PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IB MIN 1 TANAH DATAR

Authors

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IB MIN 1 Tanah Datar serta aktivitas belajar yang membosankan akibat kurang maksimalnya penyajian materi pembelajaran matematika di kelas IB. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IB MIN 1 Tanah Datar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IB MIN 1 Tanah Datar yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskripsi dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas IB mengalami peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran picture and picture. Pada siklus I yang mencapai ketuntasan adalah 13 orang, dengan persentase ketuntasan 46,4 % dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 15 orang dengan persentase ketidak tuntasan 53,5%. Karena persentase ketuntasan siswa masih rendah yaitu 53,5% maka dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus II. Pada tabel di atas, terlihat hasil belajar matematika siswa pada siklus II terjadi peningkatan untuk siswa yang mencapai KKM. Pada siklus ke II ini ada 25 orang siswa yang mencapai ketuntasan yaitu sekitar 89,2%, dan yang belum tuntas hanya 3 orang atau sekitar 10,7%. Peningkatan hasil belajar siswa kelas IB MIN 1 Tanah Datar ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture berhasil meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IB MIN 1 Tanah Datar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Janah, M. C., & Widodo, A. T. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2097–2107.

Kuamba, G., Tamboto, F. I., & Supit, P. H. (2022). Penerapan model picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas IV SD Katolik 07 Xaverius Kairagi. 1(7), 747–756.

Nursehah, Uvia; Aris, Ika Evitasari; Rakhmah, K. (2022). Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Matematika Tema 2 Subtema 1 Kelas 1 Sdn Cilaku. 3(02), 9–25.

Safrizal, S. (2019). Adiwiyata; Model of Building Science Literacy of Basic School Students in 21St Century. PROCEEDING IAIN Batusangkar, Query date: 2020-08-14 14:24:03, 277–282. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/1319

Safrizal, S. (2023). Kajian IPA MI/SD terintegrasi dengan Nilai Keislaman (kedua). Prenada Media Grup.

Safrizal, S., Yulia, R., & Suryana, D. (2021). Difficulties of Implementing Online Learning in Kindergarten During Pandemic ; Teacher ’ s Perspective Review. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(3), 406–414.

Sari, D. P., & Safrizal, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Strategi Think, Predict, Read, Connect untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 4(2), 177. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i2.13822

Selatan, K. A. B. K., & Kuraedah, S. (2016). No Title. 9(1), 144–161.

Suryati, S. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Anak Tunadaksa Kelas II SDLB. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 158–163. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.603

Wagiran, W., Satino, S., & Ruwanto, B. (2015). Model Sekolah Adiwiyata Berbasis Kearifan Lokal Hamewayu Hayuning Bawana (Cetakan Pe). K-Media.

Yulia, R. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DI TAMAN KANAK-KANAK TERHADAP SENSE OF BELONGING SISWA PADA. 3. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.926

Downloads

Published

2022-12-26

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IB MIN 1 TANAH DATAR. (2022). ISPRIS:Islamic Primary School, 1(2), 68-75. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/ispris/article/view/1207