolotio, and Abrari Ilham, ‘Efektivitas Metode Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an Di Pondok Pesantren El-Madinah Wahdah Islamiyah Gorontalo’, Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization, 2.1 (2021), 1–18.
Nidhom, Khoirun, ‘Manajemen Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Dalam Mencetak Generasi Qur’Ani’, Jurnal Tahdzibi : Manajemen Pendidikan Islam, 3.2 (2021), 83–102.
Observasi Ke Pesantren Daqizh Pada Tanggal 27 Mei 2023.
Rahmawati, Ulfah, ‘Pengembangan Kecerdasan Spiritual Santri: Studi Terhadap Kegiatan Keagamaan Di Rumah Tahfiz Qu Deresan Putri Yogyakarta’, Jurnal Penelitian, 10.1 (2016), 97.
Ramadhani, Wahyuni, and Wedra Aprison, ‘Urgensi Pembelajaran Tahfidz Al- Qur'an d i Era 4 . 0’, Pendidikan Tambusai, 6 (2022). 16-18.
Shobirin, Muhammad, ‘Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an Dalam Penanaman Karakter Islami’, Quality, 6.1 (2018), 16.
Suryana, Nana, Dina, and Siti Nuraeni, ‘Manajemen Tahfidz Al Qura’an’, Jurnal Islamic Education Manajemen, 3.2 (2018), 220–30.
Umj, Zulfitria, ‘Peranan Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar’, NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1.2 (1970), 124–34.
Wawancara dengan Pengurus dan santri Pesantren Daqizh Yang Bernama Ubed, Ahsan dan Faiz dan H Pada Tanggal 27 Mei 2023.
Wawamcara dengan Pengasuh Pesantren Daqizh Yang Bernama Kyai Abdur Rozak Pada Tanggal 27 Mei 2023.
Zulina, Dian Mahza, and Mumtazul Fikri, ‘Pengelolaan Program Tahfidz Dalam Pembentukan Karakter Anak Di SMP PKPU Neuheun Aceh Besar’, Jurnal Intelektualita, 6.2 (2021), 32–44.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sahrul Maulana, Amiliya Nur Rosyidah, M Hisyam Syihabuddin, Ulil Fauziyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.