MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID

Miftakhul Munir(1*),

(1) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Konsep awal Nurcholish Madjid dalam memodernisasi pendidikan berangkat dari sistem pendidikan Gontor sebagai model. Tetapi, lebih jauh lagi model pendidikan yang digagas Nurcholish Madjid adalah untuk memadukan unsur keislaman, keindonesiaan, dan keilmuan. Modernisasi pendidikan yang digagas Nurcholish Madjid pada dasarnya mengacu pada pertumbuhan metode berpikir filosofis, dan membangkitkan kembali etos keilmuan Islam yang pada masa klasik Islam telah memperhatikan hasil yang cukup gemilang. Sebagai landasan historis, modernisasi pendidikan berangkat pada penelaahan kembali kejayaan umat Islam pada masa klasik.


Keywords


Modernisasi Pendidikan Islam, Nurcholish Madjid

Full Text:

PDF

References


Malik Fadjar, 1998. Madrasah dan Tantangan Modernitas, Bandung: Mizan

Nurcholish Madjid, 1992. Islam Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan, dan Kemodrenan, Jakarta: Paramadina

H.A.R. Gibb dan J.H. Kramers, Shorter 1961.Encyclopedia of Islam, Leiden: E.J. Brill

Arbiyah Lubis, 1993. Pemikiran Muhammadiyah dan Muhammad Abduh, Suatu Studi Perbandingan, Jakarta: Bulan Bintang

Palrik Bannerman, 1988. Islam in Perspective: A Guide to Islamic Society, Politics and Law,London dan New York: Bontledge

Tim Penyusun, 1982. Ensiklopedi Islam Indonesia, Jakarta: Djambatan

Siti Nadroh, 1999. Wacana Keagamaan dan Politik Nurcholish Madjid, Jakarta: Rajawali Pers

Nurcholish Madjid, 1998. “Rindu Kehidupan Zaman Masyumi,” dalam Dialog Keterbukaan: Artikulasi Nilai Islam dalam Wacana Sosial Politik Kontemporer, Jakarta: Paramadina

Fachri Ali, “Intelektual, Pengaruh Pemikiran dan Lingkungannya,”

Greg Barton, 1999. Gagasan Islam Liberal di Indonesia: Pemikiran Neo Modernisme, Djohan Effendi, Ahmad Wahib, dan Abdurrahman Wahid, Jakarta: Paramadina Pustaka Antara

Dedy Djamaluddin dan Idi Subandy Ibrahim, 1998.Zaman Baru Islam Indonesia: Pemikiran dan Aksi Politik,Bandung: Zaman Wacana Mulia

Agussalim Sitompul, 1976. Sejarah Perjuangan HMI, Surabaya: Bina Ilmu

Komaruddin Hidayat 1995. dalam Kata Pengantar, Nurcholish Madjid, Islam Agama Peradaban membangun Makna Relevansi Islam dalam Sejarah, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina

Muslih Usa (Ed.), 1991. Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta, Yogyakarta: Tiara Wacana

Soroyo, 1991.“Antisipasi Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial Menjangkau Tahun 2000,” dalam buku Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta, Editor: Muslih Usa, Yogyakarta: Tiara Wacana

Hamid Hasan Bil Rami dan Sayid Ali Asyraf, 1989.Konsep Universitas Islam, terj. Machnun Husein, cet. ke-1, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya

Nurcholish Madjid, 1997. Kaki Langit Peradaban Islam, cet. ke-1, Jakarta: Paramadina,

Azyumardi Azra, 1998. "Rekonstruksi Kritis Ilmu dan Pendidikan Islam" dalam M. Anis, (pen), Rekonstruksi Pendidikan dan Tradisi Pesantren, Religiusitas Iptek, cet. ke-1, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nurcholish Madjid, "Jangan Tinggalkan Masa lalu", dalam Republika Jum’at 25 Juni 1999

M. Athiyah Al-Abrasyi, 1993. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, terj. Bustami A. Gani dan Djohar Bahry, LIS., cet. Ke-7, Jakarta: Bulan Bintang,

Lihat wawancara Nurcholish Madjid dengan Republika, "Untuk Menguasai MIPA Lembaga Pendidikan Islam Mesti Memodernisasi Diri,” Senin, 8 Maret 1999


Article metrics

Abstract views : 311 | views : 177


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v1i2.73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 EVALUASI