PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 KARAWANG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.32478/piwulang.v6i1.1745Keywords:
Kurikulum Merdeka Belajar, Kemampuan Berpikir KritisAbstract
This research was conducted at SMPN 1 Karawang Barat from February to April 2023. This research used a quantitative research approach with a correlational research method to find the influence between variable X and variable Y. The research used two variables: the implementation of the independent learning curriculum as variable X and critical thinking skills as variable Y. The population in this study consisted of all 7th-grade students, with a sample size of 48 students. The data collection techniques used were observation, questionnaire distribution, and documentation. The data analysis techniques included descriptive analysis, normality test, linearity test, and simple linear regression test. This study showed that the highest result in implementing the independent learning curriculum was found in 17 students, categorized as low at a percentage of 33%. In contrast, the dominant effect on critical thinking skills was found in the high category, with 17 students accounting for 35%. The simple linear regression test yielded a significance value of 0,020 < 0,05. Thus it can be concluded that variable affects variable Y. The level of influence of implementing the independent learning curriculum on the critical thinking skills of 7th-grade students in Islamic education subject at SMPN 1 Karawang Barat is 11%
Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Karawang Barat pada bulan Februari – April 2023. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional yang bertujuan mencari pengaruh antara variabel x dengan variabel y, penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu implementasi kurikulum merdeka belajar variabel x dan kemampuan berpikir kritis variabel y. populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII, Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 peserta didik. selanjutnya teknik pengumpulan data dengan observasi, penyebaran angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif ,uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil terbanyak pada implementasi kurikulum merdeka belajar yaitu 17 peserta didik dengan memperoleh kategori rendah berada dipresentase 33% dan hasil dominan pada kemampuan berpikir kritis terdapat pada kategori tinggi sebanyak 17 peserta didik dipresentase 35%. Hasil uji regresi linear sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,020 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Adapun tingkat pengaruh Implementasi kurikulum merdeka belajar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Karawang Barat sebesar 11%.
Downloads
References
Ahid, Nur. “Konsep Dan Teori Kurikulum Dalam Dunia Pendidikan.” ISLAMICA 1, no. 1 (2006): 29.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penellitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.
Ennis, R.H. The Nature Of Critical Thinking: An Outline Of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Chicago: University Of Illions, 2011.
Indonesia. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Citra Umbara, 2003.
Muhammad. Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Etika Sosial. Yogyakarta: Lontar Mediatama, 2018.
Rukajat, Ajat. Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Depublish, 2018.
Sugiyono, Prof. Dr. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2007.
———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2019.
———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. 22nd ed. Alfabeta, 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.