MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA PONDOK PESANTREN TAHFIZH AL-QUR’AN IMAM ASY-SYAATHIBY WAHDAH ISLAMIYAH TINGKAT ‘ULYA BOTTOBADDO
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i2.451Keywords:
Pesantren, Peserta Didik, Hafizh, Manajemen, Wahdah IslamiyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat manajemen peserta didik di Pondok Pesantren Tahfizh Al Qur’an Imam Asy Syaathiby Wahdah Islamiyah Tingkat ‘Ulya. Metode penelitian mengaplikasikan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menerapkan flow model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Wahdah Islamiyah tingkat ‘Ulya melakukan perencanaan dan penetapan jumlah peserta didik yang akan diterima serta melakukan penentuan program kegiatan bagi peserta didik. Faktor pendukung penyelenggaraan manajemen peserta didik adalah besarnya minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di pondok pesantren, tenaga pengajarnya merupakan alumni universitas ternama dan favorit baik di dalam maupun luar negeri, promosi kegiatan dan program pondok pesatren yang berjalan dengan baik, besarnya sokongan dana dari para donatur (muhsinin), afiliasi dengan ormas Wahdah Islamiyah yang memiliki citra positif sebagai ormas yang memiliki pesantren dan sekolah yang cukup berkualitas. Faktor penghambat penyelenggaraan manajemen peserta didik adalah keterbatasan sarana dan prasarana khususnya ruang kelas dan asrama, tidak adanya bantuan operasional dari pemerintah, keterbatasan sumber daya manusia khususnya tenaga pengajar. Penelitian ini dapat berkontribusi secara khusus bagi manajemen penyelenggaraan peserta didik (santri) dalam institusi pendidikan Islam (pesantren).
Downloads
References
Dasar, U. U. (1945). Pasal 31 Ayat 1. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ekawita, R., & Supiyati, S. (2020). Pengenalan Teknologi dan Assembling Robotik RC Bagi Siswa dan Guru di MTs Alquran Harsallakum Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(1), 1-6.
Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hamidah, Y. S. (2014). Manajemen Peserta Didik (Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kawali) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Hidayat. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter di SD IT Wahdah Islamiyah 01 Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.
Irfan, M., Wiyono, B. B., & Benty, D. D. N. (2013). Manajemen Peserta Didik Di Sekolah Satu Atap, Manjemen Pendidikan Volume 24 Nomor 1 Maret 2013, 52-60.
Jahari, J., Khoiruddin, H., & Nurjanah, H. (2018). Manajemen Peserta Didik. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(2), 170-180.
Mas’udi, M. F. (2013). Syarah UUD 1945 Perspektif Islam. Pustaka Alvabet.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. United State America: Sage.
Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 33.
Purwanti, A. R. (2015). Manajemen Pembinaan Peserta Didik Full Day School (Studi Kasus pada SDIT Luqmanul Hakim Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Ramayulis. (2018). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jartarta: Kalam Mulia.
Riduwan, Tim Dosen Administrasi; Pend. UPI. (2013). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Rifqi, A., Imron, A., & Mustiningsih, M. (2016). Manajemen Alumni di Pondok Pesantren Modern dan Salaf (Studi di Pondok Pesantren Nurul Jadid dan Pondok Pesantren Sidogiri). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 686-691.
Risdianti, D. (2017). Manajemen Rekrutmen Peserta Didik. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 2(2), 59-70.
Rohiat. (2015). Manajemen Sekolah: Teori dan Praktik. Bandung: Refika Aditama
Soebahar, Abdul Halim. (2013). Kebijakan pendidikan Islam dari Ordonansi Guru Sampai UU Sisdiknas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Werang, Basilius R. (2015). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Hermon Susanto, MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS AGROBISNIS DI PONDOK PESANTREN DARUL AUFA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Muhammad Syauqillah, Muhammad Zaironi, Ida Fitri Anggarini, PENGUATAN LEMBAGA PESANTREN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, SANTRI DAN ALUMNI PONDOK PESANTREN AL-KHOIROT KARANGSUKO PAGELARAN MALANG , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
- M Arief Affandi, Abdul Malik Karim Amrullah, Muhammad In'am Esha, Administrasi Pendidikan Islam dan Seni Mengelolanya , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Slamet Slamet, Larasati Sukma Nurhidayah, EVALUASI KINERJA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI: PENDEKATAN METODE IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
- Anwar Sa'dullah, Triyo Supriyatno, Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan Isalm Berbasis Sustainable Development Goals Di Yayasan Pendidikan Anak Saleh Kota Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Rahmatullah Rahmatullah, PENINGKATAN MUTU PENDIDIK PERSPEKTIF ISLAM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Hamengkubuwono Hamengkubuwono, Eli Susanti, Hambatan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMAN 8 Rejang Lebong , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Ismatul Izzah, ANALISIS MANIFESTASI IMPLEMENTASI SCHOOL BASED MANAGEMENT PADA PENGEMBANGAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI LEMBAGA PENDIDIKAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Siti Makhmudah, Pendidik dan upaya manajemen formulasi lembaga pendidikan Islam yang kreatif menghadapi masa pandemi covid-19 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Fitria Ningsih, Akh Syaiful Rijal, IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM SKUA DI MA UMMUL QURO PUTRI PAMEKASAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.