MEMBANGUN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI AKTIVITAS KEAGAMAAN (Studi Kasus di SMKN 1 Grati Pasuruan Jawa Timur)

M. Ma'ruf(1*),

(1) Dosen STIT PGRI Pasuruan
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk membantu kepala sekolah dalam membangun dan membina kedisiplinan siswa melalui aktivitas keagamaan di sekolah. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif dengan jenis penelitian Study Kasus (Case Study). Data dalam penelitian ini didapatkan dari observasi, interview dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas keagamaan yang dilaksanakan di SMKN 1 Grati Pasuruan membangun kedisiplinan para siswanya sebab dirancang secara sistematis dengan bimbingan, pemberian informasi, pengawasan serta peningkatan kualitas para siswa pada aspek keagamaan, supaya tercipta sikap mental dan pengembangan potensi yang positif sehingga menjadi insan kamil, yakni mempunyai sikap akhlakul karimah dan memiliki keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT. Dengan adanya kegiatan keagamaan ini, sangat membantu siswa untuk belajar disiplin dalam segala hal mulai dari disiplin masalah ibadah maka dengan begitu bukan masalah ibadah saja yang disiplin tetapi masalah belajar juga ikut disiplin. Adapun Aktivitas keagamaan yang dilaksanakan di SMKN 1 Grati Pasuruan terbagi menjadi tiga tahapan yaitu pertama : aktivitas harian yang terdiri dari shalat dhuha berjama’ah, sholat dhuhur berjama’ah dan program 6 S (Salam, Salim, Senyum, Sapa, Sopan, Santun) yang dilaksanakan setiap hari, kedua : aktivitas mingguan yang terdiri dari shalat jum’at berjama’ah, majlis ta’lim ( khusus untuk siswi perempuan ), dan pembacaan istighasah, dzikir, dan asmaul husna, ketiga : aktivitas pilihan yang terdiri dari ekskul al – banjari, BTQ ( Baca Tulis Qur’an ) dan qiro’ah.


Keywords


Kedisiplinan Siswa, Aktivitas Keagamaan

Full Text:

PDF

References


Nazir, Imam Ahmad Ibnu. 2009. Membentuk dan Meningkatkan Disiplin Anak Sejak Dini. Jogjakarta: Penerbit DIVA Press.

S.Khalsa, SiriNam. 2008. Pengajaran & Disiplin Harga Diri: Strategi, Anekdot, dan Pelajaran Efektif untuk Keberhasilan Manajemen Kelas. Jakarta: Indeks.

Ridhahani. 2013. Tranformasi Nilai-Nilai Karakter/Akhlak dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: LKS.

Poerwadarminta. 1997. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Partanto, Pius A, dan M. Dahlan Al Barry. 2001. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.

A.S. Moenir. 1983. Pendekatan Manusiawi dan Organisasi terhadap Pembinaan Kepegawaian. Jakarta: PT. Gunung Agung.

Sahertian, Piet A. 1994. Dimensi-Dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Usaha Nasional.

Yayasan Penyelenggara dan Penterjemah Al-Qur'an.1989. Al-Qur'an dan Terjemahnya. Jakarta: Depag. RI.

Jalaluddin. 1993. Pengantar Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Kalam Mulia.

Suryana, Ermis dan Maryamah. 2013. “Pembinaan Keberagamaan Siswa Melalui Pengembangan Budaya Agama”, Jurnal Ta’dib, Vol. XVIII, No. 02, Edisi November.

Iqro’ al-Firdaus. 2014. Dhuha Itu Ajaib!. Jogjakarta: Diva Press.

Informan.bapak Imam Subekti. Guru PAI SMKN 1 Grati Pasuruan

Sati, Pakih. 2013. Dahsyatnya Tahajud, Dhuha, Sedekah (TDS). Surakarta: Al-Qudwah.

Sumber data Profil Sekolah SMKN 1 Grati Tahun 2016 - 2017

Informan.bapak bapak Sajumin. Guru PAI SMKN 1 Grati Pasuruan

Basri, Mu’inudinillah. 2014. Bimbingan Shalat Lengkap Sesuai Sunnah. Solo: Ar Rijal

Soemarmo. 1997. Pedoman Pelaksanaan Disiplin Nasional dan Tata Tertib Sekolah. Jakarta: CV. Mini Jaya Abadi.

Informan. Ibu Daliyah. Waka Kurikulum SMKN 1 Grati Pasuruan

Mahmudi. 2014. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Al-Jarjawi, Syekh Ali Ahmad. 2006. Indahnya Syariat Islam. Jakarta: Gema Insani.

Informan. Ibu Muthmainah. Guru PAI SMKN 1 Grati Pasuruan

Ishak, Muhammad Ismail. 2007. Enskliopedia Do’a dan Szikir. Jakarta: Alifbata.

Yahya, Harun. 2004. Memilih Al-Qur’an sebagai Pembimbing. Surabaya: Risalah Gusti.

Sahlan, Asmaun. 2010. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah (Upaya mengembangkan PAI dari Teori ke Aksi. Malang: UIN-Maliki Press.


Article metrics

Abstract views : 216 | views : 91


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v2i2.166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 journal EVALUASI