Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.856Keywords:
Video Pembelajaran, Motivasi, BelajarAbstract
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara tidak langsung menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan saat ini. Hal tersebut menyebabkan kurang maksimalnya proses pembelajaran yang dilaksanakan secara tidak langsung (tatap muka) yang dapat menyulitkan peserta didik dalam memahami isi materi pelajaran. Oleh sebab itu, dibutuhkan solusi yang tepat mengenai media pembelajaran yang sesuai untuk digunakan dosen (pendidik) dalam menyampaikan materi kepada mahasiswa. Salah satu media yang dapat dijadikan solusi atau digunakan selama proses pembelajaran daring tersebut yaitu adanya video pembelajaran yang menggabungkan tipe belajar secara audio dan visual. Seperti yang telah diterapkan dalam mata kuliah Praktikum PAI di UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ditemukan bahwa secara garis besar video pembelajaran yang digunakan sebagai bagian dari tugas bagi para mahasiswa memberikan respon yang positif dalam hal memotivasi dan meningkatkan pemahaman materi secara lebih mudah. Hal tersebut dikarenakan video pembelajaran yang digunakan dapat menarik perhatian serta bisa dipelajari secara berulang. Dengan begitu dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan video pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-03-31
Issue
Section
Original Research Article
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto. (2022). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 87-95. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.856
Similar Articles
- Miftachul Ulum, Abdul Mun’im, Erly Juliyani, Pusvyta Sari, EVALUASI PEMBELAJARAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN BISNIS ONLINE KELAS XII SMK SUNAN DRAJAT LAMONGAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- 'Aabidah Ummu 'Aziizah, Suwadi Suwadi, PENGEMBANGAN KEBIJAKAN DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DALAM MENJAWAB ISU LITERASI MEMBACA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- ARI DWI WIDODO, MANAJEMEN PEMBELAJARAN AQIDAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMAAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- - Romdloni, PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI MANAJEMEN KELAS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- M. Ma'ruf, MEMBANGUN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI AKTIVITAS KEAGAMAAN (Studi Kasus di SMKN 1 Grati Pasuruan Jawa Timur) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Murniyanto Murniyanto, Siswanto Siswanto, MANAJEMEN SARANA PRASARANA MUTU PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 REJANG LEBONG , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Mariaty Podungge, PENERAPAN DISIPLIN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGEMBANGAN DIRI SANTRI DI PESANTREN HUBULO , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Umi Salamah, PENJAMINAN MUTU PENILAIAN PENDIDIKAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- Tri Mardiansah, Muhammad Daniel, Mi'raj Mi'raj, Evaluasi Program Tahfidz Ummi Model CIPP di Sd Ummu Aiman Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Mochamad Nurcholiq, ACTUATING DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN DAN AL-HADITS (Kajian Al-Quran dan Al-Hadits Tematik) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.