PENGENALAN ECO-LITERACY MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DARI SAMPAH DI SEKOLAH DASAR

shofiyatun nurlaili(1*),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
(*) Corresponding Author

Abstract


Rubbish is one of the biggest environmental problems in Indonesia. The rubbish is not only from households but also from the school environment. If left unchecked, it can cause various diseases that endanger human life. The amount of rubbish is caused by the ignorance of the community towards the environment. Therefore, it is necessary to have eco-literacy that must be inculcated since primary school age. Students who already have an attitude of concern for the environment will try to maintain a sustainable life. Eco-literacy is also needed to process the rubbish into an instructional media that will help the student to understand learning more easily. This study uses literature study methods from several journal articles, books, and other relevant sources. The result of the study shows that learning by instructional media from the rubbish recycling are more concerned about the surrounding environment and easier to understand the learning process in the classroom.

Sampah merupakan salah satu masalah lingkungan yang sangat besar di Indonesia. Sampah bukan hanya berasal dari rumah tangga tetapi juga dari lingkungan sekolah. Jika sampah ini dibiarkan, maka hal itu dapat menyebabkan penyakit. Banyaknya sampah ini juga disebabkan oleh ketidakpedulian masyarakat terhadap lingkungan. Oleh karena itu, eco-literacy harus ditanamkan sejak usia sekolah dasar. Siswa yang sudah memiliki sikap kepedulian terhadap lingkungan, mereka akan berusaha untuk menjaga kehidupan berkelanjutan. Eco-literacy ini juga diperlukan agar siswa mampu mengolah sampah menjadi media pembelajaran sekaligus menjadi modal bagi siswa untuk memahami pembelajaran dengan lebih mudah. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dari beberapa artikel jurnal,  buku, maupun sumber lain yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media daur ulang sampah mengakibatkan siswa lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya dan lebih mudah memahami proses pembelajaran di kelas.


Keywords


sampah, lingkungan, sekolah dasar, eco-literacy, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Adinugraha, Fajar.(2017). Media Pembelajaran Biologi Berbasis Ecopreneurship. Jurnal Formatif vol.7 (3), hlm. 219-233. Angga & Djunaidi, Much. (2017). Penentuan Alternatif Lokasi TPA (Tempat Pengelolaan Akhir) Sampah Di Kabupaten Wonogiri Dengan Menggunakan Metode Technique Of Order Preference By Similarity To Ideal Solution (Topsis). (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017). Diakses darinhttp://eprints.ums.ac.id/id/eprint/54591. Astutik, P.P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Menghadapi Tantangan Abad 21. Seminar Nasioanal PGSD UNIKAMA vol. 1, Desember 2017. Diakses dari https://semnas.unikama.ac.id Capra, Fritjot. (2007). Sustainable Living, Ecological Literacy, and the Breath of Life. Canadian Journal of Environmental Education, 12, hlm.9-18. Edison. (2015). Pembelajaran Pembelajaran Konsep Reduce, Reuse, Recycle Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Eco-literacy Peserta Didik; Penelitian Tindakan Di Kelas VII Sunan Gresik SMP Islam Insan Rabbany Kota Tangerang Selatan. (Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2015). Diakses dari http://repository.upi.edu/id/eprint/18721 Fakhriani, F., Winabuliandri, S., Ardianti, S.D. (2016). Pendampingan Pemanfaatan Sampah Plastik Dan Kertas Untuk Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Di SDN 5 Bae, Kudus. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1, (1), hlm. 48-55. Hisham. (2012). Gambaran Perilaku Siswa Tentang Pengelolaan Sampah Di SMA Negeri 1 Tamalatea. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin, 20172). Diakses dari http://repositori.uin-alauddin.ac.id. Karlina, F., Dedeng, I.N.S., & Amirudin, A. (2017). Eco-literacy Siswa SD Dalam Kegiatan Pengelolaan Sampah Melaului Grup Investigation Berbasis Outdoor Study. Jurnal Pendididkan, 2 (7), hlm. 991-1002. Literature Review, https://www.apu.edu Retrieved 04 August, 2018. Lisdiana, Widiyaningrum, P., & Nurrohmah, S. (2016). Pengelolaan Sampah Plastik Di Lingkungan Sekolah Adiwiyata. Seminar Nasional 2016; Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNMAS, Despansar. Diakses dari http://lppm.unmas.ac.id Maruf, A. & Mahmudiyah, L. (2016). Penggunaan Media Limbah Bungkus Sabun Mandi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di SDN Sumberanyar 1 Pasuruan. Jurnal Studi Islam, 1, (2). Ozsoy, S., Ertepinar, H. & Saglam, N. (2012). Can Eco-Schools Improve Elementary School Students Environmental Literacy Levels?. Jurnal AsiaPacific Forum on Science Learning and Teaching, 13 (2). Piirto, J. (2017). Creativity for 21st Century Skills; How to Embed Creativity into Curriculum. Ohio: Sense Publisher. Purnami, W., Utama, W.G. & Madu, Fransiska J. (2016). Internalisasi Kesadaran Ekologis Melalui Pengelolaan Sampah di Lingkungan Sekolah Dasar.

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2016. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Setiawati, T. (2017). Peningkatan Kecerdasan Ekologis Peserta Didik Dalam Bertransportasi Hemat BBM Melalui Pembelajaran IPS Kontekstual ; PTK di Kelas VII A SMP Negeri 2 Tomo Kabupaten Sumedang Pada Materi Kelangkaan Sumber Daya Alam. (Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2017). Diakses dari http://ejournal.upi.edu/index.php/pips/article/view/4713 Sidik & Susilowati.(2013). Desain Media Edukasi Animasi Interaktif Cara Pemanfaatan Limbah Sampah Berbasis Macromedia Flash 8. Jurnal Techno Nusa Mandiri Vol. X (1), hlm. 195-206. Stone, M.K. & Barlow, Z. (2015). Ecological Literacy: Educating Our Children for a Sustainable World. San Francisco: Sierra Club Books. Supriatna. (2017). Ecopedagogy. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Offset. Taufiq, A. & Maulana, M. F. (2015). Sosialisasi Sampah Organik dan Non Organik Serta Pelatihan Kreasi Sampah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 4 (1), hlm. 68-73. Triling, B. & Fadel, C. (2009). 21 st Century Skills; Learning For Life In Our Times. San Fransisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint. Sumber lain: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,Tema3:Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk SD/MI Kelas IV. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014. https://www.rumahkreative.id


Article metrics

Abstract views : 142 | views : 62


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i2.171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Journal AL-MUDARRIS