PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MA MIFTAHUTTHOLIBIN KUNINGAN

Published : 2020-09-04 | Abstract viewsc: 618 | PDF views: 280
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Iip Muhammad(1), Septi Gumiandari(2*), Huriyah Huriyah(3),

(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(2) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(3) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Iip muhamad anwarul kholiq, Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Kearifan Lokal di MA Miftahuttholibin Program Studi Manajemen Kuningan , Magister Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Pascasarjana IAIN Syech Nurjati 2020.

Penelitian ini dilatarbelakangi observasi di MA Miftahuttholibin Kuningan. Menemukan kasus di MA Miftahuttholibin Kuningan adalah satu-satunya sekolah menengah kejuruan di Kota Kuningan yang mengusung sejarah budaya dan kesenian Kuningan sebagai program keahliannya. Sekolah Menengah SMK yang mengusung teknologi dan jurusan yang ramai peminat, sekolah ini berpegang teguh pada Norma dan nilai luhur budaya khusus budaya Kuningan.

Tujuan penelitian adalah membangun pembelajaran bahasa Inggris berbasis Kearifan Lokal adalah menyediakan pelajar dan masyarakat untuk cara belajar Bahasa Inggris dengan baik, serta meningkatkan ketertarikan pelajar dan masyarakat tentang pembelajaran bahasa berbasis Kearifan Lokal. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dimana yang menjadi subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X, XI, XII, di MA Miftahuttholibin Kuningan, yang dilengkapi 120 Siswa

.Penelitian  ini  dilaksanakan  kurang  lebih  3  bulan  mulai  dari  bulan  Juli sampai September 2018. Penelitian dimulai dari observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru, karyawan/staf, siswa dan orang tua anak. Pengumpulan data dalam  penelitian  ini  menggunakan  metode  observasi,  wawancara  dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi.

Hasill  penelitian  Pertama,  pembelajaran  bahasa inggris berbasis Kearifan Lokal sangat penting diterapkan di MA Miftahuttholibin  Kuningan, selain bahasa inggris yang sudah menjadi bahasa internasional  tetapi merupakan salah satu bahasa wajib di praktekan sehari-hari di sekolah smk ini sehingga memudahkan peserta didik menerima dan mengaplikasikan pembelajaran bahasa inggris berbasis Kearifan Lokal di sekolah. Kedua, cara implementasi pembelajaran bahasa inggris berbasis Kearifan Lokal dengan pendekatan tiga pola yaitu pola pembiasaan/pengulangan,  pola  contoh,  dan  pola  implementasi  dan  evaluasi. Ketiga, Guru tidak mendukung hasil belajar Akan tetapi produksi proses belajar Lingkungan juga berkolaborasi mulai dari Lingkungan Keluarga, Sekolah dan masyarakat. penghambat dalam pembelajaran berbasis Kearifan Lokal dengan menggunakan bahasa inggris pada pelajaran bahasa inggris. kurang media konkret dan buku yang dijadikan sumber untuk belajar.

Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Kearifan Lokal


Keywords


Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


Brown, Douglas. (2007) Mengajar dengan Prinsip: Suatu Tempat Interaktif untuk Pedagogi Bahasa. Amerika Serikat: Pearson.

Hidayat, asep ahmad, 2006. Filsafat bahasa: Mengungkap hakikat bahasa, makna dan tanda . Bandung PT Remaja Rosdakarya.

Machali, Imam, dan Ara Hidayat. Buku Pegangan Manajemen Pendidikan: Teori dan Praktek Manajemen Sekolah / Madrasah di Indonesia. Jakarta: Grup Prenadamedia, 2016.

Margana. (2009). Mengintegrasikan budaya lokal ke dalam proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris.Linguistik dan Sastra, vol 21, no.2.

Mulyasa, E. 2010. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda.

Rivai, Veithzal. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2004.

Robbins, Stephen P. Prilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Dialihbahasakan oleh Hadyana Pujaatmaka. Vol. I. Jakarta: PT Prenhallindo, 1996.

-. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Dialihbahasakan oleh Hadyana Pujaatmaka. Vol. II Jakarta: PT Prenhallindo, 1996.

Saud, Udin Syaefudin. 2012. Inovasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sagala, Syaiful. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2006.

Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sutisna, Oteng. Administrasi Pendidikan: Dasar Teoretis untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa, 1989.

UPI, Tim Dosen Administrasi Pendidikan. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.

Zamroni, 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan . Yogyakarta: Bigraf


Article metrics

Abstract views : 618 | views : 280


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v4i2.469

Refbacks





Copyright (c) 2020 iip muhamad, Septi Gumiandari, Huriyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.