Urgensi Pendidikan Tauhid Perspektif Filsafat Al-Kindi

DOI:

https://doi.org/10.32478/ajmie.v3i2.1903

Authors

  • Rahmatullah Rahmatullah STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang -  Indonesia
  • Moh. Zaini Miftah STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang -  Indonesia

Keywords:

Al-Kindi, Pendidikan Tauhid, Filsafat, Filsafat Pendidikan Islam.

Abstract

Ajaran tauhid menjadi hal terpenting dalam pendidikan, karena menjadi risalah semua rasul. Pada tataran implementasi, pendidikan tauhid dipandang secara sepintas sebagai dogma agama. Pendidikan tauhid belum dianggap penting untuk dipelajari, karena tidak berkaitan dengan keterampilan hidup. Padahal secara filosofis, pendidikan tauhid berkenaan dengan sila pertama Pancasila, yakni Ketuhanan yang Mahaesa. Artikel ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian literatur yang relevan. Ada dua temuan artikel. Pertama, biografi Al-Kindi mulai dari pribadi, keluarga, lingkungan, pendidikan dan karyanya, menjadi gambaran awal tentang urgensi pendidikan tauhid. Kedua, urgensi pendidikan tauhid perspektif Al-Kindi dilandasi oleh ayat qauliyyah (verbal) dan kauniyyah (non-verbal) yang meliputi aspek ontologis, epistemologis, dan aksiologis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

al-Atsir, I. (1972). Jami’ al-Ushul fi Ahadits al-Rasul. Beirut: Maktabah al-Hulwani.

Al-Kindi. (1950). Al-Ibanah 'an Sujud al-Jirm al-Aqsha wa Tha'atuh lillah. In A. R. (ed.), Rasa'il al-Kindi al-Falsafiyah. Mesir: al-I`timad.

Al-Kindi. (1950). Fi Hudud al-Asyya’ wa Rusumuha. In A. R. (ed.), Rasa'il al-Kindi al-Falsafiyah. Mesir: al-I'timad.

Al-Kindi. (1950). Fi Kammiyah Kutub Aristhuthalis wa Ma Yahtaj Ilaih fî Tahshil al-Falsafah. In A. R. (ed.), Rasa'il al-Kindi al-Falsafiyah. Mesir: al-I'timad.

Asmawi. (2021). Epistemologi Hukum Islam: Perspektif Historis, Sosiologis dalam Pengembangan Dalil. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 32(1), 57-76.

Atiyeh, G. N. (1983). Al-Kindi Tokoh Filosof Muslim. (K. Djojosuwarno, Trans.) Bandung: Pustaka.

el-Ahwani, F. (1996). Al-Kindi. In M. Syarif, Para Filosof Muslim (A. Muslim, Trans.). Bandung: Mizan.

Fakhry, M. (2001 ). Sejarah Filsafat Islam: Sebuah Peta Kronologis. (Z. Am, Trans.) Bandung: Mizan.

Havis Aravik, H. A. (2019 ). Menguak Hal-Hal Penting dalam Pemikiran Filsafat al-Kindi . Jurnal Sosial dan Budaya Syar'i , 6(2), 191-206.

Kemdikbud. (2016, Desember 23). Ini Mata Pelajaran yang Diujikan dalam UN dan USBN 2017. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/ini-mata-pelajaran-yang-diujikan-dalam-un-dan-usbn-2017.

Khan, A. M. (2004). Dasar-Dasar Filsafat Islam. (Subarkah, Trans.) Bandung: Nuansa.

M. Syarif (ed.). (1994). Para Filosof Muslim. (I. Hasan, Trans.) Bandung: Mizan.

Madani, A. B. (2015). Pemikiran Filsafat al-Kindi. Jurnal Lentera, 17(2), 106-117.

Sirajuddin. (2004). Filsafat Islam; Filosof dan Filsafatnya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soleh, A. K. (2014). Mencermati Sejarah Perkembangan Filsafat Islam. Jurnal Tsaqafah, 10(1), 63-84.

Supriyadi, D. (2009). Pengantar Filsafat Islam: Konsep Filsuf dan Ajarannya. Bandung: Pustaka Setia.

Published

2022-12-31

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

Urgensi Pendidikan Tauhid Perspektif Filsafat Al-Kindi. (2022). AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, 3(2), 50-58. https://doi.org/10.32478/ajmie.v3i2.1903

Similar Articles

11-20 of 38

You may also start an advanced similarity search for this article.