PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA DI MIN PUTUSSIBAU

DOI:

https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i2.656

Authors

Keywords:

penggunaan media, Media visual, prestasi belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa MIN Putussibau-Kapuas Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis varian regresi dan analisis uji t. Subyek penelitian sebanyak 60 responden, menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode interview, metode kuesioner, dan metode dokumentasi untuk mencari informasi mengenai responden. Berdasarkan data angket yang diperoleh penggunaan media pembelajaran berbasis visual termasuk kategori sedang dengan nilai mean 38,81. Prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak dilihat dari nilai rapot. Berdasarkan data yang diperoleh, prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak termasuk kategori sedang dengan nilai mean 77,08. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil F reg yaitu 12,65983685, maka Freg ini lebih besar dari Ftabel (0,01):7,08 dan Ftabel (0,05): 4,00. Sedangkan dari uji hipotesis dengan menggunakan uji t-test diperoleh thitung =3,37, maka thitung ini lebih besar dari ttabel (0,05:2,00) dan (0,01:2,66). Jadi dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa MIN Putussibau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kholiq, Analisis Kurikulum Madrasah Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Semarang : Kementerian Agama RI Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2010.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002, Cet. XI.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2003, Cet. V.

Asnawir dan Usman, M. Basyirudin, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002

Basyiruddin Usman, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002, Cet. 1.

Daryanto, H. Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Direktorat Pendidikan pada Madrasah, Standar Isi Madrasah Ibtidaiyah , Jakarta: Direktorat Jenderal kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI, 2006.

Hadi, Sutrisno. metodologi Research jilid 2, Yogyakarta: Andi, 2004.

Hamruni, Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.

Harjanto, Perencanaan Pengajaran., Jakarta : Rineka Cipta, 2003, cet. 3.

Hartono, Statistik untuk Penelitian,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang : RaSail Group, 2008, Cet. 1

M. Usman Basyiruddin dan Asnawir, Media Pembelajaran Jakarta: Ciputat pers, 2002, Cet.1.

Mukhtar, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: CV. Misaka Galiza, 2003, Cet. I.

Purwanto. M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1990), Cet. 5.

Sadiman. Arief S., et. al., Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2009.

Sekretaris Negara Republik Indonesia, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Sugiyono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Syah. Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2008, Cet. XIV.

Warsita. Bambang, Tehnologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2008, Cet. 1.

Downloads

Published

2021-03-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA DI MIN PUTUSSIBAU. (2021). Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 92-104. https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i2.656