STRATEGI PROMOSI SMPN 5 SATU ATAP LINGGO SARI BAGANTI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.910Keywords:
Strategy, promotion, StudentsAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa untuk melanjutkan pendidikan, pada sekolah satu atap yang berstatus Negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep strategi promosi Sekolah satu atap dalam meningkatkan jumlah siswa serta melihat faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan promosi pendidikan di SMPN 5 satu atap Linggo Sari Baganti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendektaan deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa dan masyarakat. Analisis data hasil penelitian ini melalui tahap: tahap reduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilaksanakan pertama, Mengidentifikasi masyarakat/ pasar sasaran, menyusun perencanaan kegiatan promosi, menentukan saluran promosi yang digunakan. Dari penjelasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa startegi promosi yang digunakan oleh sekolah sudah efektif, serta mampu meningkatkan jumlah siswa dari tiga tahun terakhir di SMPN 5 Satap Linggo Sari Baganti. Factor pendukung dan penghambat dalam pemasaran jasa pendidikan berasal dari Interl maupun eksternal sekolah.
Downloads
References
Abdullah, T. dan T. (2012). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo.
adri efferi. (2019). Strategi Rekrutmen Peserta Didik Baru Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif di MA Nahdlotul Muslimin Undaan Kudus. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam., Vol 14, no.
Creswell J.W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Diantara Lima Pendekatan. UST-Press.
E. Muliyasa. (2003). Manajemen Berbasis Pendidikan.
lupiyoadi, rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Salemba Empat.
Moore, H. F. (2005). Humas: Membangun Citra Dengan Komunikasi. Remaja Rosdakarya.
Mulyono. (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Ar-Ruzz Media.
Rangkuti. (2014). Manajemen Strategi Konsep-Konsep. PT Indeks.
Ratih, alma bukhari dan hurriyati. (2008). Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan, Fokus Pada Mutu dan Layanan Prima. ALFABETA.
Suharsimi. (2012). Manajemen Pendidikan. Aditya Media.
Sukmadinata, N, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
W., S. H. & S. (2013). Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Usaha Nasional.
Wijaya, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan. Salemba Empat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Inawati Inawati, setiawan Setiawan, Moh. Safii, PENGEMBANGAN KONTEN SIPEJAR MANAJEMEN LEMBAGA INFORMASI BERBASIS INKLUSI SOSIAL UNTUK MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Sa'adatun Niswah, Nur Asiyah, Nasikhin Nasikhin, Wahyudi Wahyudi, TECHNOLOGY-BASED EDUCATION MANAGEMENT IN SALAF ISLAMIC BOARDING SCHOOLS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Sitti Nuraini, THE EFFECTIVENESS OF SCHOOL PRINCIPAL LEADERSHIP IN ENHANCING TEACHER PROFESSIONAL COMPETENCE AT SMK MIFTAHUL ULUM TUMPENG WONOSARI, BONDOWOSO , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Alviyatul Qodri, Maskud Maskud, Faisol Nasar bin Madi, ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MULTILINGUAL DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Ismatul Izzah, ANALISIS MANIFESTASI IMPLEMENTASI SCHOOL BASED MANAGEMENT PADA PENGEMBANGAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI LEMBAGA PENDIDIKAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Uuh Buchori, Ilzamudin Ma'mur, Ali Muhtarom, PERAN PENTING KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PROSES PENGEMBANGAN MADRASAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Alfin Mustikawan, Agus Maimun, Sugeng Listyo Prabowo, INTELLECTUAL CAPITAL IN ISLAMIC HIGHER EDUCATION: PESANTREN-BASED INSTITUTIONS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Hasan Baharun, Miftahul Huda, Silvy Qotrun Nada, LEADERSHIP LEARNING FOR STUDENTS THROUGH STRENGTHENING ORGANIZATIONAL EMPOWERMENT IN ISLAMIC BOARDING SCHOOLS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret
- mayana ratih permatasari, BRANDING IMAGE STRATEGY PESANTREN SALAF WALISONGO SRAGEN DI ERA DISRUPSI; SEBUAH PERGESERAN PARADIGMA LEMBAGA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.