RELEVANSI PENDIDIKAN ISLAM AL-GHAZALI TERHADAP GROWTH MINDSET GENERASI Z PADA MASA COVID-19

Published : 2022-03-12 | Abstract viewsc: 321 | PDF views: 298
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Erlita Budiarti(1*),

(1) UIN Antasari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK. Fenomena corona virus disease (Covid-19) telah mengubah produktivitas keseharian masyarakat dengan pola pelaksanaan dalam jaringan (Daring), Penularan virus berdampak pada aktivitas pembelajaran mengharuskan jutaan pelajar tidak terkecuali Indonesia melaksanakan pembelajaran secara e-learning, sehingga banyak pelajar tertekan, tidak percaya diri hingga ketakutan selama masa covid-19, sebab mengalami culture shock terhadap pembelajaran online yang belum pernah terjadi digolongan pelajar sebelumnya. Padahal pendidikan merupakan ukuran keberhasilan pelajar dalam menghadapi tantangan pada masa covid-19, oleh sebab itu peneliti ingin mengkaji pendidikan islam berdasarkan filosofi Al-Ghazali dari segi implementasi serta orisinalitas yang melampaui jaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan relevansi pendidikan islam yang memuat filosofi Al-Ghazali terhadap Growth Mindset para millennial dari adanya kejadian pandemi covid-19, adapun fokus permasalahan pada penelitian ini adalah sebagaimana menjawab permasalahan saat pembelajaran pada masa covid-19 tentunya ditemukan rumusan terbaru guna mencapai Growth Mindset yang optimal. metode yang digunakan peneliti adalah studi pustaka yaitu penelitian yang menggunakan penelusuran berupa buku, jurnal dan artikel yang mendukung adanya hasil penelitian, dengan menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dan wawancara semi-struktur berdasarkan daftar pertanyaan yang disusun lalu wawancara tersebut dikembangkan berdasarkan literatur yang terkait. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan islam filosofi Al- Ghazali menekankan pada pendidikan agama serta pembentukan akhlak dengan pengembangan kebahagiaan dunia dan akhirat tanpa mengabaikan kebaikan dunia sebagai sarana mencapai tujuan kebahagiaan akhirat. Konsep ini, sejalan dengan Growth Mindset karena dalam proses pembelajaran selama peristiwa covid-19 dibutuhkan penguasaan keterampilan diri yang islami dengan pembinaan personalitas berpikir positif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa peristiwa covid-19 telah memunculkan inovasi terbaru dalam dunia pendidikan secara eksplisit dan implisit yang telah dirancang dalam pendidikan islam sehingga berpengaruh pada Growth Mindset.


Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W., & Erlyani, N. (2020). Menulis Di Kala Badai Covid-19.

Abduloh, Agus Yosep. Hisam Ahyani. (2020). Pendidikan Hati Menurut Al-Ghazali (Keajaiban Hati: Penjelasan Tentang Perbedaan Antara Dua Maqom). Jurnal Tawadhu, 4 (2). 1209-1227.

Anthony, A., Sediyono, E., & Iriani, A. (2020). Analisis Kesiapan Kerja Mahasiwa Di Era Revolusi Industri 4.0 Menggunakan Soft—System Methodology. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(5), 1041–1050.

Bandura, A. (1977). Self-Efficacy: Toward A Unifying Theory of Behavioral Change.

Psychological Review, 84, 191-215.

Barseli, Dkk. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(03), 143-148.

Barseli, Mufadhal. Dkk (2020). Stress Akademik Akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia). 5(2), pp. 95-99.

Chaterine, R. N. (2020, March 18). Siswa Belajar dari Rumah, Kpai: Anak-Anak Stres Dikasih Banyak Tugas. Detik News. Retrieved From. https://news.detik.com/berita/d- 4944071/siswabelajar-darirumah-kpai-anak-anak-stres-dikasihbanyak-tugas

CNN, (2021, juli 10) 35.094 Kasus Positif Covid-19 Harian, 826 Orang Meninggal cnn.id/665846

Debacker Et Al. (2018). Effects of a one-shot Growth Mindset Intervention on Beliefs about Intelligence and Achievement Goals. An International Journal of Experimental Education Psychology. 38(6), 711-733

Hidayati. (2021). Konsep Pendidikan Islam Menurut Al-Ghazali (Sebuah Analisis Terhadap Kurikulum Pai). Jurnal Hikmah. 9(2), 76-90.

Hungwei,Yu-Chun, Eamonn, (2020). Exploring First-Time Online Undergraduate And Graduate Students’ Growth Mindsets and Flexible Thinking and Their Relations To Online Learning Engagement. Educational Technology Research And Development. Vol 68(5), 2285-2303.

Izzah, Khoirotul. (2020). Transformasi dan Manajemen Pendidikan Islam. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam. 1(3) 58-78.

Kholik, Abdul. (2021). Pendidikan Agama Islam Perspektif Al-Ghazali dalam Kitab Ihya’

Ulumuddin. Intizam : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4(2), 42-62. Langgulung, Hasan (1992). Teori Teori Kesehatan Mental. Pustaka Al Husna.

Mulyadi, S., & Raharjo, W. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Teori-Teori Baru dalam Psikologi. Rajagrafindo Persada.


Nata, Abuddin. (2013). Filsafat Pendidikan Islam (Edisi Terbaru). Jakarta: Gaya Media Pratama.

Ni’amah, Khoirotul. (2021). Paradigma Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali, Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(1), 59-71.

Rahmat. (2019). Pendidikan Agama Islam: Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Indonesia Era 4.0. Litersi Nusantara.

Ramayulis, samsul nizar. (2010). Filsafat Pendidikan Islam : Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta, Kalam Mulia.

Siahaan, Matdio, (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap dunia pendidikan. jurnal kajian ilmiah (JKI). Edisi Khusus No 1. 1-3.

Silahuddin, Silahuddin (2014). Dialektika Hadits Ahad dan Qiyas Sebagai Dalil dalam Penetapan Hukum Islam. Jurnal Al Dzikra 8 (2).

Wajdi, Muh Barid Nizaruddin. (2015). Pendidikan Ideal Menurut Ibni Khaldun dalam Muqaddimah. Jurnal Lentera, Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 13(2), 226-235.

Yurianto, Ahmad, Bambang Wibowo, K. P. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid- 19) (M. I. Listiana Azizah, Adistikah Aqmarina (Ed.)).

Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1), 55-61, https://edukatif.org/index.php/edukatif/index


Article metrics

Abstract views : 321 | views : 298


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/talimuna.v11i1.826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Erlita Budiarti

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.