PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MA MIFTAHUTTHOLIBIN KUNINGAN
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i2.469Keywords:
Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Kearifan LokalAbstract
Iip muhamad anwarul kholiq, Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Kearifan Lokal di MA Miftahuttholibin Program Studi Manajemen Kuningan , Magister Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Pascasarjana IAIN Syech Nurjati 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi observasi di MA Miftahuttholibin Kuningan. Menemukan kasus di MA Miftahuttholibin Kuningan adalah satu-satunya sekolah menengah kejuruan di Kota Kuningan yang mengusung sejarah budaya dan kesenian Kuningan sebagai program keahliannya. Sekolah Menengah SMK yang mengusung teknologi dan jurusan yang ramai peminat, sekolah ini berpegang teguh pada Norma dan nilai luhur budaya khusus budaya Kuningan.
Tujuan penelitian adalah membangun pembelajaran bahasa Inggris berbasis Kearifan Lokal adalah menyediakan pelajar dan masyarakat untuk cara belajar Bahasa Inggris dengan baik, serta meningkatkan ketertarikan pelajar dan masyarakat tentang pembelajaran bahasa berbasis Kearifan Lokal. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dimana yang menjadi subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X, XI, XII, di MA Miftahuttholibin Kuningan, yang dilengkapi 120 Siswa
.Penelitian  ini  dilaksanakan  kurang lebih  3  bulan  mulai  dari  bulan  Juli sampai September 2018. Penelitian dimulai dari observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru, karyawan/staf, siswa dan orang tua anak. Pengumpulan data dalam  penelitian  ini menggunakan  metode  observasi,  wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi.
Hasill  penelitian  Pertama,  pembelajaran  bahasa inggris berbasis Kearifan Lokal sangat penting diterapkan di MA Miftahuttholibin Kuningan, selain bahasa inggris yang sudah menjadi bahasa internasional tetapi merupakan salah satu bahasa wajib di praktekan sehari-hari di sekolah smk ini sehingga memudahkan peserta didik menerima dan mengaplikasikan pembelajaran bahasa inggris berbasis Kearifan Lokal di sekolah. Kedua, cara implementasi pembelajaran bahasa inggris berbasis Kearifan Lokal dengan pendekatan tiga pola yaitu pola pembiasaan/pengulangan,  pola contoh,  dan  pola  implementasi  dan  evaluasi. Ketiga, Guru tidak mendukung hasil belajar Akan tetapi produksi proses belajar Lingkungan juga berkolaborasi mulai dari Lingkungan Keluarga, Sekolah dan masyarakat. penghambat dalam pembelajaran berbasis Kearifan Lokal dengan menggunakan bahasa inggris pada pelajaran bahasa inggris. kurang media konkret dan buku yang dijadikan sumber untuk belajar.
Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Kearifan Lokal
Downloads
References
Brown, Douglas. (2007) Mengajar dengan Prinsip: Suatu Tempat Interaktif untuk Pedagogi Bahasa. Amerika Serikat: Pearson.
Hidayat, asep ahmad, 2006. Filsafat bahasa: Mengungkap hakikat bahasa, makna dan tanda . Bandung PT Remaja Rosdakarya.
Machali, Imam, dan Ara Hidayat. Buku Pegangan Manajemen Pendidikan: Teori dan Praktek Manajemen Sekolah / Madrasah di Indonesia. Jakarta: Grup Prenadamedia, 2016.
Margana. (2009). Mengintegrasikan budaya lokal ke dalam proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris.Linguistik dan Sastra, vol 21, no.2.
Mulyasa, E. 2010. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda.
Rivai, Veithzal. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2004.
Robbins, Stephen P. Prilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Dialihbahasakan oleh Hadyana Pujaatmaka. Vol. I. Jakarta: PT Prenhallindo, 1996.
-. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Dialihbahasakan oleh Hadyana Pujaatmaka. Vol. II Jakarta: PT Prenhallindo, 1996.
Saud, Udin Syaefudin. 2012. Inovasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sagala, Syaiful. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2006.
Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2013.
Sutisna, Oteng. Administrasi Pendidikan: Dasar Teoretis untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa, 1989.
UPI, Tim Dosen Administrasi Pendidikan. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
Zamroni, 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan . Yogyakarta: Bigraf
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- ARI DWI WIDODO, MANAJEMEN PEMBELAJARAN AQIDAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMAAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- Mariaty Podungge, PENERAPAN DISIPLIN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGEMBANGAN DIRI SANTRI DI PESANTREN HUBULO , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Alviyatul Qodri, Maskud Maskud, Faisol Nasar bin Madi, ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MULTILINGUAL DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Murniyanto Murniyanto, Siswanto Siswanto, MANAJEMEN SARANA PRASARANA MUTU PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 REJANG LEBONG , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Anwar Sa'dullah, Triyo Supriyatno, Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan Isalm Berbasis Sustainable Development Goals Di Yayasan Pendidikan Anak Saleh Kota Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Tri Mardiansah, Muhammad Daniel, Mi'raj Mi'raj, Evaluasi Program Tahfidz Ummi Model CIPP di Sd Ummu Aiman Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Rosidin, OPTIMALISASI MANAJEMEN WAKTU MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF TAFSIR TARBAWI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Siti Aminah Prayogo, Ari Widodo, MEMBANGUN BUDAYA MUTU DI MADRASAH UNGGUL (Studi Kasus di MAN 1 Jember dan MA Unggulan Nurul Islam Jember) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Mochammad Jafar Amri Amanulloh, Mohamad Irvan Muzakky, OPTIMIZATION OF CONTINOUOS IMPROVEMENT IN ISLAMIC EDUCATION: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Muhammad Faishal Haq, MANAJEMEN GURU ERA OTONOMI DAERAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.