MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI DISIPLIN ILMU
DOI:

Keywords:
Manajemen Pendidikan Islam, disiplin ilmuAbstract
Suatu lembaga pendidikan pastilah memerlukan yang namanya manajemen. Dikatakan demikian karena dengan manajemen mencakup pengaturan secara luas, baik dari segi sumber daya manusia sekolah maupun hal hal yang terkait lembaga itu tersendiri. Contoh saja dalam hal siswa, perlu yang namanya manajemen kesiswaan, karena dengan manajemen kesiswaan, Siswa diatur atau didesain bagaimana siswa itu menguasai mata pelajaran dengan baik sehingga menghasilkan lulusan yang baik pula. Oleh karenanya manajemen pendidikan merupakan bagian dari khazanah keilmuan. Dikatakan demikian karena dari kata ilmu itu sendiri apabila kita kaji dan telaah, maka sangatlah luas isi cakupannya, bisa dalam hal pendidikan atau hal - hal lain.
Dari uraian tersebut bisa dipahami bahwasanya dalam bidang pendidikan terutama pendidikan Islam perlu yang namanya suatu ilmu yang dinamakan manajemen. Dikatakan demikian karena dengan manajemen, pendidikan Islam itu di kelola dengan baik sehingga menghasilkan apa yang diharapkan. Oleh karena itu dari sini perlu dikaji secara mendalam agar lebih memahamkan yang dikehendaki manajemen pendidikan Islam sebagai disiplin ilmu.
Downloads
References
Ahmadi, Abu dan Nur Ubuyati, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT Rineka Cipta, Cet:2 2001
Arifin, M. Ilmu pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis, Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2003
Bakhtiar, Amsal, Filsafat Ilmu Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2006
Masruri, Hadi dan Imron Rossidy, Filsafat sains dalam Al-Qur’an. Malang: UIN Press, 2007
Mulyono, Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jakarta"Ar-Ruzz, 2009.
Qomar, Mujamil, Manajemen Pendidikan Islam, Malang : Erlangga, 2007
Sidhaharto, B. Arief, Apakah filsafat dan filsafat Ilmu itu? Bandung; Pustaka Sutra, 2008
Surajiyo, Ilmu Filsafat Suatu Pengantar Jakarta: PT Bumi Aksara, 2005
Surajiyo, Filsafat Ilmu dan perkembangannya di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 2010
TIM Dosen Filsafat ilmu UGM, Filsafat Ilmu Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu Pengetahuan Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 2003
Wiramihardja, Sutardjo A. Pengantar Filsafat Bandung; PT Refika Aditama, 2007
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- A. Qomarudin, Roihatul Jannah, Strategi Pengembangan Kurikulum Tingkat Lembaga Pendidikan Berbasis Moderasi Beragama di Madrasah Ibtidaiah Al-Asyhar Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 1 (2025): Evaluasi-Edisi Maret
- Ahmad Fauzan, Mirhabun Nadir, M. Bisri Ikhwan, MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA (STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH AL AMIRIYAH BLOKAGUNG , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Ahmad Buchori Muslim, KONSEP KEPEMIMPINAN PERSPEKTIF TASAWUF POSITIF MODERN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Yun Kusumawati, faturrahman faturrahman, Theresia Pradiani, PENGARUH PROGRAM PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI KERJA DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA GURU LAZUARDI GLOBAL COMPASSIONATE SCHOOL DEPOK , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 1 (2025): Evaluasi-Edisi Maret
- Fitria Ningsih, Akh Syaiful Rijal, IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM SKUA DI MA UMMUL QURO PUTRI PAMEKASAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Muhammad Haekal, ASPEK SUSTAINABILITAS DI PERGURUAN TINGGI ISLAM: ANTARA KONSEP DAN PRAKTIK KEPEMIMPINAN BERKELANJUTAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Hamengkubuwono Hamengkubuwono, Eli Susanti, Hambatan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMAN 8 Rejang Lebong , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- M Arief Affandi, Abdul Malik Karim Amrullah, Muhammad In'am Esha, Administrasi Pendidikan Islam dan Seni Mengelolanya , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Hermon Susanto, MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS AGROBISNIS DI PONDOK PESANTREN DARUL AUFA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Mochamad Nurcholiq, Analisis TOWS-K dan SWOT Studi Kasus Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2020): Evaluasi-edisi September
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- Zaedun Na'im, ETIKA KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN KORELASINYA TERHADAP KINERJA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Zaedun Na'im, KONSEP DASAR DAN TATA KELOLA MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Zaedun Na'im, MODEL PENDEKATAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Zaedun Na'im, Relevansi Teknologi Pendidikan dan Mutu Pendidikan , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
- Zaedun Na'im, SEJARAH PERKEMBANGAN MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Zaedun Na'im, TINJAUAN TEORITIS MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret