PENGEMBANGAN KEBIJAKAN DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DALAM MENJAWAB ISU LITERASI MEMBACA

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i1.605

Authors

  • 'Aabidah Ummu 'Aziizah Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Suwadi Suwadi Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Kebijakan, Kepemimpinan Transformatif, Madrasah, Literasi Membaca

Abstract

Pemerintahan melalui SISDIKNAS nomer 20 tahun 2003 pasal 4 ayat 5 menegaskan urgensi pembentukan masyarakat literat bagi Indonesia. Berdasarkan hal tersebut dibentuklah sistem Gerakan Literasi Sekolah (GLS) bagi tiap satuan pendidikan, salah satunya ialah madrasah. Madrasah dengan karakteristiknya berupa Pendidikan Agama Islam PAI berupaya merealisasikan ide gagasan GLS dalam ekosistem sekolah secara umum dan pembelajaran PAI secara khusus. Didukung dengan kebijakan dan kepemimpinan transformatif di madrasah, GLS dikemas melalui tahapan-tahapan khusus. Metode penelitian kali ini menggunakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif-analitis, analisis data kali ini melalui tahap reduksi data yakni pemilihan, pemusatan pembahasan, pengabstraksian dari keseluruhan grand data menuju pada beberapa data terpilih yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimimpinan transformatif di madrasah dalam menerapkan GLS memberikan kebijakan kurikulum integratif, dimana pengembangan mutu pendidikan digerakkan secara simultan melalui elemen guru, staf sekolah, peserta didik, materi ajar sekaligus metode pengajaran, lingkungan sekolah dan masyarakat eksternal. Dengan demikian, GLS tidak hanya berpusat pada peserta didik namun warga sekolah secara luas dengan tetap memperhatikan prinsip dan tahapan penerapan GLS sebagaimana yang ditetapkan Kemdikbud dalam buku panduan GLS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, E. W. (2008). Menulis Berbunga-Bunga. Yogyakarta: Gama Media.

Adekunle, S. (2014). Conceptual Approach to Manpower Planning in Organizations. Journal of Management and Corporate Governance, Vol6(Num1).

Anwar, S. (2014). Pengembangan Budaya Mutu dalam Meningkatkan Kualitas Madrasah di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri Kota Bandar Lampung. Jurnal Studi Keislaman, 14(2), 455–490.

Arif, M. (2013). Manajemen Madrasah Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2). https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.415-438

Ariyunita, N., & Ariyunita, N. (2019). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA PENDIDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL HUDA MAGUWO, SLEMAN. Evaluasi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 30–46. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i1.201

Arwildayanto, Suking, A. & Sumar, W. T. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan: Kajian Teoretis, Eksploratif, dan Aplikatif. In Sereal Untuk (Vol. 51). Bandung: Cendekia Press.

Budiharto, Triyono, S. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Iurnal Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 153–166.

Campbel, S. (2020). Education and Curriculum Reform: The Impact They Have On Learning. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 1074–1082. https://doi.org/10.33258/birle.v3i2.1036

DÂRJAN, I., & TOMIŢĂ, M. (2014). Proactive Strategies for Efficient Discipline Policy. Jurnalul Practicilor Comunitare Pozitive, XIV(2), 28–36.

Direktorat PSMA. (2016). Gerakan Literasi Sekolah,Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menegah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from https://psma.kemdikbud.go.id/index/news_detail.php?id=NjY5

Djuni Prihatin. (2019). Aplikasi Teori Perencanaan: dari Konsep ke Realita. Yogyakarta: Buana Grafika.

Dkk, Y. A. T. M. (2017). PEMBELAJARAN LITARASI Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Fachrudi, S. I. (1983). Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Surabaya: Usaha Offset Printing.

Fithriah, N. (2018). KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN PESANTREN (Studi Kewibawaan Pada Pondok Pesantren Salafiyah, Modern, dan Kombinasi). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 12(1), 13. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.17

Flemming, P. L., & Flemming, B. E. (2017). The Link between Transformational Leadership Traits and Corporate Culture Types: The Prerequisites for Sustainable Performance in Public and Private Sectors Organizations. Business and Management Studies, 3(3), 55. https://doi.org/10.11114/bms.v3i1.2255

Hasbi, S. N. (2020). Teras Literasi. Aceh: Syiah Kuala University Press. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=WqraDwAAQBAJ&dq=literasi+adalah&source=gbs_navlinks_s

Hermiyanty, Wandira Ayu Bertin, D. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In L. A. Mayan (Ed.), Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8). Jakarta: TIM GLN Kemendikbud.

Herwulan Irine Purnama. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Literasi Dasar (p. 62). p. 62. Pontianak: Yudha English Gallery. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=r0HHDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Husna, F. (2017). Kepemimpinan Islami Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 2(2), 131. https://doi.org/10.33511/misykat.v2n2.131-154

Ibrahim, Y., Arshad, R., & Salleh, D. (2017). Stakeholder perceptions of secondary education quality in Sokoto State, Nigeria. Quality Assurance in Education, 25(2), 248–267. https://doi.org/10.1108/QAE-04-2016-0021

Isma, F., & Munawwaroh, L. (2019). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH (STUDI KASUS DI MI MAARIF GONDOSULI MUNTILAN). Journal EVALUASI, 3(1), 47–60.

