PENDEKATAN BAHASA DALAM TEORI BATAS MUHAMMAD SYAHRUR

Authors

Keywords:

pendekatan bahasa, teori batas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mencoba menginterpretasi pendekatan yang dilakukan oleh Syahrur dalam menganalisa Al quran secara kata perkata atau biasa dikenal dengan pendekatan bahasa Al quran Syahrur dengan teorinya “the theori of limitâ€. Penelitian ini menggunakan library search dengan diskriptive analisis, dengan mengungkap pemikiran Muhammad Syahrur yang telah berhasil memberikan kontribusi yang cukup signifikan dikalangan penafsiran Al quran sehingga mengahasilkan produk yang humanis dan mudah untuk dijadikan metode pemahaman baru untuk menafsirkan Al quran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin Abdullah, Studi Islam: Normativitas atau Historisitas? Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996..

Ahmad Syarqawi Ismail, Rekonstruksi Konsep Wahyu Muhammad Syahrur, (Jakarta: elSAQ Press,2003.

Andreas Chrismann, Bentuk Teks (Wahyu) Tetap, Tetapi Kandungannya Selalu Berubah: Tekstualitas dan Penafsirannya dalam Al Kitab wa Al-Qur’an Pengantar dalam Syahrur, Metodologi Fiqh Islam Kontemporer.

Abdul Haris, “ Pembongkaran Muhammad Syahrur Terhadap Islam Ideologis, Sebuah Pengantar atas ide-ide Pemikiran Islam Kontemporer dalam Al- Kitab Wa Al-Qur’an : Qira’ah Mu’asyirah†dalam Jurnal Ijtihad No. 1 Tahun III/Januari-Jun 2003.

Muhammad Syahrur, Al-Kitab Wa al- Qur’an; Qira’ah Mu’ashirah. Ter. Sahiron Syamsuddin dan Burhanuddin Dzikir. Prinsip dan Dasar Hermeneutika AL-Quran Kontemporer. Yogyakarta: ElSAQ Press, 2004.

M.F Zenrif, Sintesis paradigma Studi Al-Qur’an, UIN. Malang Press, 2008.

Subhi As-Salih, Mabâhits fî 'Ulûm al-Qur`ân, diindonesiakan oleh Tim Pustaka Firdaus dengan judul Membahas Ilmu-Ilmu Al Qur'an. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2004.

Az-zarkasyi, Al-Burhân fî Ulûm al- Qur`ân. Kairo: Dar Al Hadits, 2006.

M. Abid Al-Jabiri, Madkhal Ila Al- Qur’an Al-Karim. Beirut: Markaz Dirasat Al-Wahdah Al-Arabiyyah, 2006.

Muhammad Syahrur, Al-Kitab Wa al- Qur’an; Qira’ah Mu’ashirah. Ter. Sahiron Syamsuddin dan Burhanuddin Dzikir. Prinsip dan Dasar Hermeneutika AL-Quran Kontemporer. Yogyakarta: ElSAQ Press, 2007.

Sahiron, Syamsuddin, Hermneutika Mazhab Yogya. Yogyakarta: Islamika, 2003.

Downloads

Published

2020-03-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Similar Articles

1-10 of 11

You may also start an advanced similarity search for this article.