MANAJEMEN SISTEM INFORMASI SEBAGAI PENGEMBANGAN PENYELENGGARAAN AKADEMIK MADRASAH DINIYAH AL-HIKAM MALANG
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i2.1020Keywords:
Manajemen Sistem Informasi, Akademik, Madrasah DiniyahAbstract
Pada era revolusi industry 4.0 ditandai dengan program-program yang digital. Tidak hanya berdampak pada perusahaan tetapi juga pada Lembaga Pendidikan Islam, yang mengharuskan penyelenggaran Pendidikan dituntut untuk membuat suatu solusi dan terobosan dengan memberbaharui sistem pendidikan yang didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi (TIK), sehingga terbangun sebuah sistem manajemen yang implementatif dan dianggap solutif. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Peneliti memilih jenis case study atau yang umum disebut dengan studi kasus. Dalam teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data temuan dianalisis dengan cara menggunakan beberapa langkah, antara lain sebagai berikut: kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti, dapat dijelaskan bahwa aplikasi / sistem informasi akademik Madrasah Diniyah Al-Hikam Malang hanya mengcover seputar KMB Santri baik program awaliyah maupun program Wustha. Artinya masih belum maksimal karena penyelenggaran akademik tidak hanya seputar pada KBM dan kurikulum saja, akan tetapi bagaimana sistem ini mengatur pada pendaftaran Santri secara online dan bagaimana Santri melakukan registrasi yang tidak perlu datang ke tempat Madrasah Diniyah Al-Hikam Malang dan bagaimana prosedur Santri masuk sampai dengan dikatakan lulus harus bisa dikelola oleh sistem informasi akademik.
Downloads
References
Afiffuddin & Ahmad Saebani Bani. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV. Pustaka Setia.
Bhatnagar, A. (2006). Strategic information systems planning: alignment of IS/IT planning and business planning. Unitec New Zealand.
Cavalier C, J. (2002). The forgottem question in information technology strategy planning. Journal Planning for Higher Education, 31(01).
Gaffar & Wawan Setiawan, F. (2019). Prinsip-Prinsip Penggunaan ITC dalam Sistem Manajemen Sekolah. Jurnal Pendidikan Tehnologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1).
Hamdan Abd. Razak & Aziz Deraman. (2008, June). Menuju kampus digital (e-kampus) Kertas Kerja Seminar Internasional Anjuran Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. UIN MALIKI Malang.
Hanafiah, Y. (2020). Madrasah Diniyah: Antara Realitas, Political Will, dan Political Action. Journal AL-FAHIM, 11(1).
Hartono Jogiyanto, M. (2005). Sistem Informasi Strategik. Andi Offset.
Kusdiartini, V. (2017). Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas di Era Disrupsi,. SCU Knowledge Media.
Mamang Sangaji & Sopiah, E. (2010). Metode Penelitian : Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. Andi Offset.
Mc Clea M & Yen CD. (2005). A framework for the utilization of information technology in higher education admission departmen. International Journal of Educational Management, 19(02).
Mc Leod Jr, R. (1995). Management Information System : A Study of Computer Based Information System. MacMelan Publising Company, 10(02).
Muniroh, A. (2018). Kontribusi Hasyim Muzadi Terhadap Nahdlatul Ulama (NU) Tahun 1964-2010 M. Universitas Islam Negeri Sunan Kali Jaga Yogyakarta.
Mustakini Jogianto, H. (2001). Analisis & Disain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi Offset.
National-Louis University (NLU). (2004). Information Technology Strategic Plan FY 2004-2007. The NLU IT Stretgic Planning Team with Support from SungardCollegis Strategic Services. http://oit.nl.edu/documents/NLU20042007Strategic Plan.pdf
Porter, Michael E. (1985). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. The Free Press.
Raja Malik, M. (2003). Practical approach to ICT strategic planning. Institut Tadbiran Awam Negara (INTAN).
Saunders & Keri E. Pearlson, C. S. (2012). Strategic Management of Information Systems. Wiley.
Slamet, Agus Maimun, Syaiful Mustofa, Z. A. (2010). Optimalisasi Penerapan Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Institusi Pendidikan Dengan Pendekatan Value Chain Model Pada Madrasah Aliyah Berstatus Unggulan Atau Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional Di Provinsi Jawa Timur.
Sutabri, T. (2016). Sistem Manajemen Informasi (Edisi Revisi). CV. Andi Offset.
Tim Peneliti Pendidikan agama dan Keagamaan Balai penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta. (2019). Panduan Penyelenggaraan Madrasah Digital. Kementrian Agama Republik Indonesia.
Wanwipa Titthasiri. (2000). Information technology strategic planning process for institutions of higher education in Thailand. NECTEC Technical Journal, 03(11).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- MIFTAKHUL MUNIR, MANAJEMEN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN NGASINAN REJOMULYO KEDIRI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Inawati Inawati, setiawan Setiawan, Moh. Safii, PENGEMBANGAN KONTEN SIPEJAR MANAJEMEN LEMBAGA INFORMASI BERBASIS INKLUSI SOSIAL UNTUK MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Noorrela Ariyunita, PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA PENDIDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL HUDA MAGUWO, SLEMAN. , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- AGUS PURWANTO, Riza Primahendra, Ardian Sopa, Sekundina Williana Kusumaningsih, Rudy Pramono, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tansformational, Authentic, Authoritarian, Transactional Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah di Tangerang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Zaedun Na'im, MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI DISIPLIN ILMU , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Muhammad Faishal Haq, MANAJEMEN GURU ERA OTONOMI DAERAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Mohamad Rosidin, SASARAN PEMBENAHAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Citra Anisa, Rahmatullah Rahmatullah, Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Dalam Perspektif Pendidikan Islam , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Zainul Arifin, STUDI EVALUATIF TENTANG KEBERADAAN SEKOLAH PROGRAM BAKAT ISTIMEWA DI MTsN MALANG III BERDASARKAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGKAT SMP/MTS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- ARI DWI WIDODO, MANAJEMEN PEMBELAJARAN AQIDAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMAAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.