Tipologi Adab Peserta Didik Perspektif KH. Taufiqul Hakim dalam Kitab Adabul Muta’allim Wal Mu’allim
Abstract
Akhlakul karimah peserta didik kepada guru adalah modal utama untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan barakah di dunia maupun akhirat. Peserta didik yang mempunyai kepribadian beradab dan berakhlakul karimah tidak lahir begitu saja, akan tetapi melalui proses pendidikan, pembelajaran dan bimbingan (ta’dib) dari guru. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan tipologi adab peserta didik kepada guru yang terdapat dalam kitab Adabul Muta’allim wal Mu’allim karya KH. Taufiqul Hakim. Artikel ini merupakan studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif analitis. Temuan artikel menunjukkan: Pertama, KH. Taufiqul Hakim adalah seorang santri, guru dan penulis yang aktif di bidang pendidikan Islam. Kedua, kitab Adabul Muta’allim wal Mu’allim ditulis secara singkat dan rinci disertai dalil dalam bentuk syair bahasa Arab, Jawa dan Indonesia. Ketiga, Tipologi adab peserta didik dari perspektif KH. Taufiqul Hakim dalam kitab Adabul Muta’allim wal Mu’allim terdiri dari tiga tipe, yaitu: adab peserta didik kepada guru, adab peserta didik kepada diri sendiri, dan adab peserta didik kepada teman-temannya dan orang-orang Islam.
Kata Kunci: Tipologi Adab, Peserta Didik, KH. Taufiqul Hakim, Adabul Muta’allim wal Mu'allim.