PENINGKATAN KEMAMPUAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISWA MELALUI MEDIA MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST KELAS XI MA MU’ALLIMAT KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i1.502Keywords:
Mind Mapping, HOTS, Mapel Al-Qur’an HadistAbstract
The use of instructional media is very potential for the success of teaching and learning activities in schools. Mind Map is a method as well as a medium that is considered effective for improving memory, understanding concepts, increasing creativity, and freedom of imagination of students. This classroom action research aims to determine the effectiveness of the application of mind mapping in improving students' higher-order thinking skills in the Al-Qur'an Hadith subject in class XI MA Mu'allimat Malang City. The results of the research conducted show that the application of effective mind mapping media can help achieve high-level thinking skills (HOTS) of students on the material of Muslim personal work ethics and halal and haram food with an increase in the average value in the pre-cycle 57.6% to 72 8% in cycle I and increasing with a percentage of 82.4% in cycle II.
Penggunaan media pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Mind Map merupakan suatu metode sekaligus media yang dianggap efektif untuk meningkatkan daya ingat, pemahaman konsep, meningkatkan kreatifitas dan kebebasan berimanjinasi peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini betujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan mind mapping dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas XI MA Mu’allimat Kota Malang. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan media mind mapping efektif dapat membantu tercapainya kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa terhadap materi etos kerja pribadi muslim dan makanan yang halal dan haram dengan peningkatan nilai rata-rata pada pra siklus 57,6% menjadi 72,8% pada siklus I dan semakin meningkat dengan presentase 82,4% pada siklus II.
Downloads
References
Arikunto, Suharsini dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Dahar R, Ratna Wilis. 2010. Teori-Teori Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga. Herman, Hudoyono. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Matematika, Malang, UM Press. Kementerian Agama RI. 2015. Standar Kompetensi Madrasah Aliyah.Jakarta : Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Jakarta. Nasution. 2006. Menganalisis Anak. Bandung: Remaja Rosdakarya Rasmini. Pribadi, Benny A.2015. Implemntasi Strategi Peta Konsep Dalam Program Tutorial Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru. Jurnal pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh Volume 16, Nomor 2. Purnamawati.2018. Penggunaan Media Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN 007 Kunto Darussalam. Vol. 1, No. 2. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education. Rif’an, Ali. 2018. Quality dalam Prespektif Pendidikan Islam dalam Piwulang: Jurnal Pendidikan Islam Volume 1 Nomor 1 Tahun 2018. Romlah.2010.Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL), Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru, Di SMP Kota Malang. Progresiva .Vol. 4, No.1.Fakultas Agama Islam UMM. Syarif, Moh.2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktek. (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada). Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. (Jakarta : Kencana Prenada Media Grup. Ubaidillah, Ibnu dan Ali Rif’an. 2019. Efektifitas Metode Al-Miftah Lil ‘Ulum Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Kitab Kuning Pada Santri Madrasah Diniyah. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol.2 No 1. Wahyanto, Hadi. 2017.Penggunaan Metode Mind Mapping Untuk Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Chasis Di SMK I Sedayu. Skripsi file PDF.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.