PERENCANAAN STRATEGIS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH MELALUI ANALISIS SWOT
DOI:
https://doi.org/10.32478/leadership.v5i2.2399Abstract
Strategic planning in the educational environment needs to be improved to realize better quality madrasah education. The basis of this research is the fact that strategic planning through SWOT analysis (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats) is very important to manage the quality of education. The aim of this research is to describe the SWOT analysis of the internal and external environment as well as strategic planning in improving the quality of madrasah education through SWOT analysis. This research uses a qualitative descriptive method with a case study approach. Research object at MAN 2 Lebong. Data collection methods are through interviews, observation and document analysis, while data analysis techniques are through reduction, presentation and verification. The research results show that: first, the SWOT analysis of MAN 2 Lebong's internal environment has more advantages (Strengths) than disadvantages (Weaknesses). Second, the possibilities (Opportunities) are greater than the risks (Threats) in the SWOT analysis of the external environment. Third, by using SWOT analysis, strategic planning can improve the quality of madrasa services and the quality of madrasa education at MAN 2 Lebong. The SWOT matrix can also help determine the position of madrasahs in improving the quality of education.
Keywords: SWOT analysis; Quality of Education; Strategic planning.
ABSTRAK
Perencanaan strategis pada lingkungan pendidikan perlu ditingkatkan untuk mewujudkan kualitas pendidikan madrasah yang lebih baik. Dasar penelitian ini adalah Fenomena bahwa perencanaan strategis melalui analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Tthreats), sangat penting untuk mengelola kualitas mutu pendidikan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan analisis SWOT lingkungan internal dan lingkungan eksternal serta perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah melalui analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian di MAN 2 Lebong. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen, sedangkan teknik analisis data melalui reduksi, penyajian dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, analisis SWOT lingkungan internal MAN 2 Lebong memiliki lebih banyak keuntungan (Strengths) daripada kerugian (Weaknesses). Kedua, kemungkinan (Opportunities) lebih besar daripada risiko (Tthreats) dalam analisis SWOT lingkungan eksternal. Ketiga, dengan menggunakan analisis SWOT, perencanaan strategis dapat meningkatkan kualitas layanan madrasah dan mutu pendidikan madrasah di MAN 2 Lebong. Matriks SWOT juga dapat membantu menentukan posisi madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Kata kunci: Analisis SWOT; Mutu Pendidikan; Perencanaan strategis.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zulkarnain Zulkarnain, Jumira Warlizasusi , Eka Apriani , Asri Karolina, Sri Wahyuni Sihombing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Irfan Qowwiyul Aziz Alhajj, Sukarsih, Sri Wahyuni Sihombing, Gafar Alamsya, Beni Azwar, IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DI MAN 2 LEBONG , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2024): Juni
- Idaya Andriani, Gafar Alamsyah, Eka Apriani, Jumira Warlizasusi, Asri Karolina, MODEL DUKUNGAN INSTITUSIONAL DALAM DINAMIKA MOTIVASI INTRINSIK, BIMBINGAN DOSEN, DAN KUALITAS PUBLIKASI PENELITIAN , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2024): Juni
- Tri Saputra, Herawati, Jumira Warlizasusi, Abdul Sahib, PROBLEMATIKA KEPALA MADRASAH ALIYAH DALAM MELAKUKAN SUPERVISI DI MAN 1 REJANG LEBONG , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 3 (2024): EDISI KHUSUS