Kafrawi, K. (2019). Pendidikan Islam dan Madrasah. AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 72–89. https://doi.org/10.46963/alliqo.v4i1.17

Kalida, M. dan M. M. (2014). Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kebudayaan, K. P. dan. (2016). Modul Penguatan Literasi dalam Pembelajaran. Jakarta.

Kemendikbud. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sains. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian pendidikan dan Kebudayaan.

Khilmiyah, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Samudra Biru.

Lase, D. (2019). Education in the Fourth Industrial Revolustion Age. Jurnal Sundermann, 1(1), 28–43. https://doi.org/https://doi.org/ 10 . 36588 / sundermann.v1i1.18

Maulana, H. F., Mayunita, S., Hastuti, H., & Wijaya, A. A. M. (2018). Diskurusus Kebijakan Publik Model Incremental. Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.35326/kybernan.v3i1.330

Mesiono, M., Aziz, M., & Syafaruddin, S. (2019). Implementasi Kebijakan Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Qismul’Aly Medan. Ta’dib, 22(2), 57. https://doi.org/10.31958/jt.v22i2.1450

Mubarak, F. (2015). Perkembangan Kebijakan Pendidikan Islam Indonesia. Jurnal Ta’lim Muta’allim, 4(8), 8. https://doi.org/10.18592/tm.v4i8.513

Mujianto Solichin. (2015). Implementasi Kebijakan Pendidikan Dan Peran Birokrasi. Studi Islam, 6(1978-306X), 148–178.

Murni, V. R. A. S. (58 C.E.). Education Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Press.

Na’im, Z., & Na’im, Z. (2018). MODEL PENDEKATAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Evaluasi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 100–118. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i1.67

Nata, A. (2004). Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurkolis, N., & Sulisworo, D. (2018). School Effectiveness Policy in the Context of Education Decentralization. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(2), 244. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i2.7728

PURWANTO, A., PURWANTO, A., Primahendra, R., Sopa, A., Kusumaningsih, S. W., & Pramono, R. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tansformational, Authentic, Authoritarian, Transactional Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah di Tangerang. Evaluasi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 20–44. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.342

Rofiq, C. (2019). Kepemimpinan Transformasional Dalam Lembaga Pendidikan Madrasah. Jurnal Penelitian Agama, 20(2), 203–226. https://doi.org/10.24090/jpa.v20i2.2019.pp203-226

Rohman, A. (2012). Kebijakan pendidikan analisis dinamika formulasi dan implementasi. In Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rusdiana, A. (2015). Kebijakan Pendidikan Dari Filosofi Ke Implementasi. Bandung: Pustaka Setia.

Sabarudin, M. (2015). Pola dan Kebijakan Pendidikan Islam Masa Awal dan Sebelum Kemerdekaan. Jurnal Tarbiya UIN SGD, 1 Nomor 1(1), 139–174. Retrieved from http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jurnal-tarbiya/article/view/141/pdf_7

Scott, P. (2020). Encyclopedia of International Higher Education Systems and Institutions. Encyclopedia of International Higher Education Systems and Institutions. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9553-1

Serdyukov, P. (2017). Innovation in education: what works, what doesn’t, and what to do about it? Journal of Research in Innovative Teaching & Learning, 10(1), 4–33. https://doi.org/10.1108/jrit-10-2016-0007

Steenbrink, K. A. (1994). Pesantren Madrasah Sekolah: Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern, terj. Karel A. Steenbrink dan Abdurrahman. Jakarta: Darma Aksara Perkasa. Retrieved from http://lib.ui.ac.id/file?file=pdf/metadata-2767.pdf

Sukasni, A., & Efendy, H. (2017). The Problematic of Education System in Indonesia and Reform Agenda. International Journal of Education, 9(3), 183. https://doi.org/10.5296/ije.v9i3.11705

Sukino, A. (2016). Kepemimpinan Transformatif Dalam Pengembangan Manajemen Madrasah Berorientasi Mutu. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 81–100. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i1.10

Sutrisno Hadi. (2004). Metodologi Research 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Suwantoro, S. (2019). Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam Berbasis Entrepreneurship. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic …, 22(2). Retrieved from https://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/jalie-inkafa/article/view/137

Syadzili, M. F. R. (2019). Polarisasi Tahapan Kepemimpinan Transformatif Pendidikan Islam. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 55–81. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.498

Tauhedi, A. (2014). Pembaruan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Tadris, 9(2), 250–265.

Tezera, D. (2019). Factors for the Successful Implementation of Policies. Merit Research Journals of Education and Review, 7(8), 92–95. https://doi.org/10.5281/zenodo.3382780

Umar, U. (2020). Kebijakan Pengembangan Madrasah; Sebuah Wacana Strategi Reposisi. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 7(2), 125–149. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v7i2.197

Ushansyah, U. (2016). Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam. Ittihad, 14(26). https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i26.872

Yanto, M., & Fathurrochman, I. (2019). Manajemen kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(3), 123. https://doi.org/10.29210/138700

Downloads

Published

2021-03-12

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

PENGEMBANGAN KEBIJAKAN DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DALAM MENJAWAB ISU LITERASI MEMBACA. (2021). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 148-165. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i1.605

Similar Articles

1-10 of 33

You may also start an advanced similarity search for this article.