INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL (Studi Multikasus di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk, Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Nganjuk, dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Grogol Kediri)
DOI:
https://doi.org/10.32478/piwulang.v4i2.971Keywords:
Internalisasi, Nilai, PAI MultikulturalAbstract
Downloads
References
Almunawar, Said Agil Husain, (2005). Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’an dalam sistem pendidikan islam, Ciputat : Ciputat Press.
Azizy, A. Qodry, (2003). Pendidikan (Agama) untuk Membangun Etika Sosial, Semarang; Aneka Ilmu.
Azra, Azyumardi, (2000). Pendidikan Akhlak dan Budi Pekerti: Membangun Kembali Anak Bangsa. Makalah dalam Konvensi Nasional Pendidikan Tahun 2000, Jakarta; Universitas Negeri Baidawi, Zakiyudin, (2002). Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: Erlangga.
Bakri, Maskuri (2017). Formulasi dan Implementasi Kebijakan Pendidikan Islam: Analisis Kritis terhadap Proses Pembelajaran, Surabaya: Visipress Media.
Banks, James A. (2007) Educating Citizens in a Multicultural Society, New York; teacher College.
Borre, George, (2009). Personaliti Theoris, Yogyakarta: Prisma Sophie, 2009.
Creswell, John W., (2014). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset:Memilih diantara lima pendekatan, Jogjakarta:Pustaka Pelajar.
Darmadi, (2018). Guru Abad 21: Perilaku dan Pesona Pribadi, Jakarta: Guepedia.
Daulay, Haidar Putra, (2004), Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana 2004.
Dewi, Annisa Anita, (2017). Guru Mata Tombak Pendidikan, Sukabumi: Jejak.
Dirman dan Cicih Juarsih, (2002). Teori Belajar dan Prinsip-Prinsip Pembelajar yang Mendidik, Seri Peningkatan Kompetensi Guru dalam rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa, Jakarta:Rineka CiptaHasan, Muhammad Tholchah, (2003). Islam&Masalah Sumberdaya Manusia, Jakarta: Lantabora Press.
Effendy, Onong Uchyana, (2006). Ilmu Komunikasi – Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar (2009) Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, Rahmat, (2013), Pedagogi Kritis:Sejarah, Perkembangan dan Pemikiran, Depok: RajaGrafindo Persada.
Jauhari, Moh. Irmawan, Taksonomi Bloom dan Implementasi Kurikulum Berbasis Multikultural, JALIE:Journal of Applied Linguistic dan Islamic Education, 2018.
Jauhari, Moh. Irmawan, dkk, Civilizing Moderate Character Based on Islamic Education (PAI) Learning, Journal of Talent Development and Excellence, vol 12 no 1, 2019.
Khaldun, Ibn, (2000) Muqaddimah, pen. Ahmadi Toha, Jakarta:Pustaka Firdaus.
Liliweri, Alo, (2014). Pengantar Studi Kebudayaan, Bandung:Nusa Media.
Muhibbin Syah, Muhibbin, (2005) Psikologi pendidikan dengan Pendekatan baru, Bandung:Remaja Rosdakarya.
Nasution, S., (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito.
O’neil, William F., (2008) Ideologi-Ideologi Pendidikan, pen. Omi Intan Naomi, Yogjakarta:Pustaka Pelajar.
Richards, Jack C., (1999) Longman Dictionary of Language Teaching and Appied Linguistics, Kualalumpur: Longman Group.
Riyanto,Yatim, (2001). Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya : SIC.
Russeffendi, (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan, Bandung: Tarsito.
Suryanto, (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi, Bandung: Pustaka Setia.
Tilaar, H.A.R., (1998). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21, Magelang: Tera Indonesia.
Tim, (2016). Silabus dan RPP PAI Budi Pekerti, Jakarta:TP.
Warsono dan Hariyanto, (2010). Pembelajaran Aktif, Teori dan Asesmen, Bandung:Remaja Rosdakarya.
Wiriaatmaja, Rochiati, (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Rosdakarya.
Yin, Robert K., (1987). Case Study Research: Design and Methods, Beverly Hills: Sage Publication.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.