Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.856

Authors

  • Sherfina Indah Aprilia Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Dwi Ratnasari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • M. Slamet Yahya Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

Video Pembelajaran, Motivasi, Belajar

Abstract

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara tidak langsung menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan saat ini. Hal tersebut menyebabkan kurang maksimalnya proses pembelajaran yang dilaksanakan secara tidak langsung (tatap muka) yang dapat menyulitkan peserta didik dalam memahami isi materi pelajaran. Oleh sebab itu, dibutuhkan solusi yang tepat mengenai media pembelajaran yang sesuai untuk digunakan dosen (pendidik) dalam menyampaikan materi kepada mahasiswa. Salah satu media yang dapat dijadikan solusi atau digunakan selama proses pembelajaran daring tersebut yaitu adanya video pembelajaran yang menggabungkan tipe belajar secara audio dan visual. Seperti yang telah diterapkan dalam mata kuliah Praktikum PAI di UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ditemukan bahwa secara garis besar video pembelajaran yang digunakan sebagai bagian dari tugas bagi para mahasiswa memberikan respon yang positif dalam hal memotivasi dan meningkatkan pemahaman materi secara lebih mudah. Hal tersebut dikarenakan video pembelajaran yang digunakan dapat menarik perhatian serta bisa dipelajari secara berulang. Dengan begitu dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan video pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto. (2022). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 87-95. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.856

Similar Articles

1-10 of 27

You may also start an advanced similarity search for this article.