URGENSI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMPROGRESIVITASKAN SUMBERDAYA MANUSIA DI ERA PANDEMI CIOVID-19

Muzamil Muzamil(1*),

(1) STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


There is no society and nation in this world that does not consider education, let alone Islamic education is urgent. Are facing whatever conditions this society and nation have, its dependence on Islamic education as a very high need, which is intended for the formation of human resources. From the human resources that are formed, society and the nation can show their expectations. The challenge of implementing Islamic education is faced with the reality of the development of a society and nation that is being tested by the Covid-19 pandemic, while the demand to continue to develop or progressive human resources is also a must. The development of the Covid-19 pandemic, which is still uncertain when it will end, makes the work of Islamic education providers tougher.

Tidak ada masyarakat dan bangsa di dunia ini yang tidak menganggap pendidikan, apalagi pendidikan Islam ini penting (urgen). Sedang menghadapi kondisi apapun masyarakat dan bangsa ini, ketergantungannya pada pendidikan Islam sebagai kebutuhan sangat tinggi, yakni diperuntukkan bagi pembentukan sumberdaya manusia. Dari sumberdaya manusia yang terbentuk ini, masyarakat dan bangsa bisa menunjukkan ekspektasinya. Tantangan penyelenggaraan pendidikan Islam ini dihadapkan dengan realitas perkembangan masyarakat dan bangsa yang sedang diuji pandemi Covid-19, sementara itu tuntutan tetap mengembangkan atau memprogresifitaskan sumberdaya manusia juga suatu keharusan. Perkembangan pandemi Covid-19 yang masih belum ada kepastian kapan berakhirnya membuat pekerjaan penyelenggara pendidikan Islam menjadi lebih berat.


Keywords


Pendidikan Islam, Sumber Daya Manusia, Progresivitas

Full Text:

PDF

References


Abdul Manaf, 2008, Pendidikan bukan Untuk Penjajahan, Surabaya: Visipres. Ahmad Tafsir, 2006, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung; Remaja Rosdakarya. Ali Komaruddin, 2015, Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Gladios Anwar Jasin, 1985, Kerangka Dasar Pembaharuan Pendidikan Islam: Tinjauan Filosofis, Jakarta: Anugerah BS. Mardiatmadja, 1986, Tantangan Dunia Pendidikan: Yogyakarta: Kanisius. Chabib Thoha, 1996, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar: Yogyakarta M. Amin, 1992, Pengantar Ilmu Pendidikan Islam, Pasuruan: PT. Garoeda Buana Indah. M. Arifin, 1987, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Aksara. M. Tholhah Hasan, 1987, Islam dalam Perspektif Sosial Budaya, Jakarta: Galasa Nusantara. Sahal Mahfud, 1994, Nuansa Fiqh Sosial, Yogyakarta: LKIS. Syed Sajjad Husain dan Syed Ali Ashraf, 1986, Crisis Muslim Education., Terj. Rahmani Astuti, Krisis Pendidikan Islam, Surabaya: Risalah. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Citra Umbara, Zakiyah Drajat, 2004, Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta: 2004.


Article metrics

Abstract views : 137 | views : 80


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/piwulang.v3i1.505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muzamil Muzamil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.