INOVASI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PROGRAM UNGGULAN

DOI:

https://doi.org/10.32478/talimuna.v9i2.490

Authors

Keywords:

pengembangan pendidikan Islam, program unggulan

Abstract

Lembaga pendidikan Islam merupakan institusi pendidikan yang diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa spiritual dan intelektual yang tinggi. Maka eksistensi lembaga pendidikan Islam harus dipertahankan dengan adanya program unggulan, yang kemudian diharapkan mampu menjawab tantangan dan tuntutan modernisasi, kemajuan globalisasi, dan informasi saat ini. Metode kajian yang digunakan adalah kualitatif, dan metode penyajian datanya adalah deskriptif analisis, serta dirancang dengan pendekatan pustaka yang menelusuri beberapa pembahasan tentang pengembangan pendidikan, pendidikan Islam, dan program unggulan. Hasil dari pembahasan dalam kajian ini adalah 1) pengembangan pendidikan Islam memiliki makna secara kuantitatif dan kualitatif yang dapat diusahakan dengan cara menerapkan program unggulan; 2) dasar pemikiran pengembangan pendidikan Islam harus berpijak pada landasan preskriptif (landasan religius, filosofis, dan yuridis) dan landasan deskriptif (landasan ilmiah); 3) paradigma pengembangan pendidikan Islam yang menonjol adalah ortodoksi, islamisasi, atau modernisasi Islam, 4) strategi pengembangan pendidikan Islam dapat dilakukan dengan cara mempersiapkan hal-hal yang bersifat prinsip dan dilanjutkan dengan melakukan usaha-usaha yang bersifat praktik, dan 5) inovasi pengembangan pendidikan Islam salah satunya dapat dilakukan dengan program madrasah ungulan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Quran al-Karim.

Abbud, Abd al-Ghany., dan Hasan Ibrahim Abd al-Aly. 1990. Attarbiyah Alislamiyah wa tahaddiyat al’ashr. Kairo: Dar al-Fikri al-Araby.

al-Buhori, Shahih. Bab IX: Ma Qabla fi Aulad al-Musyrikin. Al-Maktabah As-Syamilah.

Ali, Suryadharma. 2013. Mengawal Tradisi Meraih Prestasi: Inovasi dan Aksi Pendidikan Islam. Malang: UIN-Maliki Press.

Anshori LAL. 2010. Transformasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gaung Persada Press.

Buchari, Agustini. Erni Moh. Saleh. Merancang Pengembangan Madrasah unggul. Journal of Islamic Education Policy, 2016, Vol.1, No.2.

Departemen Agama RI. 2004. Desain Pengembangan Madrasah. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam. 2002. Ensiklopedi Islam 3. Jakarta : Ichtiar Baru vanhoeve.

Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai: Studi Multikasus di SMA Negeri 1, SMA Regina Pacis, dan SMA Al Islam 1 Surakarta. Sukoharjo: Bantara Press.

Fajar, A. Malik. 2004. Strategi Pengembangan Pendidikan Islam dalam Era Globalisasi dalam Horizon Baru Pengembangan Pendidikan Islam (Upaya Merespon Dinamika Masyarakat Global). Malang: UIN Press.

Irsal. 2003. Pedoman Penyelenggaraan dan Pembinaan Madrasah Diniyah. Jakarta: Depag RI Direktorat Jendral Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren.

Maimun, Agus., dan Agus Zainul Fitri. 2010. Madrasah Unggul Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif. Malang: UIN-Maliki Press.

Muhaimin. 2011. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyono. 2010. El-Hikmah (Jurnal Kependidikan dan Keagamaan) Volume VIII Nomor 1. Malang: Fakultas Tarbiyah UIN Maliki Malang.

Nizar, Samsul. et al. 2013. Sejarah Sosial dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam d Nusantara. Jakarta: Kencana.

Pembukaan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Qomar, Mujamil. 2015. Dimensi Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Emir.

Shihab, M. Quraish. 2011. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Quran. Jakarta: Lentera Hati.

Subhan, Arief. 2012. Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad ke 20: Pergumulan antara Modernisasi dan Identitas. Jakarta: Kencana.

Tim Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam. 2003. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah Pertumbuhan dan Perkembangannya. Jakarta: Depag RI Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

INOVASI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PROGRAM UNGGULAN. (2020). Ta’Limuna, 9(2), 133-152. https://doi.org/10.32478/talimuna.v9i2.490

Similar Articles

1-10 of 89

You may also start an advanced similarity search for this article.